Bacaan Doa Sakit Kepala, Lengkap Beserta Artinya

Minggu, 4 Desember 2022 09:01 Reporter : Jevi Nugraha
Bacaan Doa Sakit Kepala, Lengkap Beserta Artinya Ilustrasi sakit kepala. Shutterstock/Hung Chung Chih

Merdeka.com - Doa sakit kepala bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim ketika mengalami kondisi ini. Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT ketika diberi rasa sakit. Dengan membaca doa, diharapkan sakit yang dideritanya segera sembuh.

Sakit kepala merupakan kondisi yang biasa dialami setiap orang. Tak hanya mengganggu aktivitas, sering sakit kepala juga bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu dalam tubuh. Oleh karena itu, sering sakit kepala menjadi salah satu penyakit yang tidak boleh disepelekan. Saat merasakan kondisi ini, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa sakit kepala.

Ada beberapa doa sakit kepala yang bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim. Berikut doa sakit kepala dan artinya yang merdeka.com lansir dari NU Online:

2 dari 3 halaman

Doa Sakit Kepala dan Artinya

ilustrasi berdoa

©2022 Merdeka.com/pixabay

Umat muslim diperintahkan untuk berdoa kepada Allah SWT ketika merasakan sakit. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam Alquran Surah Al-Mu’min ayat 60, Allah SWT berfirman, yang artinya:

"Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina".

Adapun doa sakit kepala dan artinya yang bisa dibaca oleh umat muslim adalah sebagai berikut:

Bismillaahii kabiiri na'uudzubillaahii 'azhiimi min syarri 'irqin na'aarin wa min syarrin naar.

Artinya:

"Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari sakitnya darah yang mengalir (luka) dan dari buruknya panas api." (HR Ibnu Sunni).

Doa Sakit Kepala dan Demam

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:

"Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Doa Sakit Kepala dan Penurun Panas

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta

Artinya:

"Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau," (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

Doa Sakit Kepala dan Gigi

Doa untuk sakit kepala dan gigi bisa dibaca umat Muslim agar segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Berikut bacaan doa sakit kepala dan gigi:

"Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka"

Artinya:

Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.

3 dari 3 halaman

Doa Menjenguk Orang Sakit

ilustrasi sakit kepala
©Shutterstock/Cristi K

Rasulullah SAW mengajarkan ketika ada sahabat yang sedang sakit, beliau senantiasa menjenguknya. Selain itu, Nabi juga selalu membacakan doa untuknya agar Allah SWT memberikan kesembuhan.

Berikut salah satu doa untuk orang sakit yang dibaca Nabi, sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA:

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya, "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Selain itu, ada doa lain yang dibaca Rasulullah SAW ketika sedang meruqyah salah seorang sahabat. Ruqyah sendiri merupakan sebuah proses penyembuhan melalui ayat-ayat Al-Qur'an. Adapun doa untuk orang sakit yang dibaca Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya, "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

Doa untuk Orang Sakit agar Diampuni Dosa-dosanya

Rasulullah SAW kerap menyebut nama orang yang sedang sakit ketika membaca doa untuknya. Seperti ketika beliau menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqasah, Nabi menyebut nama Sa’ad ketika sedang berdoa. Sehingga, kita bisa mengganti nama Sa’ad dengan nama orang sakit di hadapan kita.

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan.

Artinya, "Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad."

Ketika menjenguk orang yang sedang sakit, selain membaca doa untuk kesembuhan, kita juga bisa menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan. Berikut ini doa untuk orang sakit yang dibaca Rasulullah SAW saat menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA:
Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya, "Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini