Peristiwa 29 November: Lahirnya FC Barcelona, Ketahui Sejarah Lengkapnya

Senin, 29 November 2021 05:00 Reporter : Jevi Nugraha
Peristiwa 29 November: Lahirnya FC Barcelona, Ketahui Sejarah Lengkapnya Barcelona. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Tepat hari ini, 29 November 1899 silam, sebuah klub sepak bola dari Provinsi Katalunya, Spanyol lahir. Klub Futbol Club Barcelona tersebut, menjadi salah satu klub raksasa yang terus menorehkan prestasi. Tak hanya sering meraih gelar juara, klub berjuluk Blaugrana itu juga melahirkan para pesepak bola hebat dan menjadi legenda.

Adapun generasi pertama yang bermain untuk Barcelona adalah Walter Wild, Lluis d'Osso, Bartomeu Terradas, Enric Ducal, Pere Cabot, Otto Kunzle, Otto Maier, Carles Pujol, Josep Llobet, John Parsons, dan William Parsons, sementara Gamper menjadi kapten tim. Melalui beberapa pemain tersebut, Barca berhasil menjadi klub sepak bola yang diperhitungkan di kancah domestik maupun internasional.

Di balik kesuksesannya, tentu saja FC Barcelona memiliki sejarah panjang yang wajib diketahui para penggemarnya. Berikut sejarah berdirinya FC Barcelona yang merdeka.com rangkum dari Liputan6.com:

2 dari 3 halaman

Sejarah FC Barcelona

barcelona psg
©Reuters

Barcolana yang lahir pada 29 November 1899 ini dibentuk oleh Hans Gamper. Pembentukan FC Barcelona berawal ketika Gamper menaruh iklan di koran Los Deportes pada Oktober 1899, di mana ia ingin mendirikan klub sepak bola dengan mencari pemain berbakat dan professional. Dari iklan tersebut, Gamper mengumpulkan 11 pemain dan terbentuk klub yang saat itu bernama Foot-Ball Club Barcelona.

Tak butuh waktu lama, Barca langsung menuai sukses di era kompetisi regional, yaitu Campionat de Catalunya dan Copa del Rey. Pada tahun 1902, Barca memenangi trodi pertama di tahun 1902, yaitu Copa Macaya.

Perjalanan Barcelona tak selalu mulus. Los Blaugrana sempat dirundung masalah finansial usai menjadi juara Campionat de Catalunya musim 1904-1905.Tiga tahun tanpa gelar dan terus mendapat masalah keuangan, akhirnya Joan Gamper yang menjadi pendiri Barcelona ditunjuk menjadi presiden klub.

Kemudian pada era 1910-an, Barca pun menjadi simbol dari daerah Catalan, yang mereka pertahankan hingga sekarang. Tentu saja kesuksesan Barca tentu tidak lepas dari peran penting seorang Joan Gamper. Tidak hanya mengantarkan Barca terus meraih juara, pria asal Swiss ini juga menyelamatkan Barca dari kebangkrutan dan membangun stadion baru bagi Barcelona.

3 dari 3 halaman

Pergantian Nama

lionel messi resmi tinggalkan barcelona
©REUTERS/Sergio Perez/File Foto

Perang sipil yang terjadi pada tahun 1930-an, berpengaruh besar bagi klub Barcelona. Di mana simbol Catalan sempat dilarang dan Barcelona dianggap sebagai ancaman. Setelah peristiwa itu, mereka pun terpaksa harus mengubah nama mereka menjadi Club de Futbol Barcelona.

Barca kembali bangkit menorehkan beberapa prestasi pada era 1950-an, termasuk meraih tiga trofi Liga Spanyol di akhir 1940-an. Pada era ini, Barca diperkuat oleh sejumlah pemain kunci, seperti Laszlo Kubala, Luis Suarez, Sandor Kocsis, dan Zoltan Czibor. Tak hanya itu, mereka juga berhasil melaju ke final Europan Cup atau Liga Champions untuk pertama kali pada tahun 1961.

Meski begitu, jika dibandingkan dengan rivalnya, Real Madrid, prestasi Barcelona masih kalah, terutama pada tahun 1960-an. Tak butuh waktu lama, klub ini kembali berganti nama, yakni Futbol Club Barcelona atau FC Barcelona.

Kesuksesan Barcelona

Pada tahun 2003, Joan Laporta ditunjuk sebagai presiden baru sekaligus menandai era kebangkitan El Barca. Kehadiran pelatih Frank Rijkaard, juga menjadi puncak kesuksesan Barca pada pertengahan tahun 2000-an. Saat itu, lulusan La Masia seperti Carles Puyol, Andres Iniesta dan Xavi Hernandes, membuat Barca semakin tak terkalahkan.

Di samping itu, kehadiran seorang Lionel Messi juga menjadi catatan penting dalam sejarah Barcelona. Messi kemudian berkembang jadi pemain terbaik Barcelona dan juga di dunia, bahkan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Pada tahun 2008, Pap Guardiola ditunjuk sebagai pelatih baru dan mampu membawa Barcelona meraih 6 trofi, termasuk La Liga, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini