Manfaat Air Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Atasi Radang

Kamis, 29 September 2022 14:53 Reporter : Edelweis Lararenjana
Manfaat Air Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Atasi Radang Ilustrasi kunyit. boldsky.com

Merdeka.com - Di bawah ini adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat air kunyit yang terbukti baik bagi kesehatan tubuh. Kunyit adalah salah satu tanaman akar rempah yang populer di Indonesia. Kunyit telah digunakan selama berabad-abad oleh berbagai kebudayaan, terutama di Asia, sebagai bagian dari obat-obatan.

Selain digunakan sebagai penyedap masakan dan obat-obatan, kunyit juga umum digunakan untuk perawatan kulit serta pewarna tekstil. Pada kunyit, terkandung antioksidan, anti-inflamasi, dan vitamin C. Dalam pengobatan Ayurveda India tradisional, telah lama digunakan sebagai obat untuk penyakit seperti gangguan kulit, alergi, dan sakit sendi.

Jika Anda mencari detoksifikasi, maka manfaat air kunyit dapat mengejutkan Anda. Kunyit dikenal memiliki manfaat obat dan dapat membantu tubuh melawan banyak penyakit. Selain itu, air kunyit juga berfungsi sebagai detoks alami untuk membantu tubuh membuang racun dan meremajakan tubuh. Ini selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kunyit

Rempah-rempah adalah bagian yang tak terpisahkan dari masakan ala Asia, namun rempah-rempah ternyata juga berperan jauh lebih dari sekadar agen penyedap. Di antara jenis rempah-rempah yang ada, kunyit telah membuktikan nilai dan manfaatnya sejak dulu.

Dijuluki sebagai 'The Golden Spice', kunyit adalah rempah-rempah yang berasal dari tanaman berbunga curcuma longa, dan merupakan bagian dari keluarga jahe. Bumbu ini berasal dari India dan Asia Tenggara, dan sering digunakan sebagai agen untuk meningkatkan rasa dan warna makanan.

Seperti dilansir dari ndtv.com, kunyit telah lama menjadi bagian dari praktik pengobatan tradisional dan mempertahankan posisinya sebagai obat kuno untuk sejumlah masalah kesehatan. Hangat dan pahit rasanya, akar kunyit biasa digunakan sebagai obat.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat kesehatan kunyit adalah dengan mengonsumsinya sebagai minuman. Dalam hal meremajakan tubuh dan membuang racun dari tubuh, air kunyit adalah agen detoksifikasi yang baik. Berikut manfaat air kunyit yang telah kami rangkum untuk Anda;

3 dari 4 halaman

1. Bangun Kekebalan Tubuh

Manfaat air kunyit yang pertama untuk membantu membangun Kekebalan tubuh. Kunyit adalah rempah-rempah asal India kuno yang telah menjadi sensasi global karena khasiat penyembuhannya.

Kandungan kurkumin dalam kunyit diketahui dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Lipopolisakarida, zat lain dalam kunyit, juga terkenal dengan sifat anti-bakteri dan anti-virusnya.

2. Jaga Kesehatan Tubuh

Manfaat air kunyit yang kedua untuk membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Sejak dulu, masyarakat pengguna kunyit telah biasa mencampurkan sejumput kunyit dengan susu untuk mencegah nyeri sendi dan mencegah risiko infeksi dan flu. Sifat anti-inflamasi kunyit juga membantu menyembuhkan nyeri rematik dan peradangan ringan.

3. Tingkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat air kunyit yang ketiga untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit. Kunyit telah menjadi bagian dari ritual kulit dan kecantikan Asia sejak dahulu kala.

Antioksidan yang ada dalam kunyit membantu menghambat aktivitas radikal bebas yang bertanggung jawab terhadap faktor penuaan kulit. Minum air kunyit setiap hari dapat membantu kulit Anda menjadi lebih bercahaya, sehat dan muda.

4. Turunkan Berat Badan

Manfaat air kunyit yang keempat untuk membantu menurunkan berat badan. Kunyit dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Beberapa komponen kunyit diketahui dapat merangsang kantong empedu untuk menghasilkan empedu, sehingga membuat sistem pencernaan lebih efisien.

Kunyit juga dapat mengurangi gejala kembung dan gas. Pencernaan yang baik adalah kunci untuk mencapai metabolisme yang sehat dan metabolisme yang sehat terkait dengan penurunan berat badan dan pengelolaan berat badan yang berkelanjutan.

4 dari 4 halaman

5. Tingkatkan Kesehatan Hati

Manfaat air kunyit yang kelima untuk membantu meningkatkan kesehatan hati. Ya, kunyit dapat melakukan keajaiban bagi hati Anda.

Kunyit dikenal dapat meningkatkan produksi enzim penting yang bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah yang masuk ke hati dengan memecah racun.

6. Cegah Alzheimer

Manfaat air kunyit yang keenam untuk membantu mencegah penyakit Alzheimer. Curcumin, senyawa obat yang ditemukan dalam kunyit, diketahui dapat melawan gejala Alzheimer.

Senyawa tersebut menghambat pembentukan beta-amiloid, zat protein yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan yang secara bertahap mengarah ke Alzheimer.

7. Cegah Penyakit Jantung

Manfaat air kunyit yang ketujuh untuk membantu mencegah penyakit jantung. Minum air kunyit dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Kunyit mengurangi kadar kolesterol dan mencegah aterosklerosis, dan dengan demikian, rempah-rempah melindungi terhadap pembekuan darah dan penumpukan plak di arteri.

8. Kurangi Peradangan

Manfaat air kunyit yang terakhir untuk membantu mengurangi peradangan. Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit adalah anti-inflamasi yang dapat melawan gejala rheumatoid arthritis dan kondisi lain seperti gangguan inflamasi kronis.

Konsumsi segelas air kunyit hangat dapat meredakan sendi dengan mengurangi peradangan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini