Anti Bau, Peternakan Kambing di Solo Ini Bersih dan Sejuk

Minggu, 27 November 2022 17:15 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Anti Bau, Peternakan Kambing di Solo Ini Bersih dan Sejuk Peternakan Kambing di Solo Ini Bikin Betah, Bersih, Rapi dan Sejuk. ©2022 YouTube Capcapung/ Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah peternakan kambing baru-baru ini berhasil mencuri perhatian. Betapa tidak, tata letak di lokasi itu begitu modern dan terawat. Hal ini membuat siapa saja yang berkunjung menjadi betah.

Terpantau, di kandang yang dikelola oleh Jingkrak Farm, wilayah Kaliwuni, Kota Solo, Jawa Tengah ini begitu tampak bersih dan rapi, karena selalu dijaga oleh pihak pengelola.

Demi kenyamanan peternak dan kambing peliharaan, di beberapa area kandang juga dipasang alat penyejuk sebagai ciri khas dari peternakan Jingkrak Farm.

Penasaran dengan kandangan kambing tersebut? Berikut informasi selengkapnya, yang berhasil dirangkum Merdeka, Minggu (27/11).

2 dari 4 halaman

Menjaga Sterilisasi Kandang

peternakan kambing di solo ini bikin betah bersih rapi dan sejuk
©2022 YouTube Capcapung/ Merdeka.com

Pengurus Peternakan Domba Jingkrak Farm, Senen mengatakan bahwa lokasi peternakannya selalu menjaga sterilisasi kendang. Hal ini akan menghindari penumpukan kotoran, yang menimbulkan aroma tidak sedap.

Menurut Senen, di bagian bawah kendang, kotoran akan tertampung di jaring kemudian dilokalisir ke pipa sehingga tidak jatuh ke mana-mana. Pihaknya pun selalu membersihkan kendang dari kotoran kambing setiap hari.

“Jadi konsepnya di sini pakai kayu, bukan baja ringan supaya tidak licin. Di bagian bawah kandang juga kami siapkan jaring supaya masuk ke paralon. Dan di sini, setiap hari kotoran itu diambilin (dibersihkan) supaya tidak mengganggu lingkungan” ujar Senen, dikutip dari kanal YouTube Capcapung

peternakan kambing di solo ini bikin betah bersih rapi dan sejuk
©2022 YouTube Capcapung/ Merdeka.com
3 dari 4 halaman

Terdapat Lapangan Rumput Rapi

peternakan kambing di solo ini bikin betah bersih rapi dan sejuk

©2022 YouTube Capcapung/ Merdeka.com

Selain keberadaan kandang yang tertata, pengelola juga menjadikan area depan kandang sebagai lapangan mini dengan penataan rumput hijau yang rapi.

Menurut Senen, lokasi kandang domba Jingkrak ini kerap didatangi oleh pengunjung yang ingin belajar, hingga praktek. Namun untuk saat ini, kuotanya dibatasi lantaran sejumlah kandang sedang direnovasi.

Lokasi sekitar juga dijaga, agar tetap sejuk melalui semprotan embun tipis agar domba dan peternak di sana merasa nyaman.

“Kalau embun ini supaya sejuk, kambing dan peternaknya juga nyaman saat di kandang” kata Senen, melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Fokus di Breeding

peternakan kambing di solo ini bikin betah bersih rapi dan sejuk
©2022 YouTube Capcapung/ Merdeka.com

Peternakan domba Jingkrak sendiri menurut Senen hanya fokus di ranah breeding. Dalam istilah peternakan, breeding merupakan upaya mengatur pola kawin, penentuan bibit, menjaga kemandulan, kehamilan serta kelahiran.

Menurut Senen, saat ini jumlah dombanya sudah mencapai 450 an ekor, dari yang mulanya hanya 12 ekor.

Terdapat delapan jenis domba yang dibudidayakan di tempatnya, seperti Merino, Dorper, Boer, Gibas, Garut, Texel, Saneen dan Jawa Randu

“Kalau soal kandang, sebisa mungkin dibuat yang bagus, dan kalau tidak ada bisa nyicil terlebih dahulu. Paling penting di sini itu pakai kayu agar tidak licin” tandas Senen

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini