Pasar Mobil Bekas Tahun Depan Sulit, Mobil88 Hanya Incar Penjualan 12 Ribu Unit

Jumat, 20 November 2020 11:21 Reporter : Syakur Usman
Pasar Mobil Bekas Tahun Depan Sulit, Mobil88 Hanya Incar Penjualan 12 Ribu Unit showroom mobil bekas. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Mobil88, anak usaha PT Astra International Tbk di bisnis mobil bekas, mengaku kesulitan memprediksi pasar di tahun depan (2021). Banyak variabel dan faktor yang berdampak pada pasar mobil bekas di Indonesia sejak pagebluk Covid-19.

"Pasar mobil bekas di tahun depan sulit dipredksi akibat pandemi. Maka itu, kondisinya tergantung ketersediaan vaksin di Tanah Air," ujar Halomoan Fischer, Chief Operating Officer Mobil88, saat diskusi daring dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), kemarin (18/11).

Meski sulit, sebagai bagian dari Astra Grup, pihaknya mencoba menjaga penjuaalan mobil bekas di Mobil88 mencapai 1.000 unit per bulan. Sehingga harapannya pada tahun depan bisa menjual minimal 12.000 unit. Jumlah ini tentu saja lebih rendah dari penjualan di tahun normal yang bisa mencapai 20 ribu unit per tahun.

"Kami optimisitis bila masalah vaksin ini bisa diselesaikan, Mobil88 bisa mencapai target 12 ribu unit," ujarnya.

Sementara pada tahun ini, Mobil88 memperkirakan penjualan unit mobil bekasnya hanya 10 ribu unit, turun sekitar 50 persen dari target tahun ini yang 20 ribu unit.

Di jaringan Mobil88, mayoritas mobil yang dijual adalah merek Toyota dan Daihatsu. Porsinya sekitar 75 persen, sedangkan sisanya merek lain seperti Suzuki, Mitsubishi, Nissan, dan sebagainya. Perlu diketahui, Toyota dan Daihatsu juga dimiliki oleh Astra Grup, induk usaha Mobil88.

Mobil yang paling laris di Mobil88 adalah low MPV dan LCGC atau secaara harga adalah Rp 150 jutaan ke bawah.

Baca Selanjutnya: Gratis Asuransi Covid-19...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini