6 Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer, Ketahui Sebelum Digunakan

Senin, 1 Juni 2020 19:14 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
6 Kelebihan Linux untuk Sistem Komputer, Ketahui Sebelum Digunakan Ilustrasi komputer. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/gyn9037

Merdeka.com - Linux merupakan nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer Unix. Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber utamanya yang terbuka.

Linux berasal dari nama sang produsen, yang diperkenalkan pada 1991 oleh Linux Torvalds. Utilitas sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan pada 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU merupakan dasar dari timbulnya gelar alternatif GNU atau Linux.

Linux merupakan sistem operasi yang telah dikenal lama penggunaannya di server, dan didukung perusahaan-perusahaan komputer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystem.

Linux sendiri digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai jenis perangkat keras komputer seperti desktop, supercomputer, dan embedded sistem seperti buku pembaca elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan Xbox), telepon genggam dan router.

Linux dianggap sebagai sistem operasi yang baik. Sistem operasi Linux ini banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, geeks, dan lain sebagainya. Penggunaan linux memang tumbuh sangat luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer seperti Windows atau OS X.

Sedangkan, Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan antarmuka bergrafis. Pada umumnya, sistem operasi ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat, baik di kalangan menengah atas hingga menengah ke bawah.
Sama-sama merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk sistem komputer dan laptop, sebenarnya apa saja kelebihan Linux dibandingkan dengan sistem operasi komputer yang lainnya?

Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut kami telah rangkum beberapa kelebihan sistem operasi Linux yang perlu Anda ketahui, yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Gratis

Kelebihan Linux sebagai sistem operasi komputer yang pertama adalah gratis. Apabila dibandingkan dengan sistem operasi yang lainnya seperti Windows, Linux lebih terjangkau karena Windows memerlukan kisaran harga sekitar Rp 3 hingga Rp 5 juta untuk satu lisensinya.

Linux merupakan sistem operasi komputer yang tepat untuk Anda yang memang tidak ingin mengeluarkan uang sebagai sebuah sistem operasi. Apabila Anda menggunakan Linux, Anda akan terbebas dari yang namanya sistem operasi bajakan, software crack, patch, dan lain sebagainya. Selain gratis, di Linux Anda juga bebas untuk memodifikasi OS Linux sesuka hati sesuai dengan keinginan Anda.

2 dari 6 halaman

2. Keamanan yang Lebih Unggul

ilustrasi virus internet

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Pavel Ignatov

Kelebihan Linux untuk sistem komputer yang berikutnya adalah karena Linux memiliki hak akses yang terbatas. Akses yang terbatas maksudnya adalah celah untuk masuk ke sistem Linux sangatlah minim. Seperti contohnya ketika ingin menginstal aplikasi saja memerlukan repository online. Meskipun bisa secara offline, tetapi sangatlah jarang sekali orang-orang akan usil membuat virus di ekstensi aplikasi Linux.

Hal ini merupakan kelebihan Linux dibandingkan dengan sistem operasi komputer lainnya seperti Windows. Pasalnya, OS Windows keamanannya belum cukup sempurna. Windows biasanya seringkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload secara bebas di sebuah website.

3 dari 6 halaman

3.Kinerja yang Ringan dan Spesikasi yang Minimal

Kelebihan Linux untuk sistem komputer yang selanjutnya adalah dilihat dari kinerjanya yang ringan namun spesifikasinya tetap bisa dijalankan dalam sistem yang minimal.

Kelebihan Linux terbukti ringan dalam kinerjanya (bukan untuk game), dan untuk meng-instal Linux memang tidak membutuhkan spesifikasi yang besar. Hanya dengan sekitar 10 GB dan 512 harddisk, Linux sudah bisa diinstal di komputer Anda.

4 dari 6 halaman

4.Banyak Tools Pentest Security

linux

©2013 Merdeka.com

Kelebihan Linux untuk sistem komputer adalah OS Linux memang didesain untuk menguji keamanan. Kelebihan Linux adalah semua tools di dalamnya gratis.

Banyak tools yang tersedia, baik bawaan maupun yang bisa di download di situs developer distro Linux. Maka tidak heran jika sistem Linux banyak digunakan oleh para hacker.

5 dari 6 halaman

5. Kemudahan untuk Menginstall Driver

Kelebihan Linux untuk sistem komputer yang selanjutnya adalah kemudahan untuk menginstall driver. Saat menginstal sistem operasi ini, Anda tidak perlu menginstal driver yang biasa dilakukan saat menginstal sistem operasi seperti Windows.

Alasannya adalah distro Linux kebanyakan memang sudah kompatibel dengan segala jenis prosesor yang tertanam di komputer ataupun laptop.

6 dari 6 halaman

6. Banyak Varian Distro Linux

 

Kelebihan Linux untuk sistem Komputer yang terakhir adalah banyaknya varian distro yang disediakan oleh Linux. Karena memang sistem operasi ini gratis, hingga saat ini banyak developer yang membuat varian-varian dari Linux seperti Ubuntu, Debian, Linux Mint hingga Kali Linux.

Untuk itu, Linux menjadi sering digunakan oleh orang-orang karena kemudahan dalam memodiifikasinya dan penggunaannya yang ringan. Namun, dalam pemillihan sistem operasi komputer adalah kembali ke pilihan Anda tergantung kebutuhan dan penggunaan yang Anda perlukan.

[raf]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Jatim
  4. Yogyakarta
  5. Linux
  6. Software PC
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini