4 Tanda-Tanda Kehamilan Mirip Gejala PMS, Banyak yang Salah Kira

Minggu, 16 Februari 2020 17:00 Reporter : Vinna Wardhani
4 Tanda-Tanda Kehamilan Mirip Gejala PMS, Banyak yang Salah Kira ilustrasi kehamilan. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Kehamilan merupakan kondisi yang sangat diidamkan oleh kaum perempuan, terutama yang sudah menikah lama. Memiliki momongan adalah salah satu hal terindah yang ditunggu oleh pasangan suami istri.

Seperti yang telah umum diketahui, mual, muntah, dan masa haid berhenti adalah tanda kehamilan pada perempuan. Namun, ada beberapa tanda kehamilan kadang memiliki kondisi yang sama dengan premenstrual syndrome (PMS).

Bahkan gangguan tubuh lain kadang bisa memiliki gejala yang sama dengan tanda kehamilan. Stres terlalu berat juga dapat memberikan pengaruh terhadap kelancaran siklus haid. Seorang perempuan bisa dibuat bingung untuk membedakan tanda-tanda kehamilan dengan tanda akan haid.

Berikut kami rangkum beberapa tanda-tanda kehamilan yang sering dianggap PMS, dan sering disalah artikan oleh sebagian perempuan:

1 dari 5 halaman

Suasana Hati Mudah Berubah (Mood Swing)

Suasana hati mudah berubah atau mood swing biasanya dirasakan seorang perempuan saat memasuki masa sebelum haid. Hal ini disebabkan karena hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Pada trimester awal kehamilan, kondisi semacam ini juga terjadi. Penyebab dari munculnya suasanya yang berubah-ubah juga disebabkan karena hormon di dalam tubuh.

Seseorang yang hamil dan seorang perempuan yang akan haid dapat mengalami kondisi yang sama. Itulah sebabnya tanda-tanda kehamilan yang satu ini sulit untuk dibedakan. Seorang perempuan sama-sama bisa merasakan marah tiba-tiba, sedih, menangis, juga bahagia.

ilustrasi bersedih

Pixabay/cuncon

2 dari 5 halaman

Kram Perut dan Pendarahan

Seorang perempuan yang akan memasuki masa haid biasanya akan mengalami kram perut. Mulai dari yang ringan hingga berat. Kram perut ringan biasanya terjadi pada seminggu sebelum haid. Sedangkan kram berat biasanya dirasakan pada menstruasi hari pertama.

Rupanya hal ini tidak hanya dialami oleh seorang perempuan yang akan mengalami menstruasi. Seorang perempuan yang memasuki masa kehamilan tahap awal juga mengalami tanda-tanda ini. Kesamaan ini sering membuat seorang perempuan tidak menyadari bahwa dirinya tengah hamil.

Bahkan tanda kehamilan awal juga memungkinkan adanya pendarahan. Sehingga seorang perempuan akan mengira dirinya tengah memasuki masa menstruasi. Perbedaan yang terjadi pada pendarahan perempuan yang hamil dan perempuan yang menstruasi adalah posisi sel telur.

Pada perempuan yang memasuki masa menstruasi, pendarahan terjadi akibat luruhnya sel telur karena tidak dibuahi. Berbeda dengan perempuan yang hamil, pendarahan disebabkan karena proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Seorang perempuan yang tengah hamil kadang juga mengalami pendarahan berupa bercak-bercak. Pendarahan semacam ini disebut pendarahan implantasi.

3 dari 5 halaman

Sakit Kepala

ilustrasi sakit kepala

Shutterstock/9nong

Pada sebagian wanita, gejala PMS melibatkan sakit pada kepala. Hal ini lagi-lagi bisa dipengaruhi oleh hormone di dalam tubuh. Sama seperti perempuan yang mengalami gejala PMS, seorang perempuan yang hamil juga mungkin untuk mengalami sakit kepala.

Selain karena perubahan hormon, pada saat hamil terjadi peningkatan darah pada perempuan. Hal inilah yang kemudian memunculkan adanya keluhan sakit kepala pada ibu hamil. Sakit kepala yang muncul sebagai tanda-tanda kehamilan, biasanya berskala ringan. Namun begitu, biasanya sakit kepala ini berlangsung cukup sering.

4 dari 5 halaman

Payudara Terasa Nyeri

Bagi perempuan yang memasuki masa menstruasi rutin, pasti tidak asing dengan kondisi satu ini. pada seorang perempuan, memasuki masa haid dapat ditandai dari payudara yang terasa nyeri. Hal serupa nampaknya juga terjadi ada seorang perempuan yang memasuki masa hamil awal.

payudara

boldsky.com


Perubahan hormonal yang terjadi selama akan memasuki masa haid dan memasuki kehamilan awal mempengaruhi payudara. Pada wanita hamil, payudara umumnya akan membesar dan terasa nyeri. Pembesaran menyebabkan payudara umumnya terlihat lebih penuh dari biasanya.

Jika anda mengalami beberapa gejala di atas, di ikuti dengan berhentinya siklus haid. Ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter untuk mengetahui kondisi dengan lebih jelas. Beberapa gejala PMS dan kehamilan memiliki kesamaan. Untuk itu menemui dokter adalah langkah tepat untuk mengonfirmasi kondisi anda.

5 dari 5 halaman

Pastikan Tanda-Tanda Kehamilan

Jika dirasa anda belum tentu yakin untuk pergi ke dokter. Anda dapat membeli testpack terlebih dahulu untuk melakukan tes mandiri di rumah. Saat anda kurang yakin dengan hasil tes tersebut, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Cara kerja testpack sangat sederhana. Alat ini bekerja dengan mendeteksi kadar hCG dalam satuan miliInternational units (mIU). Semakin kecil presentase yang ditemukan, maka alat ini akan lebih sensitif. Keakuratan hasil dari testpack juga dipengaruhi oleh waktu. Cara yang tepat untuk menggunakan alat ini adalah pada pagi hari. Kandungan hCG pada urin pertama di pagi hari akan lebih mudah untuk dicek.

Harga dan bentuk alat ini beragam. Ada yang berbentuk digital, ada pula yang berbentuk kertas. Anda juga tidak akan sulit menemukannya di apotek. Apotek pasti akan menawarkan beberapa jenis testpack yang mereka miliki. Jika ada yang kurang jelas, anda bisa menanyakannya pada apoteker.

[vna]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini