RSUD Kudus Buka Layanan Pembuatan Kaki Palsu, Bisa Ditanggung BPJS

Jumat, 12 November 2021 17:17 Reporter : Shani Rasyid
RSUD Kudus Buka Layanan Pembuatan Kaki Palsu, Bisa Ditanggung  BPJS Kaki Palsu. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Akhir-akhir ini, kecelakaan lalu lintas makin sering terjadi. Berdasarkan video-video yang beredar di dunia maya, hampir setiap hari ada kabar mengenai kecelakaan di jalan raya. Yang paling menghebohkan adalah kasus kecelakaan artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri Ardiansyah. Salah satu dampak dari kecelakaan lalu lintas adalah patah tulang. Tak jarang patah tulang yang terjadi menyebabkan kaki harus diamputasi.

Hal itulah yang disadari oleh RSUD Loekmono Hadi Kudus. Mereka membuka layanan pembuatan kaki palsu menyusul tingginya kasus amputasi yang disebabkan karena faktor penyakit dan kecelakaan.

“Selama ini masyarakat yang hendak membuat kaki palsu harus ke Solo, sedangkan saat ini setelah kami perkenalkan, masyarakat cukup ke RSUD Loekmono Hadi Kudus sudah bisa mendapatkan pelayanan kaki palsu,” kata Direktur RSUD Loekmono Hadi, Abdul Aziz Achyar, dikutip dari ANTARA pada Jumat (12/11). Berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Telah Lewati Tahap Uji Coba

membuat kaki palsu
©2019 CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP

Achyar mengatakan, pembuatan kaki palsu itu telah melalui tahap uji coba pada pasien selama dua bulan. Setelah masa itu, pasien yang mendapatkan pelayanan pembuatan kaki palsu itu merasakan kenyamanan sehingga layanan itu dapat dibuka secara resmi. Untuk selanjutnya, RSUD Kudus berencana mengembangkan layanan tersebut dengan membuat bengkel pembuatan kaki palsu yang lebih besar.

“Kami tidak hanya mampu membuat kaki palsu. Tangan juga bisa kami buat. Kami juga sudah mencoba membuat sepatu kecacatan hingga korset untuk leher maupun punggung,” kata Achyar dikutip dari ANTARA.

Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi inovasi ini karena bisa membantu pasien-pasien yang cacat tubuh baik karena kecelakaan maupun sakit.

3 dari 3 halaman

Ditanggung oleh BPJS

berlatih gunakan kaki palsu©AFP PHOTO/Safin Hamed

Achyar mengatakan pembuatan kaki palsu bagi pasien yang membutuhkan nantinya akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan, sehingga bisa menjadi alternatif warga di Kudus dan kabupaten di sekitarnya untuk tidak perlu jauh-jauh ke Solo.

Sementara itu Suprapto, salah satu pasien pembuatan kaki palsu asal Blora mengaku senang karena akhirnya dia bisa mendapatkan kaki palsu untuk menunjang aktivitas sehari-harinya sebagai petani.

Ia mengatakan, kaki sebelah kirinya terpaksa diamputasi karena mengalami infeksi akibat tertusuk paku. Sedangkan dia mengalami diabetes sehingga dalam waktu dua hari kakinya mengalami bengkak dan harus diamputasi di RSUP Kariadi Semarang.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini