Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa untuk Anak Perempuan Agar Salihah dan Pintar, Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa untuk Anak Perempuan Agar Salihah dan Pintar, Lengkap Arab Latin dan Artinya Ilustrasi bayi. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Doa untuk anak perempuan dalam Islam berikut ini bisa Anda lafalkan agar anak perempuan Anda tumbuh menjadi anak yang salihah dan pintar. Doa orang tua sangat besar kekuatannya bagi kehidupan anak, dan berpeluang besar untuk diijabah oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam hadist Rasulullah yang berbunyi;

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ : دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِه

Artinya: “Ada tiga doa yang mustajab tanpa diragukan lagi: [1] doa orang yang terzalimi [2] doa orang yang sedang safar [3] doa orang tua kepada anaknya” (HR. At Tirmidzi no. 1905, dihasankan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

BACA JUGA: Kumpulan Kata Doa untuk Anak Islami

Untuk itu, janganlah berhenti mendoakan kesejahteraan hidup buah hati Anda, termasuk melafalkan doa untuk anak perempuan. Islam sendiri bahkan menganjurkan seorang ibu untuk mendoakan anaknya sejak dalam kandungan.

Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah kumpulan doa untuk anak perempuan yang telah kami rangkum khusus untuk Anda. Simak selengkapnya.

1. Doa untuk Anak Perempuan Agar Menjadi Anak yang Pintar

Memberikan akses pendidikan kepada anak adalah salah satu kewajiban orang tua. Selain menyekolahkan anak ke sekolah formal, Anda sebagai orang tua juga tetap harus membimbing proses belajarnya di rumah.

Selain mengusahakan pendidikan anak yang berkualitas, memanjatkan doa untuk kecerdasan anak juga perlu dilakukan. Dalam Islam, berikut doa untuk anak perempuan agar tumbuh pintar dan bermanfaat bagi umat yang bisa Anda lafalkan;

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hambaMu yang layak untuk menerima nikmatMu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

2. Doa untuk Anak Perempuan Agar Rajin Beribadah

Selain mengupayakan ilmu pengetahuan bagi perkembangan anak, Anda juga harus selalu mengajarkan dan mencontohkan praktik ibadah kepada Allah SWT sejak dini. Terdapat doa dari Nabi Ibrahin AS yang beliau bacakan untuk anak cucu serta keturunannya agar senantiasa selalu mendirikan salat dan rajin beribadah.

Doa ini sebagaimana firman dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 40 yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim kepada Allah SWT agar beliau dan anak cucunya tekun mengerjakan salat dengan sebaik mungkin. Anda juga bisa membacakan doa ini untuk anak perempuan Anda. Berikut bacaan doanya;

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

3. Doa untuk Anak Perempuan Agar Selalu Beriman dan Bertakwa

Doa untuk anak perempuan agar selalu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT juga penting dilakukan. Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memastikan bahwa anak Anda tumbuh dengan iman dan takwa yang kuat kepada Tuhannya bukan? 

Karena, dengan iman dan takwa kehidupan akan menjadi semakin berkah dan selalu tenang. Selain mengajarkan cara beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, Anda bisa membarenginya dengan berdoa. Berikut bacaan doa untuk anak perempuan yang bisa Anda lafalkan;

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

4. Doa untuk Anak Perempuan Memohon Kebaikan

Dalam setiap langkah kehidupan, Anda pasti menginginkan hal-hal baik mengitari buah hati Anda. Tak ada orang tua yang ingin anaknya tumbuh di lingkungan yang buruk dan penuh hal-hal negatif. Untuk itu, Anda harus selalu mengupayakan perbaikan dalam setiap aspek hidup Anda sekeluarga.

Anda juga pasti menginginkan anak selalu aman dan dilindungi dari orang-orang jahat. Kebaikan dan keselamatan anak di manapun berada adalah prioritas yang harus selalu diperhatikan. Berikut adalah doa untuk anak perempuan memohon kebaikan yang bisa Anda panjatkan kepada Allah SWT;

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

 

5. Doa untuk Anak Perempuan agar Terhindar dari Zina

Selain mengajarkan nilai-nilai dan etika yang kuat, serta memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga diri agar terhindar dari zina. Sebagai orang tua, Anda bisa mengamalkan doa untuk anak perempuan agar terhindar dari zina. Berikut adalah doa untuk anak perempuan agar terhindari dari zina yang bisa Anda panjatkan kepada Allah SWT;

اللَّهُمّ اغْفِرْ ذَنْبَهُ وَطَهِّرْ قَلْبَهُ، وَحَصِّنْ فَرْجَهُAllahummaghfir dzanbahu wa thahhir qalbahu wa hashshin farjahu.Artinya: Ya Allah, ampunilah dosanya, bersihkanlah hatinya, dan jagalah kemaluannya. (HR Ahmad)

Waktu Terbaik Mendoakan Anak Perempuan Agar Shalihah dan Pintar

Mendoakan anak perempuan agar menjadi salihah adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ada beberapa waktu yang dianggap paling mustajab atau terbaik untuk berdoa, sehingga doa yang dipanjatkan memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut adalah waktu-waktu terbaik untuk mendoakan anak perempuan agar salihah:   1. Sepertiga Malam Terakhir   Pada waktu sepertiga malam terakhir, biasanya antara pukul 2 hingga 4 pagi, adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan menjawab doa-doa hamba-Nya. Manfaatkan waktu ini dengan mendirikan shalat tahajjud dan memanjatkan doa khusus untuk anak perempuan agar menjadi salihah, berakhlak mulia, dan selalu dalam lindungan-Nya. 2. Setelah Shalat Fardhu   Berdoa setelah shalat fardhu, khususnya setelah shalat subuh dan maghrib, adalah waktu yang sangat baik. Pada saat ini, hati biasanya lebih tenang dan khusyuk setelah menunaikan kewajiban shalat. Berdoalah dengan ikhlas dan penuh harap agar Allah SWT memberikan hidayah dan taufik kepada anak perempuan agar menjadi salihah. 3. Hari Jum’at   Hari Jum’at memiliki keutamaan khusus dalam Islam. Terdapat satu waktu di hari Jum’at, yang jika seorang hamba memanjatkan doa pada saat itu, insya Allah akan dikabulkan. Meskipun waktu ini tidak diketahui secara pasti, banyak ulama yang berpendapat bahwa waktu tersebut berada di antara waktu shalat Ashar hingga Maghrib. Gunakan waktu tersebut untuk berdoa dengan sungguh-sungguh bagi kebaikan anak perempuan.   4. Saat Berpuasa   Doa orang yang berpuasa tidak akan ditolak, terutama ketika menjelang berbuka puasa. Manfaatkan waktu-waktu berpuasa, baik di bulan Ramadhan maupun puasa sunnah lainnya, untuk mendoakan anak perempuan agar tumbuh menjadi wanita salihah, berilmu, dan bertakwa.

(mdk/edl)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa untuk Anak Sakit Arab Latin dan Artinya, Orang Tua Wajib Tahu
Doa untuk Anak Sakit Arab Latin dan Artinya, Orang Tua Wajib Tahu

Doa dilafalkan untuk memohon kesembuhan dan perlindungan dari Allah SWT bagi anak yang sedang sakit.

Baca Selengkapnya
Doa untuk Anak Perempuan Latin dan Artinya, Mohon Kebaikan
Doa untuk Anak Perempuan Latin dan Artinya, Mohon Kebaikan

Orang tua selalu dianjurkan untuk mendoakan kebaikan anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa untuk Anak Baru Lahir & Menjadi Sholeh Berbakti pada Orang Tua
Bacaan Doa untuk Anak Baru Lahir & Menjadi Sholeh Berbakti pada Orang Tua

Berikut bacaan doa untuk anak baru lahir dan menjadi anak sholeh berbakti pada orang tua.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
85 Kata Doa Untuk Anak Islami Berikan Pesan Mendalam dan Menyentuh Hati
85 Kata Doa Untuk Anak Islami Berikan Pesan Mendalam dan Menyentuh Hati

Berikut referensi kata doa untuk anak islami berisi pesan yang menyentuh hati.

Baca Selengkapnya
5 Doa untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latinnya, Ketahui Keutamaannya
5 Doa untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latinnya, Ketahui Keutamaannya

Merdeka.com merangkum informasi tentang 5 doa untuk kedua orang tua arab dan latinnya, serta keutamaannya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selengkapnya
Doa Buat Orang Tua yang Sudah Meninggal, Ini Bacaan Lengkapnya
Doa Buat Orang Tua yang Sudah Meninggal, Ini Bacaan Lengkapnya

Doa buat orang tua yang sudah meninggal ini menjadi amal jariyah dari sang anak bagi ortunya.

Baca Selengkapnya
Doa Tedak Siten Bahasa Arab dan Latin, Lengkap dengan Arti
Doa Tedak Siten Bahasa Arab dan Latin, Lengkap dengan Arti

Doa tedak siten bahasa Arab, Latin serta artinya ini dapat Anda amalkan.

Baca Selengkapnya
73 Nama Bayi Perempuan Islami Tercantik Bermakna Baik, Pilih Salah Satunya
73 Nama Bayi Perempuan Islami Tercantik Bermakna Baik, Pilih Salah Satunya

Nama adalah doa. Oleh karenanya, pilih yang terbaik untuk buah hati Anda.

Baca Selengkapnya
Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Pulih Kembali, Begini Bacaannya Sesuai dengan Syariat Islam serta Artinya
Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Pulih Kembali, Begini Bacaannya Sesuai dengan Syariat Islam serta Artinya

Doa untuk orang sakit bisa dipanjatkan agar seseorang yang sedang mendapatkan ujian penyakit segera disembuhkan.

Baca Selengkapnya