7 Manfaat Belut bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele Khasiatnya

Rabu, 15 April 2020 13:00 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
7 Manfaat Belut bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele Khasiatnya Ilustrasi belut. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Krasowit

Merdeka.com - Manfaat belut bagi kesehatan mungkin masih belum banyak yang menyadarinya. Bahkan, banyak juga orang-orang yang menganggap belut merupakan hewan yang menjijikkan karena bentuknya tidak seperti ikan kebanyakan, padahal belut termasuk dalam salah satu jenis ikan.

Belut merupakan sejenis ikan yang berasal dari keluarga synbranchidae yang dapat dikonsumsi aman untuk manusia. Belut yang biasanya dikonsumsi adalah jenis belut sawah. Walaupun bentuknya memang menjijikkan dan membuat geli bagi sebagian orang yang melihatnya, belut tetap sering dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya. Belut dapat diolah dengan beragam kreasi seperti digoreng, direbus, ataupun dengan cara lainnya sebagai lauk makan Anda.

Hewan hermaprodit ini memang cukup familiar di telinga masyarakat sehingga hidangannya juga cukup dikenal luas. Beruntunglah bagi Anda yang suka mengonsumsi belut, karena belut memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dengan berbagai kandungan yang dimilikinya.

Bagi Anda yang mencari belut juga tidak susah untuk menemukannya, biasanya belut dijual di pasar tradisional ataupun beberapa tempat yang biasa menjualnya. Untuk mengetahui secara rinci tentang manfaat belut bagi kesehatan, berikut kami rangkum 7 manfaat belut bagi kesehatan yang dilansir dari Liputan6.com

2 dari 8 halaman

1. Makanan dengan Sumber Protein Tinggi

Manfaat belut bagi kesehatan yang pertama adalah makanan dengan sumber protein yang tinggi. Belut dapat memenuhi kebutuhan protein harian tubuh dengan kandungan sebanyak 20 gram dari seporsi belut.

Oleh karena itu, belut akan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil hingga balita sebagai sumber protein yang tinggi, tentunya dengan penyajian yang tepat. Selain itu, belut juga memiliki kandungan mineral dan zat turunan protein yang lengkap.

Hal ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, serta sistem kekebalan tubuh. Bahkan, daging belut juga dapat membentuk hormon yang dapat mencegah terjadinya kanker seperti kanker payudara.

3 dari 8 halaman

2. Sumber Kalori

Manfaat belut bagi kesehatan selanjutnya sebagai sumber kalori yang baik bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, belut akan sangat bermanfaat dalam mengisi tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari Anda.

Bahkan, saking tingginya kandungan kalori dalam belut, bisa disetarakan dengan kandungan karbohidrat di dalam nasi. Dengan kandungan kalori yang tinggi tersebut, Anda juga harus mengatur konsumsi belut dalam porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Konsumsi belut secukupnya agar Anda lebih bertenaga.

4 dari 8 halaman

3. Zat Besi

Manfaat belut bagi kesehatan berikutnya sebagai sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi yang baik untuk tubuh. Zat besi merupakan salah satu kandungan belut yang tidak kalah bermanfaatnya.

Zat besi dapat bermanfaat untuk mencegah anemia pada tubuh. Bila tubuh kekurangan zat besi, maka akan terjadi kekurangan suplai oksigen ke seluruh tubuh karena terjadinya pembentukan hemoglobin dalam sel-sel darah. Selain itu, zat besi juga dapat menjadi penghilang rasa lelah dan letih pada tubuh.

5 dari 8 halaman

4. Sumber Fosfor

Manfaat belut bagi kesehatan selanjutnya sebagai sumber fosfor. Kandungan fosfor pada belut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi Anda. Mengonsumsi belut secara teratur dapat menghindari Anda dari penyakit osteoporosis. Kandungan fosfor ini akan sangat bagus dikonsumsi oleh lansia ataupun lansia balita bila dikonsumsi secara teratur dan porsi yang aman.

6 dari 8 halaman

5. Kaya Akan Vitamin

Manfaat belut bagi kesehatan yang selanjutnya sebagai sumber makanan yang kaya akan vitamin. Kandungan vitamin A yang terkandung pada belut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata serta kesehatan sel reproduksi.

Selain itu, kandungan vitamin B pada belut juga dapa meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan fungsi enzim. Selain itu, masih banyak lagi fungsi-fungsi vitamin pada belut yang memberikan manfaat pada tubuh Anda seperti membantu perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu pembentukan protein, sebagai penambah darah, dan lain-lain.

7 dari 8 halaman

6. Memiliki Kandungan Arginin

Manfaat belut bagi kesehatan yang selanjutnya adalah berasal dari kandungan arginin yang ada di dalamnya. Arginin yang terkandung dalam belut memiliki fungsi penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat, disarankan untuk mengonsumsi belut karena makan belut dapat menurunkan risiko serangan jantung dan juga penyempitan pembuluh darah.

8 dari 8 halaman

7. Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan zat besi yang terkandung dalam belut ternyata juga memberi manfaat belut bagi kesehatan yang lainnya, antara lain adalah bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan oksigen yang terkandung dalam belut akan mampu membantu dalam pembentukan energi, atau dalam istilah ilmiahnya adalah oksidasi.

Asupan makanan yang masuk tadi harus diproses bersama oksigen agar bisa berubah menjadi energi. Semakin banyak oksigen maka akan semakin banyak energi yang akan dihasilkan. Artinya, dengan banyaknya kandungan oksigen tersebut juga akan membantu tubuh semakin sehat dan memberikan kekebalan pada tubuh kita.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini