Bacaan Doa untuk Jenazah Arab Latin Serta Terjemahannya, Wajib Dihafal

Rabu, 25 Januari 2023 14:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
Bacaan Doa untuk Jenazah Arab Latin Serta Terjemahannya, Wajib Dihafal ilustrasi berdoa. © pexels.com/Timur Weber

Merdeka.com - Doa untuk jenazah dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim apabila ada kerabat tahu kenalannya yang sesama muslim meninggal dunia. Dalam Islam, bacaan doa untuk jenazah dibedakan sesuai dengan jenis kelamin. Perbedaan ini terletak pada dhomir atau kata ganti untuk laki-laki maupun perempuan.

Ada juga doa untuk jenazah dalam jumlah banyak, yang biasanya ditemui usai peristiwa bencana alam yang merenggut nyawa banyak orang. Lalu, ada pula doa untuk jenazah yang masih bayi atau anak-anak. Semuanya ini patut Anda hafalkan agar dapat digunakan sewaktu-waktu diperlukan.

Dilansir dari NU Online dan Dream, berikut bacaan doa untuk jenazah Arab Latin lengkap dengan terjemahannya.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Jenazah Takbir Ketiga

Bacaan doa untuk jenazah umumnya dibaca pada saat melaksanakan salat jenazah takbir ketiga dan ke empat. Di mana pada takbir pertama, yang dibaca adalah surat Al-Fatihah dan pada takbir kedua membaca shalawat nabi.

ilustrasi salat di rumah
©2020 Merdeka.com/umroh.com

Berikut ini adalah bacaan doa untuk jenazah baik laki-laki dan perempuan pada takbir ketiga dan ke empat;

1. Doa untuk Jenazah Laki-Laki Takbir Ketiga

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’ Mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod, Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas, Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi, Wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya. Pasangan yang lebih baik dari pasangannya, lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka.”

2. Doa untuk Jenazah Perempuan Takbir Ketiga

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa Wawassi’ mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa. Wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayit) dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga isteri yang lebih baik dari isterinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka.”

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Jenazah Takbir Keempat

1. Doa untuk Jenazah Laki-Laki Takbir Ke Empat

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allohumma laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu.

Artinya : “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan cobai kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

2. Doa untuk Jenazah Perempuan Takbir Ke Empat

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهَا

Allohumma laa tahrimnaa ajrohaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa.

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya “Jenazah Perempuan” dan jangan cobai kami sepeninggalnya “Jenazah Perempuan”. Ampunilah kami dan ampunilah dia “Jenazah Perempuan”.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini