Mengenal Revenge Bedtime Procrastination, Ketahui Berbagai Dampaknya

Rabu, 11 Mei 2022 19:21 Reporter : Ayu Isti
Mengenal Revenge Bedtime Procrastination, Ketahui Berbagai Dampaknya Ilustrasi begadang. ©Shutterstock/ Graur Razvan

Merdeka.com - Memiliki aktivitas harian yang padat memang melelahkan. Apalagi jika Anda mengambil waktu lembur untuk mengerjakan tugas-tugas kantor yang menumpuk. Tentu hal ini akan membuat tubuh Anda semakin lelah setelah pulang bekerja.

Bukan hanya membuat tubuh lelah, kerja lembur juga sering kali mengurangi waktu Anda untuk bersantai sepulang kerja. Alih-alih segera tidur Anda memilih untuk tetap bangun sementara waktu dan melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan “me time”. Akibatnya, Anda tidur terlalu larut malam sehingga kebutuhan istirahat tidak terpenuhi dengan baik dan optimal.

Jika Anda sering mengalami hal ini, maka Anda termasuk orang yang senang melakukan revenge bedtime procrastination. Revenge bedtime procrastination atau sering disebut juga dengan sleep procrastination adalah kebiasaan di mana Anda sering mengorbankan waktu tidur untuk menikmati waktu bersantai setelah beraktivitas.

Meskipun hal yang wajar, namun sikap balas dendam dengan begadang ini tidak baik jika dilakukan secara terus menerus. Dilakukan satu kali saja dapat memberikan pengaruh pada kesehatan fisik dan kebugaran Anda, terlebih jika dilakukan hampir setiap hari.

Dengan begitu, penting bagi Anda untuk memahami apa yang dimaksud dengan revenge bedtime procrastination, apa saja penyebab dan dampaknya. Dilansir dari WebMD, berikut kami merangkum penjelasannya untuk Anda.

2 dari 4 halaman

Mengenal Revenge Bedtime Procrastination

Revenge bedtime procrastination adalah sikap di mana Anda mengorbankan waktu tidur di malam hari untuk melakukan berbagai kegiatan demi mendapatkan “me time” setelah beraktivitas. Ini bukan suatu hal yang baru, sebelumnya sudah ada konsep yang disebut dengan penundaan waktu tidur atau pembalasan begadang.

Dalam hal ini, para peneliti memiliki beberapa teori yang menjelaskan kecenderungan penyebab seseorang melakukan revenge bedtime procrastination. Pertama, seseorang yang cenderung melakukan ini adalah orang yang tergolong night owl yang hidup di early bird.

Selain itu, orang yang melakukan penundaan tidur karena ingin mencari penghilang stres setelah melakukan aktivitas harian yang padat dan sibuk. Teori lain berasumsi, orang yang sering begadang dan menunda tidur bisa jadi karena ingin menunda melakukan hal-hal penting.

Bagaimana pun, begadang tidak baik untuk kesehatan karena dapat memberikan pengaruh pada penurunan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang menurun tentu menjadi faktor penyebab Anda semakin rentan tertular penyakit. Dengan begitu, usahakan untuk selalu mendapatkan durasi dan kualitas tidur yang baik.

3 dari 4 halaman

Dampak bagi Kesehatan

Setelah mengetahui pengertian umum dan penyebabnya, berikutnya akan dijelaskan tentang dampak apa saja yang akan terjadi ketika Anda melakukan revenge bedtime procrastination. Secara umum, orang dewasa membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam tidur setiap malam. Sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan durasi tidur yang lebih banyak dari orang dewasa.

Melakukan penundaan tidur atau begadang, dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya fisik, namun ini juga berpengaruh pada kondisi mental dan emosional Anda sehari-hari. Berikut beberapa dampak revenge bedtime procrastination yang perlu Anda ketahui:

  • Tubuh terasa lelah
  • Berpikir lebih lambat
  • Kurang fokus dalam melakukan sesuatu
  • Memori atau ingatan yang lebih buruk
  • Pengambilan keputusan yang salah
  • Stres, kecemasan, dan mudah tersinggung atau mudah kesal

Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti:

  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Kegemukan atau obesitas
  • Sistem kekebalan tubuh lebih lemah
  • Masalah terkait hormon
  • Sakit yang berkelanjutan atau tak kunjung sembuh
  • Kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan

Kurang tidur dalam jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko kematian lebih awal karena berbagai penyakit tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Tidur yang Cukup

Setelah memahami dampak kesehatan dari revenge bedtime procrastination, terakhir terdapat beberapa cara yang perlu Anda lakukan agar bisa mendapatkan durasi dan kualitas tidur yang baik. Tentu hal ini tidak mudah bagi Anda yang sudah terbiasa begadang.

Namun, jika dilakukan secara rutin dan konsisten, cara ini dapat membantu Anda dalam membangun kebiasaan tidur yang baik. Berikut beberapa cara mendapatkan tidur cukup yang bisa Anda praktikkan:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini