Lebih Dekat dengan MINI Electric, Mobil Ikonik Inggris dengan Teknologi Baterai

Kamis, 9 Juni 2022 15:59 Reporter : Syakur Usman
Lebih Dekat dengan MINI Electric, Mobil Ikonik Inggris dengan Teknologi Baterai Mobil listrik MINI asal Inggris masuk pasar Indonesia.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - MINI Indonesia meramaikan pasar mobil listrik di pasar otomotif nasional. Brand ikonik asal Inggris ini meluncurkan mobil listrik premium kompak pertama di Indonesia: MINI Electric, di Jakarta, kemarin (8/6).

MINI Electric dan MINI Electric Collection ditawarkan dengan harga Rp 945 juta (off-the-road) dan Rp 955 juta. Harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, dan travel charger termasuk biaya pemasangannya.

Dengan penggerak roda depan, MINI Electric akselerasi dari 0-60 km per jam hanya butuh waktu 3,9 detik dan 0-100 km per jam dalam 7,3 detik.

Menariknya, MINI Electric dapat diisi daya baik di rumah atau di fasilitas pengisian daya umum. Status proses pengisian dapat dilihat di bagian dalam tutup pengisian.

Dengan daya pengisian hingga 11 kW, membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mencapai 80 persen daya baterai kendaraan. Menggunakan travel charger dengan daya 2,3 kW membutuhkan waktu sekitar 12 jam (kapasitas 80 persen), dan dengan fast charging dengan daya hingga 50 kW hanya butuh sekitar 36 menit (80 persen).

2 dari 6 halaman

Jarak Tempuh 232 Km

mobil listrik mini asal inggris masuk pasar indonesia
©2022 Merdeka.com

MINI Electric mempunyai beragam fiur mobil listrik terkini. Antara lain kendaraan full listrik (BEV) pertama dari MINI Indonesia sekaligus kendaraan full listrik kompak premium pertama di Indonesia.

Tenaganya dari motor listrik dengan 135 kW/184 hp dan torsi maksimum 270 Nm. Sementara baterai lithium-ion khusus punya jarak tempuh hingga 232 km (metode WLTP) tanpa mengurangi volume kompartemen bagasi.

Catu dayanya dapat dilakukan di rumah pelanggan atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di kantor-kator PT PLN (persero), mal, dan sebagainya. Menariknya, dapat menggunakan Fast Charging menggunakan CCS DC Charging hingga 50 kW.

3 dari 6 halaman

Desain Eksterior Ikonik

mobil listrik mini asal inggris masuk pasar indonesia
©2022 Merdeka.com

Eksterior MINI Electric memiliki beberapa elemen ikonik khusus yang hanya ada di mobil ini. Model ini menggunakan bahasa desain terbaru, meningkatan estetika dan memastikan bahwa fitur desain utama MINI menjadi lebih nyata dan modern.

Tampilan depan sangat ekspresif dan berciri khas lampu depan MINI yang bulat dengan teknologi LED. Lampu kabut depan sebelumnya diganti dengan lubang udara vertikal yang ditempatkan jauh ke luar, berfungsi sebagai bukaan tirai udara dan mengoptimalkan aerodinamis kendaraan. Strip bumper tengah, yang juga berfungsi sebagai dudukan plat nomor, kini hadir dalam warna bodi.

Mobil ini menggabungkan mobilitas berkelanjutan (mesin penggerak listrik murni) dengan keseruan berkendara ala gokart.

4 dari 6 halaman

Interior Eksklusif

mobil listrik mini asal inggris masuk pasar indonesia

©2022 Merdeka.com

MINI Electric mengalami peningkatan teknologi dan fitur yang menarik. Banyak fungsi dan elemen desain yang baru, tapi tetap mempertahankan dimensi sama dengan MINI Cooper S konvensional, termasuk bagasi.

MINI juga menawarkan desain interior eksklusif khusus MINI Electric.

Desain setir yang baru dilengkapi dengan tombol multifungsi yang terintegrasi dalam warna Piano Black Instrumen cluster yang baru. Desain panel baru berwarna hitam juga diterapkan pada layar 8,8 inci di MINI Electric. Ventilasi udara dalam dan luar juga hadir dengan desain modern. Dekorasi baru untuk panel kokpit dengan tampilan horizontal, desain baru untuk permukaan interior dengan dekorasi bezel pintu Piano Black Ambient light warna baru kian menarik dan ekspresif untuk menerangi kokpit.

5 dari 6 halaman

Instrumen Digital Cluster.

mobil listrik mini asal inggris masuk pasar indonesia
©2022 Merdeka.com

Layar informasi canggih ini kini tampil lebih modern dengan penambahan mode mengemudi menjadi: Sport, Mid, Green, dan Green+.

Informasi lain yang ditampilkan: Tingkat pengisian baterai, MINI Driving Mode , status sistem driver assistance, dan pesan Check Control.

Selain itu, detail lain yang tersedia: jangkauan yang tersedia, daya penggerak saat ini, suhu luar, waktu dan jarak tempuh dan petunjuk dari sistem navigasi.

Selama pengisian daya, panel instrumen digital juga menyediakan informasi penting. Jika kendaraan tersambung ke soket daya stasiun pengisian daya, mungkin untuk membaca: waktu dan suhu luar, kisaran tenaga yang tersedia dan status pengisian daya dalam persen.

6 dari 6 halaman

MINI Electric Collection

mobil listrik mini asal inggris masuk pasar indonesia
©2022 Merdeka.com

Selain MINI Electric, MINI Indonesia juga menghadirkan varian MINI Electric Collection. Varian ini memberikan aksen desain istimewa dan fitur peralatan baru, seperti desain front-end dan Multitone Roof, serta fitur desain eksklusif di eksterior dan interior serta detail equipment berkualitas tinggi.

Kemudian kap desain eksklusif dan garis-garis samping juga berkontribusi pada penampilan ekspresif kendaraan ini. Penutup kaca spion luar berwarna hitam, pelek ringan 17 inci MINI Electric Collection Spoke, elemen eksterior dalam balutan Piano Black gloss hadir di grille, lampu depan, dan lampu belakang, logo MINI, huruf model di belakang, gagang pintu, dan scuttle samping untuk tampilan yang berkarisma dan sporty.

 Selain itu, MINI Electric Collection hadirkan lampu depan LED Adaptive, door sill dengan logo MINI Electric, sport seats dengan kombinasi Light Grey fabric/leatherette, interior dengan finishing Aluminium MINI Yours dan lapisan atap berwarna antrasit. Kendaraan ini kian premium dengan setir yang dilapisi finishing nappa, serta dilengkapi logo MINI Electric.

[sya]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini