Manfaat VCO untuk Rambut, Bantu Percepat Pertumbuhannya

Jumat, 12 Agustus 2022 15:53 Reporter : Edelweis Lararenjana
Manfaat VCO untuk Rambut, Bantu Percepat Pertumbuhannya Manfaat Virgin Coconut Oil. Liputan6.com ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Telah umum diketahui bahwa ada banyak sekali manfaat VCO untuk rambut. VCO atau Virgin Coconut Oil adalah ekstrak minyak kelapa yang diambil dari susu segar kelapa dan tidak mengalami proses pemurnian seperti layaknya minyak kelapa biasa. Jadi, VCO digunakan tanpa melalui proses pemurnian.

VCO juga mengandung lebih banyak antioksidan daripada minyak kelapa biasa. Berbeda dengan minyak kelapa biasa, VCO tidak melalui pemutihan (yang terjadi selama proses pemurnian untuk minyak kelapa biasa), juga tidak terkena bahan kimia apapun. Karena itulah, VCO mengemas rasa kelapa yang lebih kuat daripada minyak kelapa biasa.

Dalam dunia perawatan rambut, minyak kelapa secara umum telah lama beredar dan populer digunakan karena manfaatnya yang menguntungkan. Minyak kelapa dikenal mampu membuat rambut tumbuh lebih lebat dan kuat, serta lebih halus. Namun, apakah VCO juga memiliki manfaat yang demikian?

Melansir dari laman healthline.com dan kamaayurveda.com, ini dia selengkapnya tentang manfaat VCO untuk rambut yang menarik untuk Anda ketahui.

2 dari 3 halaman

Cegah Kerusakan Rambut dan Ujung Bercabang

Manfaat VCO untuk rambut yang pertama adalah membantu mencegah kerusakan rambut dan ujung bercabang. VCO diketahui dapat membantu melindungi helai rambut dari kerusakan yang dapat terjadi. Kerusakan rambut bisa dipicu oleh penggunaan produk yang cenderung digunakan secara teratur seperti sampo dengan kandungan yang terlalu keras, dan sejenisnya.

Kerusakan akibat panasnya produk styling seperti catok pelurus atau curling iron, serta panas matahari juga dapat merusak rambut secara signifikan. Untuk itu, VCO menawarkan perlindungan terhadap semua ini dengan membentuk lapisan pelindung pada rambut.

Tingkatkan Volume Rambut

Manfaat VCO untuk rambut yang kedua untuk membantu meningkatkan volume rambut. Sebagai hasil dari perlindungan yang ditawarkannya terhadap kerusakan rambut, VCO juga membantu pertumbuhan rambut Anda.

Jika Anda ingin rambut yang tampak sehat dan ternutrisi, cobalah gunakan VCO karena bahan ini mengandung nutrisi yang membantu memperkuat rambut Anda, menghasilkan rambut yang sehat, indah, dan bervolume!

Lawan Uban dan Tingkatkan Kilau

Manfaat VCO untuk rambut yang ketiga adalah membantu melawan rambut beruban dan menambah kilau pada rambut. Rambut dapat mulai beruban karena berbagai alasan, bisa karena stres, hormon, kerusakan luar pada rambut, atau kekurangan nutrisi yang menyebabkan rambut beruban dengan kecepatan yang mengkhawatirkan.

Memijat rambut dengan minyak kaya nutrisi seperti VCO dapat membantu tidak hanya mentransfer kebaikan minyak ke rambut Anda, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut Anda menjadi jauh lebih berkilau, halus, dan tampak sehat.

Lembapkan Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat VCO untuk rambut yang keempat adalah membantu melembapkan helai rambut sekaligus kulit kepala. VCO membantu rambut dan kulit kepala mendapatkan kembali kelembapan yang sering hilang.

Anda dapat mengoleskan sedikit VCO secara merata ke rambut dan kulit kepala saat rambut Anda basah setelah mandi. VCO akan bekerja sangat baik untuk kulit kepala yang kasar dan kering, yang dapat terjadi akibat cuaca dingin dan kering.

3 dari 3 halaman

Cegah Pembentukan Ketombe

Manfaat VCO untuk rambut yang kelima adalah mencegah pembentukan ketombe. Kulit kepala terkadang dapat menjadi sangat kering, sehingga lapisan putih bersisik mulai terbentuk di atasnya yang disebut ketombe.

Ketombe dapat menyebabkan rasa gatal disertai dengan tampilan yang tak sedap dipandang. VCO dapat membantu melawan ketombe karena mengandung asam lemak bersama dengan Vitamin E dan K.

Komponen ini bagus untuk kulit kepala karena dapat membantu menyuburkan rambut dan melembapkan kulit kepala, hingga ketombe tak datang lagi.

Lindungi Rambut dari Kutu

Manfaat VCO untuk rambut yang keenam adalah membantu melindungi rambut dari kutu. VCO adalah keajaiban bagi mereka yang menderita serangan kutu di kepala. VCO mengandung sifat antibakteri yang mampu mengusir kutu dan telur yang menempel pada helai rambut.

Tenangkan Bisul dan Iritasi di Kulit Kepala

Manfaat VCO untuk rambut yang selanjutnya adalah menenangkan bisul dan iritasi kulit kepala. Efek negatif yang ditimbulkan oleh cuaca dingin dan kering pada rambut Anda dapat diobati dengan VCO, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Ternyata, masalah rambut dan kulit kepala akibat hawa yang panas juga dapat diatasi oleh VCO! Cuaca panas membuat kulit kepala menjadi mudah berkeringat dan rawan iritasi. Akibatnya, bisul atau luka akibat sengatan panas pun tak bisa dihindari.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya mengenai sifat antibakteri dari VCO, minyak ini dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar dan teriritasi, serta menenangkan bisul di kulit kepala. Oleskan langsung pada area yang terkena dan biarkan minyak bekerja dengan ajaib!

Kurangi Keriting pada Rambut Bertekstur

Manfaat VCO untuk rambut yang terakhir pada artikel ini adalah mengurangi keriting pada rambut bertekstur. Hamppir sebagian besar orang dengan tipe rambut ikal menyukai penggunaan minyak di kepala.

Jika Anda memiliki rambut kasar, keriting atau bergelombang, maka minyak rambut sebenarnya adalah teman terbaik yang dapat membantu rambut menjadi lebih mudah diatur. Rambut bertekstur cenderung berada di sisi yang lebih kering sehingga membutuhkan usaha dan perawatan ekstra daripada rambut lurus.

Untuk itu, VCO sangat cocok dalam membantu menghilangkan kekusutan pada rambut bertekstur. Minyak ini membantu rambut ikal atau bergelombang menjadi lebih halus seperti habis disisir, memberikan tampilan ikal dan gelombang yang indah dan tegas tanpa membuatnya kusut.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini