3 Maret: Lahirnya Alexander Graham Bell, Ilmuwan Penemu Telepon Pertama di Dunia

Rabu, 3 Maret 2021 06:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
3 Maret: Lahirnya Alexander Graham Bell, Ilmuwan Penemu Telepon Pertama di Dunia Alexander Graham Bell. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan dan penemu kelahiran Skotlandia yang terkenal karena menemukan telepon kerja pertama pada 1876 dan mendirikan Perusahaan Telepon Bell pada 1877.

Keberhasilan Bell datang melalui eksperimennya dengan suara, sekaligus melanjutkan minat keluarganya dalam membantu para tuna rungu dalam berkomunikasi. Ketertarikannya pada teknologi suara sangat bersifat pribadi, dikarenakan istri dan ibunya yang tuli.

Bell mendedikasikan sebagian besar pekerjaannya untuk meneliti serta membantu penyandang tuna rungu berkomunikasi. Selain telepon, Bell mengerjakan banyak penemuan lain termasuk detektor logam, pesawat terbang, dan hidrofoil — atau perahu "terbang".

Bell mendapatkan hak eksklusif atas teknologi telepon dan meluncurkan Bell Telephone Company pada 1877. Pada akhirnya, ilmuwan berbakat ini memiliki lebih dari 18 hak paten atas penemuan dan karyanya di bidang komunikasi.

Berikut cerita selengkapnya mengenai kisah hidup Alexander Graham Bell, sang penemu telepon melansir dari biography.com.

Baca Selanjutnya: Masa Kecil Alexander Graham Bell...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini