Manfaat Jahe dan Lemon bagi Kesehatan, Meredakan Mual hingga Mengatasi Sembelit

Senin, 15 November 2021 10:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Manfaat Jahe dan Lemon bagi Kesehatan, Meredakan Mual hingga Mengatasi Sembelit Ilustrasi wedang jahe. © Fitlife.tv

Merdeka.com - Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang sering digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman rimpang yang satu ini banyak digunakan sebagai bumbu dapur untuk segala macam hidangan makanan. Selain itu, buah jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit.

Dalam hal ini, biasanya jahe diolah menjadi minuman herbal dengan campuran bahan rempah lain. Selain itu, minuman herbal jahe juga sering dicampur dengan irisan lemon dan teh yang segar, atau biasanya disebut dengan ginger lemon tea. Bukan hanya lezat dan segar, minuman jahe dan lemon ini diketahui dapat memberikan beragam khasiat kesehatan.

Manfaat jahe dan lemon bagi kesehatan dapat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, meredakan gejala mual dan muntah, mengatasi radang tenggorokan, hingga meredakan gangguan sembelit. Berbagai manfaat ini tidak lain didapatkan dari beragam kandungan jahe dan lemon yang berguna bagi tubuh.

Jika Anda mengalami beberapa gangguan kesehatan ringan, minuman herbal jahe dan lemon bisa dikonsumsi sebagai obat alami namun efektif. Selain untuk mengatasi berbagai penyakit, manfaat jahe dan lemon juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imun.

Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa manfaat jahe dan lemon bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jahe dan Lemon: Melancarkan Pencernaan dan Mengatasi Mual

010 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Melancarkan Pencernaan

Manfaat jahe dan lemon bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat melancarkan pencernaan. Dalam hal ini, jahe banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mencerna makanan dan meringankan pengosongan lambung yang tertunda atau terhambat. Sementara itu, lemon mempunyai kandungan limonin yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi gejala perut kembung.

Tentu minuman herbal ini sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung. Konsumsi minuman jahe dan lemon setelah makan dan sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kenyamanan pada sistem pencernaan.

Mengatasi Mual

Manfaat jahe dan lemon bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat mengatasi mual. Jahe mempunyai kandungan alami yaitu gingerol yang dapat meredakan gangguan mual selama kehamilan atau efek dari pengobatan kemoterapi. Berdasarkan penelitian, konsumsi jahe 1,5 gram per hati dapat menjadi obat anti mual yang efektif.

Manfaat ini juga bisa didapatkan dari konsumsi minuman jahe dan lemon. Minuman herbal jahe lemon ini dapat dikonsumsi siapa saja, termasuk aman bagi ibu hamil. Namun jika Anda meragukan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi minuman jahe dan lemon untuk mengatasi gejala morning sickness selama kehamilan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jahe dan Lemon: Mengatasi Radang Tenggorokan dan Sembelit

Meredakan Radang Tenggorokan

Manfaat jahe dan lemon bagi kesehatan juga dapat meredakan radang tenggorokan. Minuman herbal jahe dan lemon dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir infeksi.

Selain itu, minuman ini juga berguna untuk mengurangi gejala hidung tersumbat saat terserang flu. Dengan konsumsi minuman ini, dapat membantu sistem pernapasan menjadi lebih lancar dan lega. Minuman ini juga berguna untuk mengatasi alergi musiman selama cuaca dingin.

Mengatasi Sembelit

Manfaat jahe dan lemon bagi kesehatan juga tak kalah efektif mengatasi gangguan sembelit. Perlu diketahui, bahwa sembelit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk dehidrasi. Gangguan sembelit akibat dehidrasi dapat diatasi dengan konsumsi minuman teh jahe lemon hangat. Minuman herbal ini dapat membantu memproses fases atau tinja melewati saluran pencernaan dengan lebih mudah.

Terlebih bagi Anda yang mengalami sembelit kronis, pastikan untuk mengonsumsi minuman herbal ini dengan rutin. Dengan konsumsi rutin, gejala sembelit yang membuat perut tidak nyaman perlahan akan berkurang. Jika kondisi sembelit tidak kunjung berkurang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jahe dan Lemon: Mengurangi Peradangan dan Menghidrasi

ilustrasi lemon©Unsplash/arianka ibarra

Mengurangi Peradangan

Membantu mengurangi peradangan juga menjadi salah satu manfaat jahe dan lemon yang berguna bagi kesehatan. Kandungan gingerol pada jahe merupakan sumber anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kandungan ini dapat membantu mengatasi beberapa kondisi peradangan kronis seperti sindrom metabolik, kanker, Alzheimer, dan penyakit jantung. Manfaat ini bisa didapatkan dari konsumsi minuman herbal teh jahe lemon hangat secara rutin.

Berdasarkan penelitian, konsumsi jahe memang menunjukkan hasil yang beragam dalam memberikan efek anti inflamasi pada manusia. Sehingga diperlukan penelitian lebih banyak untuk membuktikan efektivitas konsumsi jahe dalam mengatasi gangguan peradangan.

Mencukupi Hidrasi

Manfaat jahe dan lemon bagi kesehatan yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu membantu mencukupi hidrasi tubuh dengan baik. Seperti diketahui, kebutuhan hidrasi tubuh memang harus tercukupi dengan baik. Tubuh yang mendapatkan asupan cairan yang cukup dapat menjamin sistem kerja organ vital dengan baik, seperti organ ginjal, usus, dan jantung.

Asupan hidrasi ini bisa didapatkan dari berbagai macam minuman, termasuk minuman herbal jahe dan lemon. Dalam hal ini, jahe dan lemon mempunyai beragam kandungan nutrisi dan senyawa yang baik untuk tubuh. Selain itu, minuman jahe dan lemon juga dapat membantu mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh dengan baik. Jika Anda bosan mengonsumsi air putih sepanjang hari, minuman herbal ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan hidrasi tubuh yang optimal.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini