Tony Gunawan, orang Indonesia kini bela Amerika di Olimpiade

Sabtu, 28 Juli 2012 13:07 Sumber : Bola.net
Tony Gunawan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Amerika Serikat kini punya harapan baru di cabang bulutangkis Olimpiade 2012 London. Harapan medali datang dari ganda putra oleh pasangan Howard Bach/Tony Gunawan. Jika nama pertama adalah warga AS, Tony Gunawan tidak asing lagi karena asli Indonesia dan pernah membela Indonesia di Olimpiade Sydney.

Pasangan Howard Bach dan Tony Gunawan kini berada di peringkat 21 dunia. Jika mereka meraih medali apapun di Olimpiade London, akan jadi medali pertama bagi Amerika di Olimpiade.

Tony Gunawan sebelumnya pernah merengkuh emas Olimpiade Sydney berpasangan dengan Chandra Wijaya. Pada 2002, dia pindah ke AS. Pada 2005, dia mengantar gelar juara dunia pertama untuk AS bersama Howard Bach. Pada final, Tony/Bach mengalahkan pasangan Chandra Wijaya/Sigit Budiarto. Namun, dia belum bisa memperkuat AS pada Olimpiade 2004 dan 2008 karena belum berkewarganegaraan AS.

Tahun lalu, dia resmi menjadi warga negara AS sebelum Pan American Games. Bersama Bach, mereka mendapat medali emas. Selain bermain, dia juga melatih bulutangkis di San Gabriel Badminton Club 2, California.

Dia tinggal bersama istrinya yang juga mantan pemain bulutangkis Etty Tantri dengan dua putra Christopher dan Leon.

Tony Gunawan menyenangi gaya bermain pasangannya Howard Bach, lahir di Vietnam kemudian pindah ke AS pada usia 3 tahun. "Dia tukang smes. Dia punya power. Saya yang memberi umpan empuk. Saya pikir kita pasangan yang pas," kata Gunawan dikutip USA Today, Sabtu (28 [tts]

Topik berita Terkait:
  1. Olimpiade 2012
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini