Peristiwa 14 Oktober: Kelahiran Jenderal Hoegeng, Polisi Jujur dan Pemberani

Kamis, 14 Oktober 2021 06:00 Reporter : Jevi Nugraha
Peristiwa 14 Oktober: Kelahiran Jenderal Hoegeng, Polisi Jujur dan Pemberani Hoegeng. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - Hoegeng Imam Santoso atau lebih dikenal dengan Jenderal Hoegeng adalah salah seorang putra terbaik bangsa Indonesia. Tidak hanya disegani di kalangan kepolisian Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-5 ini juga begitu dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Sepanjang hidupnya, pria kelahiran Pekalongan, 14 Oktober 1921 ini, dikenal sebagai polisi yang jujur, tegas, sederhana, dan berani. Demi menjaga integritas sebagai Kapolri, Jenderal Hoegeng rela hidup sederhana dan pas-pasan. Di bawah kepemimpinannya, para pelaku kejahatan tidak berani berkutik.

Sayangnya, karena sikap tegas dan keberaniannya tersebut, justru membuat Hoegeng diberhentikan dari jabatannya oleh Presiden Soeharto. Tentu saja, pemberhentian Hoegeng ini menyisakan sejumlah tanda tanya besar karena masa jabatannya sebagai Kapolri saat itu belum habis.

Lantas, seperti apa perjalanan Jenderal Hoegeng yang dikenal jujur dan pemberani ini? Simak ulasannya yang merdeka.com rangkum dari Liputan6.com:

Baca Selanjutnya: Riwayat Pendidikan Jenderal Hoegeng...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini