Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pengertian Iklim Tropis dan Subtropis, Ketahui Karakteristiknya

Pengertian Iklim Tropis dan Subtropis, Ketahui Karakteristiknya Ilustrasi Hutan Hujan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Seperti diketahui, setiap negara mempunyai jenis iklim yang berbeda-beda. Mulai dari iklim tropis, sub tropis, iklim sedang, hingga iklim kutub. Masing-masing jenis iklim ini tentu mempunyai ciri khas tersendiri yang mempengaruhi bagaimana kondisi alam di negara tersebut.

Misalnya, Indonesia yang memiliki iklim tropis biasanya mempunyai suhu udara yang tinggi karena selalu mendapatkan sinar matahari, curah hujan tinggi yang lebih sering dibandingkan daerah lain, serta suhu udara yang lebih hangat dengan suhu rata-rata tahunan mencapai 30 derajat celcius. Kondisi alam di Indonesia ini tentu berbeda dengan negara-negara yang memiliki jenis iklim lain, termasuk subtropis.

Antara iklim tropis dan subtropis memang memiliki penyebutan nama yang hampir sama, namun kedua jenis iklim ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Perbedaan tropis dan subtropis dalam sistem iklim dapat dilihat dari berbagai hal. Seperti letak astronomis dan geografisnya, suhu rata-rata yang dimiliki, hingga persebaran vegetasi yang ada.

Sebagai salah satu negara yang memiliki iklim tropis, penting untuk mengetahui seperti apa pengertian iklim tropis dan subtropis serta perbedaannya dalam sistem iklim. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana sistem iklim dapat dapat terbentuk dengan berbagai komponen yang mempengaruhinya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kami merangkum pengertian iklim tropis dan subtropis serta karakteristiknya yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Iklim dan Komponennya

ilustrasi iklim subtropis

petapixel.com

Pengertian iklim

Sebelum mengetahui pengertian iklim tropis dan subtropis serta karakteristiknya, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan iklim. Iklim merupakan cuaca rata-rata di suatu tempat selama bertahun-tahun. Berbeda dengan cuaca yang dapat berubah-ubah dengan cepat, iklim cenderung stabil dan bersifat tetap. Butuh ratusan, ribuan, hingga jutaan tahun bagi iklim untuk berubah. Sehingga tidak heran jika di masing-masing negara memiliki kondisi alam yang tetap berdasarkan jenis iklim yang dimiliki.

Komponen sistem iklim

Setelah mengetahui pengertian iklim secara umum, berikutnya perlu dipahami komponen apa saja yang berperan dalam pembentukan sistem iklim. Dalam hal ini, iklim bergantung pada berbagai faktor alam yang bekerja sama dan saling terkait untuk membentuk iklim di suatu tempat. Beberapa komponen pembentuk sistem iklim beserta fungsinya yaitu sebagai berikut :

Cryosphere (salju dan es): berfungsi mendinginkan Bumi dengan memantulkan sinar matahari yang masuk, membatasi berapa banyak panas yang diserap oleh permukaan. Atmosfer (udara): berfungsi mengisolasi Bumi dengan menjebak panas dan mengangkut panas dan uap air. Litosfer (tanah padat): berfungsi menyerap energi matahari, memancarkan panas dan menyimpan karbon. Sedangkan benua dan bentang alam membantu mengarahkan arus laut dan angin. Biosfer (makhluk hidup): terdapat berbagai organisme yang mengambil karbon dan menukarnya dengan atmosfer dan laut. Hidrosfer (air): lautan menyerap panas dan karbon, mengangkutnya ke seluruh planet dan secara alami mengontrol CO2 di atmosfer.

Pengaruh Laut Terhadap Iklim

ilustrasi laut di kanada

©shutterstock.com/Sam DCruz

Sebelum masuk pada pembahasan pengertian tropis dan subtropis dalam sistem iklim, hal yang tak kalah penting untuk diketahui bahwa laut mempunyai peranan besar dalam mengontrol iklim yang ada di bumi.

Laut berperan sebagai tombol kontrol, menyerap atau melepaskan karbon dan panas sebagai respons terhadap perubahan di atmosfer. Diperlukan waktu ribuan tahun bagi lautan untuk menyerap kelebihan CO2 di atmosfer saat ini.

Secara umum, karbon terus bergerak di antara lautan, atmosfer, biosfer, dan komponen lain pembentuk sistem iklim. Pertukaran karbon secara alami antara komponen-komponen ini mempengaruhi karbon dioksida di atmosfer sehingga dapat membuat suhu bumi stabil.

Namun, berbagai aktivitas manusia yang melibatkan pembakaran bahan fosil menyebabkan lepasnya karbon ke atmosfer lebih cepat dari proses alaminya. Hal inilah yang menjadi faktor penyebab ketidakseimbangan siklus karbon di bumi.

Pengertian Iklim Tropis dan Subtropis dan Karakteristiknya

ilustrasi hutan

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Aleksander Bolbot

Iklim tropis

Setelah mengetahui pengertian umum dari iklim dan berbagai komponen pembentuknya, berikutnya akan dijelaskan mengenai pengertian iklim tropis dan subtropis yang ada di bumi. Iklim tropis merupakan kondisi suhu rata-rata bumi didasarkan pada posisi matahari berubah-ubah di atas garis ekuator dalam periode satu tahun. Biasanya iklim tropis terjadi di beberapa wilayah dengan garis lintang astronomis terletak di posisi 23,5º LU dan 23,5º LS.

Daerah yang memiliki iklim tropis mempunyai suhu rata-rata per hari lebih tinggi dibanding jenis iklim lainnya. Hal ini tidak lain disebabkan oleh posisi garis lintang yang terletak di sekitar garis ekuator. Rata-rata suhu panas di iklim tropis lebih dari 20 derajat Celcius, sedangkan suhu terdingin hanya sekitar 18 derajat Celcius.

Tidak heran, jika negara-negara beriklim tropis hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Namun iklim ini juga sering kali mendapat pengaruh dari iklim ekstren seperti fenomena El Nino dan La Nina.

Jenis vegetasi iklim tropis

Iklim tropis yang mendapatkan sinar matahari lebih banyak dengan suhu rata-rata yang lebih panas juga mempengaruhi persebaran vegetasi di wilayahnya. Negara beriklim tropis biasanya memiliki tanaman padi, tebu, kopi, pisang, cokelat, palawija, dan kelapa yang tumbuh dengan subur. Selain itu, negara iklim tropis juga memiliki persebaran hutan hujan tropis yang luas, serta hutan mangrove dan ekosistem padang.

Zona persebaran iklim tropis

Terdapat beberapa negara yang memiliki iklim tropis yaitu sebagai berikut :

Asia Tenggara : seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Timor Leste. Asia Selatan : seperti India, Srilanka, dan Maladewa. Asia Timur : seperti Hongkong. Amerika Selatan : seperti Brasil, Meksiko, Ekuador, Kolombia, Peru, Bolivia, dan Panama. Afrika : seperti Kenya, Nigeria, Tanzania, Kamerun, dan Chad.

Iklim subtropis

Terakhir adalah iklim subtropis. Hal yang membedakan iklim tropis dan subtropis tidak lain adalah letak garis lintangnya. Wilayah yang memiliki iklim subtropis biasanya berada di bagian utara dan selatan garis ekuator, tepatnya di garis lintang 23,5º-66,5ºLU sampai dengan 23,5º-66,6º LS. Dengan posisi garis lintang tersebut, beberapa negara beriklim subtropis mengalami empat musim, yaitu musim salju, semi, panas, dan dingin. Karena memiliki empat musim, kawasan beriklim subtropis biasanya mempunyai suhu dan kelembapan minimal dan maksimal.

Pada musim panas, negara beriklim subtropis mengalami kemarau yang sangat kering, sedangkan di musim dingin suasananya menjadi lembap dan basah. Di musim panas, suhu rata-rata bisa mencapai lebih dari 30 derajat Celcius, sedangkan di musim dingin suhunya mencapai -3 dan tidak lebih dari 18 derajat Celcius.

Jenis vegetasi iklim subtropis

Jenis vegetasi di negara beriklim subtropis biasanya banyak tumbuh subur jagung, padi, kapas, gandum, dan apel. Negara subtropis juga memiliki jenis hutan heterogen serta terdapat ekosistem gurun yang memiliki padang rumput.

Zona persebaran iklim subtropis

Berdasarkan posisi garis lintangnya, terdapat beberapa negara yang dilalui iklim subtropis yaitu sebagai berikut :

Asia Tengah Asia Barat Eropa Amerika Selatan Australia Afrika

(mdk/ayi)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
image Rekomendasi
Romantis Bikin Baper, Pria Tua Ini Temani Sang Istri Memasak Sambil Memetik Getir Bawakan Lagu 'Antara Benci Dan Rindu'

Romantis Bikin Baper, Pria Tua Ini Temani Sang Istri Memasak Sambil Memetik Getir Bawakan Lagu 'Antara Benci Dan Rindu'

Momen romantis seorang suami yang temani istrinya memasak di dapur dengan sebuah lagu romantis sambil main gitar.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Penghormatan untuk Perwira Tinggi Polri, Satu Komjen Didampingi Sang Istri Mantan Presenter TV

Penghormatan untuk Perwira Tinggi Polri, Satu Komjen Didampingi Sang Istri Mantan Presenter TV

Berikut momen Komjen didampingi sang istri mantan presenter TV berikan penghormatan untuk perwira tinggi Polri.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Jenis Kucing Persia jadi Hewan Peliharaan paling Menggemaskan, Kenali Ciri Khas Fisiknya

Jenis Kucing Persia jadi Hewan Peliharaan paling Menggemaskan, Kenali Ciri Khas Fisiknya

Kucing persia biasanya memiliki wajah bulat dan juga hidung pesek yang membuat mereka menggemaskan.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
90 Teka-teki Kocak Beserta Jawabannya, Dijamin Bikin OtakBerpikir Keras

90 Teka-teki Kocak Beserta Jawabannya, Dijamin Bikin OtakBerpikir Keras

Kumpulan teka-teki lucu dan gombal beserta jawabannya.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
10 Potret Terbaru Chelsea Islan Ramai Disebut Makin Gemoy, Netizen 'Lagi Hamil?'

10 Potret Terbaru Chelsea Islan Ramai Disebut Makin Gemoy, Netizen 'Lagi Hamil?'

Penampilan terbaru Chelsea Islan sukses mencuri perhatian. Tubuhnya kini semakin berisi

Baca Selengkapnya icon-hand
Mengenal Sejarah Jamu Jawa, Obat Tradisional Warisan Leluhur yang Kini Hampir Punah

Mengenal Sejarah Jamu Jawa, Obat Tradisional Warisan Leluhur yang Kini Hampir Punah

Pemanfaatan jamu sebagai obat tradisional sudah dilakukan sejak era Kerajaan Mataram Kuno

Baca Selengkapnya icon-hand
Pengertian Pancasila dan Fungsinya, Perlu Diketahui

Pengertian Pancasila dan Fungsinya, Perlu Diketahui

Dengan memahami apa itu Pancasila, seseorang bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Viral Momen Wanita Kaget Ternyata Tidur Bareng Ular, Bikin Bergidik Ngeri

Viral Momen Wanita Kaget Ternyata Tidur Bareng Ular, Bikin Bergidik Ngeri

Video ular masuk ke dalam kamar curi perhatian. Wanita ini begitu kaget saat tahu tidur bareng ular.

Baca Selengkapnya icon-hand
35 Pantun Lucu Penghibur Suasana Genting, Bisa Redam Emosi dan Bikin Pertemanan Semakin Akrab

35 Pantun Lucu Penghibur Suasana Genting, Bisa Redam Emosi dan Bikin Pertemanan Semakin Akrab

Pantun lucu yang dilontarkan bisa meredam dan mencairkan suasana yang sedang genting.

Baca Selengkapnya icon-hand
Dulunya Jadi Saksi Kejayaan Perdagangan Rempah, Ini Sejarah 5 Pelabuhan Kuno di Pesisir Pantura Jawa Tengah yang Masih Eksis Hingga Kini

Dulunya Jadi Saksi Kejayaan Perdagangan Rempah, Ini Sejarah 5 Pelabuhan Kuno di Pesisir Pantura Jawa Tengah yang Masih Eksis Hingga Kini

Pada masanya pelabuhan-pelabuhan itu ramai oleh aktivitas perdagangan. Sekarang beberapa di antaranya telah hilang karena proses alam.

Baca Selengkapnya icon-hand
Guru SD di Semarang Berhasil Buka Usaha Warung Seblak, Omzetnya Capai Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Guru SD di Semarang Berhasil Buka Usaha Warung Seblak, Omzetnya Capai Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

Ia berharap, usahanya itu bisa menginsipirasi banyak orang.

Baca Selengkapnya icon-hand
70 Ucapan Selamat Menikah agama Islam, Bisa Dijadikan Doa terbaik dan Penuh Kesan Mendalam

70 Ucapan Selamat Menikah agama Islam, Bisa Dijadikan Doa terbaik dan Penuh Kesan Mendalam

Ucapan selamat menikah juga bisa menjadi doa. Dalam Islam, doa menjadi salah satu bentuk permohonan paling mujarab bagi seorang hamba kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya icon-hand