Mengenal Jenis-jenis Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa, Perlu Diketahui

Rabu, 13 Januari 2021 16:15 Reporter : Jevi Nugraha
Mengenal Jenis-jenis Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa, Perlu Diketahui Ilustrasi vaksin. ©Shutterstock.com/baitong333

Merdeka.com - Setiap orang selalu menginginkan memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit sejak dini ialah vaksinasi. Tak hanya untuk anak-anak, ternyata vaksinasi juga dibutuhkan oleh orang dewasa.

Melansir dari Healthline, vaksinasi adalah proses pemberian vaksin dengan cara disuntikkan maupun diteteskan ke dalam mulut untuk produksi antibodi. Vaksinasi bertujuan untuk menangkal berbagai macam penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Di Indonesia, ada beberapa jenis vaksin yang wajib diberikan setelah lahir, seperti hepatitis B, DPT untuk difteri, tetanus, polio, dan pertusis, BCG untuk mencegah tuberkulosis, serta MR untuk rubella. Oleh karena itu, bagi seseorang yang belum mendapatkan vaksin tersebut, segera untuk melakukan vaksinasi.

Apabila sudah mendapatkan beberapa jenis vaksin tersebut, orang dewasa bisa melakukan jenis vaksin lainnya. Berikut ini beberapa jenis vaksin yang dibutuhkan orang dewasa yang merdeka.com lansir dari Healthline:

Baca Selanjutnya: Vaksin HPV (Human Papillomavirus)...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini