Bacaan Doa Perjalanan Jauh dalam Islam, Lafalkan saat Bepergian

Sabtu, 24 September 2022 12:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
Bacaan Doa Perjalanan Jauh dalam Islam, Lafalkan saat Bepergian Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Bacaan doa perjalanan jauh berikut ini bisa Anda lafalkan saat bepergian. Sebagai umat Islam, kita memang dianjurkan untuk memanjatkan doa dalam berbagai kesempatan dan aktivitas guna memohon berkah, rahmat, dan ridho dari Allah SWT. Tak terkecuali saat hendak bepergian.

Membaca doa perjalanan jauh dilakukan dengan tujuan agar perjalan tersebut senantiasalancar dan terhindar dari gangguan hingga selamat sampai tujuan. Membaca doa dalam perjalanan juga merupakan salah satu amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Dengan membaca doa perjalanan jauh, diharapkan akan tercipta rasa aman, diberi keselamatan, dan dijauhkan dari hal-hal buruk di jalan. Dilansir dari dream.co.id, berikut selengkapnya mengenai doa perjalanan jauh yang patut dihafalkan.

2 dari 4 halaman

Doa saat Hendak Keluar Rumah

Ini adalah bacaan doa wajib yang pastinya sudah sering Anda dengar bahkan Anda hafalkan sejak kecil. Ya, berikut bacaan doa keluar rumah tersebut:

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang menyebutkan betapa pentingnya membaca doa sebelum melakukan bepergian; “Barangsiapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa: 'Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah', maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.” (HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).

3 dari 4 halaman

Doa Perjalanan Jauh Agar Terhindar dari Kesulitan dan Bahaya

اللهمَّ الطفْ بي في تيسيرِ كلِّ عسيرٍ فإن تيسيرَ كلِّ عسيرٍ عليك يسيرُ وأسألُك اليسرَ والمعافاةَ في الدنيا والآخرةِ

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati.

Artinya: "Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

ilustrasi berdoa

© pexels.com/RODNAE Productions

Doa Perjalanan Jauh Agar Selamat saat Berkendara

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillahil ladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami-lah kami akan kembali."

4 dari 4 halaman

Doa Perjalanan Jauh Lainnya yang Bisa Dipanjatkan

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waathwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Doa Perjalanan Jauh Saat Sedang Istirahat

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A'udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya."

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini