Manfaat Mendengarkan Musik saat Belajar, Meningkatkan Mood dan Motivasi

Jumat, 8 Oktober 2021 17:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Manfaat Mendengarkan Musik saat Belajar, Meningkatkan Mood dan Motivasi Ilustrasi mendengarkan musik. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan sehari-hari. Kegiatan ini dapat memberikan relaksasi tersendiri. Dengan mengikuti irama dan lagu yang dinyanyikan, aktivitas ini dapat mengurangi rasa lelah dan penat setelah melakukan aktivitas seharian. Tidak heran, jika banyak orang gemar mendengarkan musik di waktu santai.

Bukan hanya itu, sebagian orang bahkan mendengarkan musik sambil mengerjakan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah mendengarkan musik sambil belajar. Kegiatan ini memang sering kali dilakukan oleh para pelajar. Terutama saat melakukan kegiatan belajar di rumah.

Selain menyenangkan, ternyata terdapat beberapa manfaat mendengarkan musik saat belajar yang bisa didapatkan. Mendengarkan musik saat belajar dinilai dapat meningkatkan mood belajar dengan lebih baik. Selain itu, manfaat mendengarkan musik saat belajar juga dapat meningkatkan fokus dan membantu mengingat informasi baru.

Meskipun begitu, aktivitas mendengarkan musik saat belajar juga dapat memberikan beberapa efek negatif. Di mana Anda mungkin lebih sibuk memilih lagu yang akan diputar dan menikmatinya lebih lama dibandingkan kegiatan belajar yang sedang dilakukan. Lalu bagaimana tips agar mendengarkan musik dapat mendukung kegiatan belajar yang lebih baik.

Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum manfaat mendengarkan musik saat belajar, efek negatif, dan beberapa tips yang perlu diperhatikan.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Motivasi

ilustrasi belajar
©2021 Merdeka.com

Manfaat mendengarkan musik saat belajar yang pertama yaitu dapat meningkatkan motivasi. Sebagian dari Anda tentu mengalami rasa malas saat harus menyelesaikan tugas sekolah di malam hari. Terlebih lagi ketika seharian beraktivitas secara penuh, pasti tubuh ingin segera beristirahat tanpa beban apapun. Namun di satu sisi akan menjadi masalah di keesokan harinya, ketika tugas sekolah tidak segera dikerjakan.

Dalam hal ini, Anda bisa meningkatkan motivasi belajar dengan mendengarkan musik. Berdasarkan penelitian, mendengarkan musik saat belajar dapat memberikan semangat atau motivasi tersendiri. Di mana kegiatan belajar akan terasa lebih menyenangkan ketika dilakukan sambil mendengarkan musik yang disukai. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan tugas sekolah dengan lebih semangat.

Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat mendengarkan musik saat belajar juga dapat meningkatkan suasana hati. Dalam hal ini, musik dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih riles dan bekerja lebih efektif. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan mood atau suasana hati yang lebih baik.

Ketika Anda mengalami rasa malas ketika harus belajar, mendengarkan musik menjadi salah satu cara yang patut dicoba. Berdasarkan penelitian, kondisi suasana hati yang baik dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik pula.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Fokus

ilustrasi mendengarkan musik©2019 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat mendengarkan musik saat belajar ternyata juga membantu meningkatkan fokus otak. Berdasarkan studi pada 2007, mendengarkan musik-musik klasik dapat membantu otak menyerap dan menafsirkan informasi baru dengan lebih mudah. Dengan mendengarkan musik, Anda juga dapat memproses lebih banyak informasi yang diterima oleh otak.

Ketika Anda mengalami kesulitan memahami materi baru, belajar sambil mendengarkan musik dapat membantu Anda memahami materi dengan lebih mudah. Tentu ini merupakan salah satu cara menarik untuk membuat aktivitas belajar menjadi lebih menyenangkan.

Membantu Mengingat Informasi Baru

Manfaat mendengarkan musik saat belajar yang terakhir yaitu dapat membantu meningkatkan daya ingat terhadap informasi baru. Menurut studi pada 2014, mendengarkan musik dapat membantu orang dewasa yang lebih tua atau lansia, melakukan tugas memori dan pemrosesan informasi yang lebih baik.

Penelitian ini juga menemukan bahwa jenis musik tertentu dapat membantu meningkatkan kemampuan menghafal dan fungsi kognitif lainnya. Ketika Tentu manfaat ini sangat berguna bagi pelajar yang akan menghadapi ujian. Anda bisa mendengarkan musik sambil belajar untuk meningkatkan daya ingat akan materi-materi yang dipelajari.

4 dari 5 halaman

Efek Negatif Mendengarkan Musik saat Belajar

musikshutterstock

Meskipun terdapat beberapa manfaat mendengarkan musik saat belajar yang bisa didapatkan, namun hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Sebagian pelajar mungkin tidak masalah atau bahkan kegiatan belajar semakin terbantu ketika mendengarkan musik, tetapi bagi sebagian pelajar lain ini bisa jadi hal yang mengganggu.

Bagi pelajar yang tidak bisa belajar sambil mendengarkan musik, mungkin mengalami beberapa efek negatif. Di mana mendengarkan musik dapat mengalihkan perhatian, sehingga konsentrasi akan terpecah dan sulit untuk belajar dengan fokus. Selain itu, mendengarkan musik saat belajar juga dapat mengurangi kapasitas memori kerja untuk memproses informasi.

Bukan hanya itu, bagi sebagian orang mendengarkan musik saat belajar justru dapat menurunkan pemahaman membaca. Sehingga ketika mempelajari materi-materi baru, proses pemahaman materi tidak akan optimal karena gangguan suara yang didapatkan selama mendengarkan musik.

5 dari 5 halaman

Tips Mendengarkan Musik saat Belajar

Setelah mengetahui beberapa manfaat mendengarkan musik saat belajar dan beberapa efek negatifnya, tentu Anda ingin tahu bagaimana caranya agar mendengarkan musik dapat mendukung kegiatan belajar yang lebih baik. Dalam hal ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Hindari mendengarkan musik dengan lirik. Hal ini dapat memecah konsentrasi Anda saat belajar, sehingga Anda akan terganggu untuk menikmati lagu yang sedang diputar daripada belajar.
  • Pilihlah musik dengan instrumental yang lambat. Berdasarkan penelitian, musik klasik atau musik yang lebih lambat dapat menurunkan tingkat stres dan membantu meningkatkan fokus saat belajar.
  • Hindari musik yang mengejutkan atau berubah secara tiba-tiba. Musik dengan ritme yang tidak tetap dapat mengalihkan perhatian otak dan mengganggu fokus Anda.
  • Pastikan musik tetap dalam volume yang rendah. Agar aktivitas mendengarkan musik saat belajar optimal, usahakan volume tetap dalam keadaan rendah. Jika terlalu keras, musik akan mengganggu sistem kerja otak dalam proses berpikir.
  • Pilihlah streaming musik bebas jeda komersial. Hal ini dapat mendukung konsistensi suara yang diterima oleh telinga saat mendengarkan musik. Sebab, iklan atau jeda komersial yang muncul secara tiba-tiba dapat mengganggu konsentrasi Anda saat belajar.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini