10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku, Hanya Butuh Modal Kecil

Selasa, 25 Agustus 2020 12:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku, Hanya Butuh Modal Kecil Ilustrasi es kopi jeli. ©Shutterstock

Merdeka.com - Saat ini, berbagai jenis usaha kuliner rumahan semakin bervariasi. Dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang beraneka ragam, jenis usaha kuliner yang paling laku sebagian besar didominasi oleh makanan dan minuman ringan. Kuliner yang cocok disantap sebagai camilan seperti risol, cireng, sempol ayam, aneka keripik dan minuman ringan seperti thai tea dan kopi adalah primadona dari dunia kuliner dewasa ini.

Selain sedang marak konsumsinya, usaha kuliner ringan seperti ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Jenis usaha kuliner yang paling laku ini juga dapat dikerjakan di rumah. Ditambah dengan pemanfaatan media sosial yang maksimal, berbagai jenis usaha kuliner dijamin akan mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Berikut 10 jenis usaha kuliner yang paling laku, yang bisa Anda terapkan. Hanya berbekal modal kecil dan dapat dilakukan dari rumah, 10 jenis usaha kuliner yang paling laku ini juga memiliki basis konsumen yang cukup besar.

2 dari 11 halaman

1. Frozen Food

Frozen food adalah salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini. Frozen food atau makanan beku seperti nugget, sosis, tempura, dimsum, bakso dan kentang sudah mulai familiar. Berbagai jenis makanan beku ini bisa dijadikan lauk maupun camilan sehari-hari. Harga yang ditawarkan pun saat ini telah lebih bervariasi, dari yang paling mahal hingga yang paling murah telah ada.

frozen food
Sumber: Brilio/Brilicious ©2020 Merdeka.com

Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan dan juga modal. Berjualan frozen food juga tidak membutuhkan banyak printilan. Anda hanya butuh kotak freezer dan lemari es untuk menaruh stok barang. Ditambah dengan beberapa lembar spanduk, pamflet dan promosi lewat media sosial, jenis usaha kuliner yang paling laku ini dapat Anda jalankan.

3 dari 11 halaman

2. Snack Kering

Snack kering adalah 10 jenis usaha kuliner yang paling laku lainnya. Snack kering yang bersifat tradisional maupun kekinian saat ini juga sedang marak di pasaran. Target pelanggannya pun kebanyakan anak-anak muda, sehingga promosi lewat media sosial adalah salah satu metode yang sangat tepat.

keripik singkongilustrasi keripik singkong, liputan6 ©2020 Merdeka.com

Snack kering berbumbu pedas adalah yang paling banyak dicari dan diminati. Sebut saja keripik singkong, kerupuk kulit, makaroni, mie lidi, seblak dan batagor kering, adalah beberapa contoh snack kering yang biasanya dijual dengan campuran bumbu pedas. Tampilan snack kering yang kemerahan ini sangat populer dan mengundang banyak pelanggan.

Selain menarik dan memiliki prospek pasaran yang bagus, Anda juga tidak perlu membuat sendiri aneka snack kering ini. Anda tinggal mencari pemasok atau bekerja sama dengan pembuat makanan ringan tersebut. Dengan teknik promosi yang tepat, dijamin snack-snack seperti ini akan segera diserbu pelanggan.

4 dari 11 halaman

3. Jajanan Pasar

Jajanan pasar adalah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku lainnya. Jajanan pasar berupa kue-kue basah akan selalu dicari, terutama di pagi dan sore hari. Pagi hari, kue-kue jajanan pasar biasa dikonsumsi untuk sarapan atau bekal bekerja. Di sore hari, jajanan pasar akan dicari untuk teman minum teh dan bercengkrama sepulang beraktivitas.

jajanan pasar©©2012 Merdeka.com

Usaha berjualan kue jajanan pasar juga tidak berarti Anda harus membuat sendiri semua kue-kue tersebut. Anda hanya perlu mencari pemasok. Hal yang harus Anda siapkan adalah tempat untuk berjualan dan sedikit promosi, terutama di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda.

5 dari 11 halaman

4. Minuman Kekinian

Minuman kekinian juga termasuk dalam 10 jenis kuliner yang paling laku saat ini. Minuman kekinian seperti es cokelat, thai tea, green tea, red velvet dan taro masih menjadi incaran banyak orang, terutama anak-anak dan remaja. Minuman-minuman ini seolah belum habis termakan tren. Karena sejak booming beberapa tahun belakangan, hingga kini minuman kekinian model ini masih bertahan dan menjamur di banyak tempat.

001 debby restu utomo©2018 The Spruce Eats

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha minuman kekinian juga tidak terlalu besar. Ini tergantung pada pemilihan bahan yang akan Anda gunakan, dan harga produk yang Anda patok. Hal yang paling penting adalah, sebelum menjalankan usaha ini terlebih dahulu lakukan analisis lapangan.

Mengamati perilaku konsumsi dan besaran pendapatan warga disekitar rumah Anda adalah hal yang harus dilakukan, guna menentukan standar harga dan kualitas minuman yang akan Anda jual. Lain halnya jika Anda memilih usaha minuman kekinian bersistem franchise, yang telah memiliki standarnya sendiri.

6 dari 11 halaman

5. Gorengan

Satu lagi dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dengan modal kecil adalah gorengan. Tak bisa dipungkiri gorengan adalah salah satu kuliner yang paling banyak diburu dan tidak akan ada matinya. Usaha kuliner yang dilakukan di rumah adalah salah satu jenis usaha kuliner terpraktis dan cukup menjanjikan prospeknya.

001 tantri setyorini©Wikimedia Commons/Sakurai Midori

Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi gorengan tidak perlu diragukan lagi. Aneka gorengan selain disantap sebagai cemilan juga dapat dijadikan lauk. Sebut saja tahu isi goreng, tempe mendoan goreng, dan bakwan sayur. Ketiganya adalah jenis gorengan yang wajib ada dalam setiap bisnis kuliner yang satu ini, yang bisa disantap sebagai camilan maupun lauk. Usaha kuliner juga tidak membutuhkan banyak modal.

7 dari 11 halaman

6. Risol Aneka Isi

Risol adalah salah satu dari 10 jenis usaha kuliner paling laku yang bisa Anda coba juga. Popularitas risol sebagai salah satu camilan yang paling banyak diburu juga belum ada matinya. Malah, semakin hari risol semakin banyak variasinya. Dari yang semula didominasi oleh rasa gurih, kini risol juga hadir dengan rasa manis yakni risol cokelat.

ilustrasi risol©Pixabay/mufidpwt

Risol aneka isi ini dapat Anda jual dalam bentuk mentah (frozen) maupun matang. Sebut saja risol mayo isi sosis, ham, tuna, risol sayur isi telur, risol isi keju mozarella, dan risol isi cokelat lumer yang dapat Anda jual. Cara membuat risol aneka isi ini juga tergolong mudah. Resepnya banyak bertebaran di internet. Dengan peluang pasar yang cukup menjanjikan, tidak ada salahnya Anda mencoba bisnis berjualan risol aneka isi.

8 dari 11 halaman

7. Healthy Snack

spring roll©2020 Merdeka.com

Satu lagi dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini adalah healthy snack. Healthy snack dapat berupa salad sayur, smoothie buah dan sayur, Vietnam spring roll, vegan oat bowl atau makanan-makanan vegan lainnya. Anda dapat menjalankan usaha kuliner makanan sehat ini dengan sistem pre order atau PO guna menjaga kesegaran bahan yang digunakan.

Vegetarian telah menjadi gaya hidup kekinian yang banyak dianut orang-orang. Selain itu, healthy snack seperti yang disebutkan di atas juga pasti diincar oleh orang-orang yang sedang diet menurunkan berat badan namun tetap ingin ngemil tanpa risiko. Untuk itu, bisnis kuliner healthy snack sangat cocok untuk dicoba.

9 dari 11 halaman

8. Kopi

ilustrasi kopi©2014 Merdeka.com/shutterstock/Sasilssolutions

Minuman kopi adalah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku lainnya. Saat ini, minum kopi seolah telah menjadi sebuah kebiasaan dan gaya hidup anak muda. Kedai-kedai kopi sangat banyak ditemui, masing-masing berusaha menampilkan ciri khas yang unik dan mudah dikenal.

Aneka kreasi kopi seperti kopi dengan gula aren, kopi rum, kopi regal dan kopi buah mulai bermunculan dan berkembang dengan cukup pesat. Membuka usaha kuliner dengan menjual kopi saat ini nampaknya dapat membawa keuntungan yang menjanjikan.

10 dari 11 halaman

9. Makanan Ringan

Makanan ringan seperti bakso bakar, sosis bakar, sempol, cilok dan cimol, cireng isi atau cilor adalah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang palig laku lainnya. Makanan-makanan ini sedang banyak diminati. Selain murah dan mengenyangkan, ragam jajanan yang disebutkan di atas juga enak di lidah.

ilustrasi cilok daging©Shutterstock

Tak hanya anak-anak yang doyan jajanan seperti bakso bakar dan cilok, tetapi juga orang dewasa. Berjualan bakso dan sosis bakar di rumah dapat menjadi peluang usaha bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan. Terlebih jika banyak anak kecil di sekitaran rumah Anda.

11 dari 11 halaman

10. Seblak

ilustrasi seblak©Shutterstock

Terakhir, Anda dapat mencoba jenis usaha kuliner seblak. Seblak termasuk dalam daftar 10 jenis usaha kuliner yang paling laku, terutama karena rasanya yang pedas dan teksturnya yang unik. Seblak digemari oleh anak-anak muda, sebagai camilan yang mengenyangkan. Membuka usaha seblak selain tidak membutuhkan modal yang besar, juga tidak membutuhkan keahlian memasak ala chef-chef restoran. Ini karena seblak mudah dibuat, dan bahan-bahan utamanya seperti kerupuk, jamur, sosis, bakso, makaroni juga gampang ditemukan.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini