Bacaan Doa untuk Anak yang Sedang Sakit Beserta Artinya, Wajib Diketahui

Senin, 14 Juni 2021 18:17 Reporter : Edelweis Lararenjana
Bacaan Doa untuk Anak yang Sedang Sakit Beserta Artinya, Wajib Diketahui Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Anak yang sedang sakit pasti akan membuat orang tuanya menjadi sangat khawatir. Terlebih jika anak yang sakit sudah dibawa ke dokter namun belum menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Memanjatkan doa untuk anak yang sedang sakit adalah hal yang juga perlu dilakukan untuk meminta kesembuhan dari Allah SWT.

Sakit adalah sebuah bentuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya. Untuk itu, selain berikhtiar memeriksakan diri ke dokter dan meminum obat, wajib pula untuk mengingat dan memohon pertolongan dari Allah yang Maha Kuasa. Karena sebagai umat Islam, hanya kepadaNya-lah manusia menggantungkan hidupnya.

Berikut ini adalah bacaan doa untuk anak yang sedang sakit beserta artinya, yang dapat Anda lafazkan untuk membantu meminta kesembuhan si buah hati. Penting untuk diingat bahwa sebelum membaca doa untuk anak yang sedang sakit ini, sebaiknya diawali dengan membaca surat Al-Fatihah terlebih dahulu.

Melansir dari fimela.com, ini dia selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa untuk Anak yang Sedang Sakit Demam

Saat anak mempunyai masalah kesehatan seperti demam atau panas tinggi, Anda sebagai orang tua tak perlu risau lagi karena ada bacaan doa untuk anak yang sedang sakit demam berikut ini;

Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan dan kejahatanpanas api nereka.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa untuk Anak yang Sedang Sakit Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek adalah penyakit musiman yang gampang menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia, terlebih anak-anak yang lebih rentan. Jika buah hati Anda sedang menderita batuk dan pilek, berikut ini adalah bacaan doa untuk anak yang sedang sakit tersebut;

Asalulallahu 'Azhiim robbul 'arsyil 'szhiim ayyasyfiyak

Artinya: Aku memohon kepada Alloh Dzat Yang Maha Besar, Tuhan Yang Mempunyai Arasy, Yang Maha Besar, smoga Dia berkenan memberi kesembuhan padamu. (HR. Abu Dawud & Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa untuk Anak yang Sedang Sakit Diare

Sementara itu, jika anak Anda sedang menderita gangguan pencernaan seperti diare, ada juga doa yang dapat orang tua panjatkan guna meminta kesembuhan dari Allah SWT. Bacaan doa untuk anak yang sedang sakit diare tersebut adalah;

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.

Artinya: Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini