Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Manfaat Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri, Cegah Anemia dan Stunting</b>

Manfaat Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri, Cegah Anemia dan Stunting

Konsumsi tablet tambah darah sangat penting bagi remaja putri karena manfaatnya yang berkelanjutan.

Untuk menciptakan generasi masa depan Indonesia yang bebas <a class=stunting, pemerintah belakangan ini tengah menggalakkan berbagai program untuk mengatasi dan mencegah stunting dalam setiap lini. Salah satu upaya menekan angka stunting adalah dengan pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri." loading="lazy">

Untuk menciptakan generasi masa depan Indonesia yang bebas stunting, pemerintah belakangan ini tengah menggalakkan berbagai program untuk mengatasi dan mencegah stunting dalam setiap lini. Salah satu upaya menekan angka stunting adalah dengan pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri.

Menekan risiko stunting adalah tujuan jangka panjang dari pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri. Tujuan jangka pendeknya adalah mencegah anemia pada mereka. Remaja putri rentan menderita anemia karena banyak kehilangan darah pada saat menstruasi. Selain itu, kebutuhan zat besi juga meningkat saat masa pubertas. 

Menjaga remaja putri dari kondisi anemia sejak dini dapat menekan risiko mereka melahirkan anak stunting kelak saat mereka telah menikah. Sebab, salah satu penyebab anak lahir stunting adalah ibu yang menderita anemia.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Indonesia, pemerintah telah menetapkan kebijakan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri yang dilakukan setiap 1 kali seminggu.

Langkah ini diambil untuk mencegah anemia dan meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh tanpa dilakukan skrining awal terlebih dahulu. Untuk itu pemerintah melancarkan gerakan nasional pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri.

Fungsi tablet tambah darah utamanya untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain itu, ada sederet manfaat tablet tambah darah untuk remaja putri lainnya yang penting untuk diketahui. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia ulasannya.

<b>Mengenal Apa Itu Tablet Tambah Darah</b>

Mengenal Apa Itu Tablet Tambah Darah

Tablet tambah darah adalah suplemen atau obat yang dirancang untuk meningkatkan atau mempertahankan kadar darah dalam tubuh. Kebanyakan tablet tambah darah mengandung nutrisi tertentu, seperti zat besi, vitamin B12, folat, dan vitamin C, yang penting untuk produksi sel darah merah dan fungsi darah yang sehat.

Suplemen tambah darah biasanya direkomendasikan untuk mengatasi atau mencegah anemia atau kekurangan zat besi. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Gejala anemia termasuk kelelahan, pucat, sesak napas, dan lemah.

Berikut beberapa nutrisi yang terdapat di tablet tambah darah:

Zat Besi (Iron) - Zat besi adalah komponen utama dalam hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Vitamin B12 dan Folat (Folic Acid) - Keduanya berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan perkembangan normal sel darah.

Vitamin C- Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, sehingga dapat mendukung efektivitas tablet tambah darah yang mengandung zat besi.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan tablet tambah darah sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dan rekomendasi dokter atau ahli gizi. Sebab, setiap individu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dan konsumsi berlebihan zat tertentu juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

<b>Mengapa Remaja Putri Perlu Mengonsumsi Tablet Tambah Darah?</b>

Mengapa Remaja Putri Perlu Mengonsumsi Tablet Tambah Darah?

Remaja putri dikatakan perlu mengonsumsi tablet tambah darah karena pada periode remaja, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dan kadar darah, terutama zat besi. Beberapa alasan mengapa remaja putri perlu mempertimbangkan tablet tambah darah antara lain:

1. Menstruasi. Menstruasi menyebabkan kehilangan darah secara teratur, dan hal ini dapat meningkatkan risiko kekurangan zat besi. Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin, suatu komponen dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

2. Pertumbuhan dan Perkembangan. Masa remaja adalah periode pertumbuhan dan perkembangan pesat. Nutrisi yang cukup, termasuk zat besi, sangat penting untuk mendukung pembentukan jaringan dan organ tubuh yang sedang tumbuh.

3. Diet yang Tidak Seimbang. Beberapa remaja mungkin memiliki kebiasaan makan yang tidak seimbang atau kurangnya variasi dalam pola makan mereka. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan zat besi dan nutrisi lainnya yang diperlukan untuk kesehatan darah.

4. Aktivitas Fisik yang Tinggi. Jika remaja putri aktif secara fisik atau terlibat dalam olahraga yang intens, kebutuhan tubuhnya terhadap zat besi dan nutrisi lainnya dapat meningkat.

5. Keperluan Zat Besi yang Meningkat. Pada masa pubertas, kebutuhan tubuh akan zat besi meningkat. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang dapat berdampak pada energi, konsentrasi, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

<b>Manfaat Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri</b>

Manfaat Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri

Mengutip laman Kementrian Kesehatan RI, berikut ini adalah beberapa manfaat tablet tambah darah untuk remaja putri yang patut diketahui;

1. Cegah Anemia

Manfaat tablet tambah darah untuk remaja putri yang pertama adalah membantu mencegah anemia. Remaja putri rutin mengalami haid dan kehilangan banyak darah setiap bulan, sehingga tubuhnya rentan mengalami anemia. Perlu diketahui, kekurangan sel darah merah atau kadar hemoglobin di bawah ambang batas normal menyebabkan gejala anemia seperti tubuh lemas, tidak bugar, dan mudah pingsan.

2. Tunjang Fase Tumbuh Kembang

Manfaat tablet tambah darah untuk remaja putri yang kedua adalah membantu menunjang fase tumbuh kembang. Remaja putri sedang memasuki fase tumbuh kembang yang cukup pesat, sehingga tubuhnya membutuhkan zat besi lebih banyak ketimbang masa kanak-kanak. Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan pemerintah, kebutuhan zat besi remaja putri sebesar 15 miligram per hari, nyaris dua kali lipat kebutuhannya sebelum haid yang hanya sebesar 8 miligram per hari.

3. Tambal Kebutuhan Zat Besi

Manfaat tablet tambah darah untuk remaja putri yang ketiga adalah membantu menambal kebutuhan zat besi. Terkadang, sebagian remaja putri mengonsumsi makanan atau asupan dengan kadar zat besi dan protein yang kurang memadai. Terlebih jika remaja putri mulai melakukan diet asal-asalan tanpa berkonsultasi dengan ahli. Akibatnya, remaja putri kekurangan mineral penting untuk pertumbuhannya.

4. Jaga Kemampuan Berpikir

Manfaat tablet tambah darah untuk remaja putri yang selanjutnya adalah membantu menjaga kemampuan berpikir. Perlu diketahui, anemia juga bisa menyebabkan susah konsentrasi, gampang lupa, dan kemampuan berpikir menurun. Kondisi ini bisa memengaruhi prestasi atau produktivitas belajar di sekolah.

5. Jaga Daya Tahan Tubuh

Tablet tambah darah yang didalamnya mengandung zat besi juga bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular virus/penyakit.

6. Cegah Stunting

Pemberian tablet tambah darah juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu. Pemberian tablet tambah darah ini nantinya untuk mencegah ibu melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Dengan minum tablet tambah darah secara rutin, diharapkan mampu mengurangi potensi anemia dan lahirnya bayi dalam keadaan stunting dari para ibu di Indonesia sehingga tercipta generasi muda dan generasi penerus yang sehat serta berdaya saing maksimal.

29 Persen Remaja Putri di Semarang Alami Anemia, Ini Penjelasan Dinkes
29 Persen Remaja Putri di Semarang Alami Anemia, Ini Penjelasan Dinkes

Terjadinya anemia ini memperbesar resiko mereka melahirkan anak stunting

Baca Selengkapnya icon-hand
6 Manfaat Konsumsi Daging Merah untuk Anak, Kaya Nutrisi dan Vitamin Potensial
6 Manfaat Konsumsi Daging Merah untuk Anak, Kaya Nutrisi dan Vitamin Potensial

Kenali apa saja manfaat yang terkandung dalam daging merah untuk kesehatan si kecil.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cegah Diare hingga Stunting, Kenali Syarat Air Minum Layak Dikonsumsi Berikut Ini
Cegah Diare hingga Stunting, Kenali Syarat Air Minum Layak Dikonsumsi Berikut Ini

Ada empat syarat air yang layak diminum direkomendasikan ahli gizi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mengupas Anemia Defisiensi Zat Besi, Ini Cara Mengatasinya
Mengupas Anemia Defisiensi Zat Besi, Ini Cara Mengatasinya

Kekurangan zat besi akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak karena mempengaruhi mulai nafsu makan, gangguan perilaku, emosi dan motorik anak.

Baca Selengkapnya icon-hand
7 Vitamin yang Dibutuhkan Anak untuk Pertumbuhan Gigi dan Gusi serta Sumber Alami Memperolehnya
7 Vitamin yang Dibutuhkan Anak untuk Pertumbuhan Gigi dan Gusi serta Sumber Alami Memperolehnya

Demi kesehatan dan perkembangan gigi dan mulut anak, penting untuk memerhatikan asupan vitamin mereka.

Baca Selengkapnya icon-hand
Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil, Bantu Cegah Cacat dan Komplikasi
Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil, Bantu Cegah Cacat dan Komplikasi

Asam folat, atau vitamin B9, merupakan salah satu nutrisi penting untuk tubuh manusia. Nutrisi ini juga mendukung bagi kesehatan ibu hamil.

Baca Selengkapnya icon-hand
SEMENIT PAHAM: Elektabilitas 3 Cawapres Terbaru, Siapa Bikin Untung dan Buntung Capresnya?
SEMENIT PAHAM: Elektabilitas 3 Cawapres Terbaru, Siapa Bikin Untung dan Buntung Capresnya?

Mahfud MD, Gibran Rakabuming dan Muhaimin Iskandar. Kira-kira, siapa ya yang paling tinggi menambah elektabilitas capresnya?

Baca Selengkapnya icon-hand
10 Jenis Obat yang Bisa Berbahaya Bahkan Mematikan Jika Dikonsumsi Anak dan Bayi
10 Jenis Obat yang Bisa Berbahaya Bahkan Mematikan Jika Dikonsumsi Anak dan Bayi

Obat dewasa sering kali memiliki dosis yang lebih tinggi daripada yang aman bagi anak-anak.

Baca Selengkapnya icon-hand
8 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Anak, Bantu Si Kecil Rileks dan Tidur Nyenyak
8 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Anak, Bantu Si Kecil Rileks dan Tidur Nyenyak

Tidur adalah momen penting dalam proses pertumbuhan tubuh anak, dan minum susu sebelum tidur bisa menjadi kebiasaan yang mendukung kesehatan mereka.

Baca Selengkapnya icon-hand
16 Jenis Ikan yang Cocok Dikonsumsi untuk MPASI Bayi
16 Jenis Ikan yang Cocok Dikonsumsi untuk MPASI Bayi

Sejumlah ikan bisa diolah menjadi menu MPASI yang sempurna bagi anak.

Baca Selengkapnya icon-hand