First Test Drive

Top Speed Daihatsu Rocky Bisa Tembus 150 Km per Jam!

Jumat, 4 Juni 2021 16:53 Reporter : Syakur Usman
Top Speed Daihatsu Rocky Bisa Tembus 150 Km per Jam! All New Daihatsu Rocky. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah meluncurkan Daihatsu Rocky di Indonesia pada 30 April lalu, kini Compact SUV anyar dijajal kecanggihannya terutama untuk varian tertinggi yakni Daihatsu Rocky 1.0L varian A.S.A (Advanced Safety Assist).

Merdeka.com mendapat kesempatan spesial menjajal Rocky dengan berbagai macam tes performa hingga tes keselamatan, baru-baru ini.

Untuk tes performa, teknologi Turbocharged pada mesin Rocky 1.0L 1KR-VET memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin berkapasitas lebih besar. Selain itu, salah satu fitur canggih keamanan A.S.A, seperti Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention, membantu pengendara dengan memberi peringatan dan mengembalikan posisi kendaraan agar tetap pada jalurnya.

Saat berakselerasi, Rocky 1.0L dilengkapi dengan teknologi transmisi D-CVT (Continuously Variable Transmission) terbaru Daihatsu, yaitu Dual Mode CVT. Transmisi anyar ini menghadirkan pengalaman berkendara lebih halus, responsif, sekaligus tetap hemat bahan bakar.

Transmisinya kami buktikan kinerjanya baik, perpindahan terasa lembut. Tidak menghentak.

Kami mengetes soal performanya di fasilitas R&D PT Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat. Di fasilitas ini, ada sirkuit dengan trek lurus lebih dari 800 meter. Di trek lurus itu, mobil Compact SUV ini kami pacu semaksimal mungkin.

Sensasi mesin 1.0L Turbocharged 3 silindernya terasa, tapi mobil berhasil dipacu hingga 150 km per jam dengan kondisi cukup baik dan stabil. 150 km per jam untuk mobil bermesin 1.0L Turbocharged cukup menyenangkan performanya!

"RPM mesin sudah mentok di 6.000, meski kami coba pacu mobil lebih dari 150 km per jam," ujar seorang jurnalis yang menjadi penumpang saat Merdeka.com beperan sebagai pengemudi.

Saat uji keselamatan, kami mencoba salah satu fitur A.S.A untuk memberikan pengalaman berkendara lebih aman, seperti Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking. Kedua fitur ini dapat membantu pengendara dengan memberi peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis untuk mengurangi dampak dari tabrakan dengan kendaraan di depan akibat situasi jarak yang terlalu dekat atau terlambat dalam melakukan pengereman.

all new daihatsu rocky

©2021 Merdeka.com

Ujian di Jalan Menanjak

Daihatsu Rocky juga dapat melewati jalanan menanjak dengan berbagai sudut ketinggian, yang menggambarkan berbagai kondisi jalanan menanjak di Indonesia.

Di ujian ini, fitur Hill Start Assist (HSA) bekerja dengan baik untuk membantu pengemudi dengan mencegah mobil tidak mundur saat berhenti di jalanan menanjak.

Kami menjajalnya di dua jalan menanjak dengan sudut kemirinagn 10 derajat dan 14 derajat. Sebenarnya ada dua jalan lagi yang memiliki sudut kemiringa lebih besar hingga 22 derajat, sehingga lebih menantang untuk diuji, tapi tidak diizinkan pihak Daihatsu.

"Di jalan aspal dengan sudut kemiringan 14 derajat, mobil kami hentikan di tengah jalan untuk mengetes HSA. Dari posisi diam, Daihatsu Rocky tak kesulitan melahap jalan mendaki ini meski mobil ditumpangi tiga orang dewasa," demikian impresi Merdeka.com.

Selain memiliki beragam fitur canggih di atas, Rocky dibekali dengan rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

“Setelah diluncurkan, Sahabat dapat merasakan sensasi berkendara Daihatsu Rocky disertai beragam fitur unggulan canggih terkini yang bisa membuat perjalanan Sahabat menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan," ujar Audi Tarantini, R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control). Sehingga, tak heran apabila Daihatsu Rocky layak menjadi pilihan bagi Sahabat yang berjiwa muda dan ingin tampil eksis. [sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini