Jenis Usaha Kecil Bermodal Minim, Efektif Tambah Penghasilan

Minggu, 14 November 2021 12:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Jenis Usaha Kecil Bermodal Minim, Efektif Tambah Penghasilan Ilustrasi belanja online. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Menjalankan usaha atau bisnis merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan penghasilan. Terutama bagi orang-orang yang tidak suka bekerja sebagai karyawan, tentu berbisnis menjadi cara paling menarik untuk bisa mendatangkan pundi-pundi keuangan. Tidak heran, jika kini mulai banyak orang yang menekuni bisnis agar bisa mendatangkan penghasilan yang menjanjikan.

Saat ini sudah terdapat berbagai jenis usaha yang menjanjikan dan memiliki prospek baik. Bahkan beberapa jenis usaha di antaranya dapat dilakukan di rumah. Dengan begitu, bisnis bisa dijalankan dengan mudah tanpa harus bingung mencari ruko atau tempat sewa untuk berjualan.

Selain dapat dilakukan di rumah, beberapa jenis usaha kecil ini bermodal minim. Dimulai dari modal yang kecil, bisnis bisa terus dikembangkan menjadi lebih besar. Jika usaha bisnis sudah berkembang, Anda bisa mulai membuka lapangan pekerjaan lebih besar. Sehingga dengan cara ini, Anda turut berpartisipasi untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Bagi Anda yang sedang mencari ide jenis usaha kecil bermodal minim dengan peluang yang menjanjikan, bisa mencoba beberapa rekomendasi berikut. Tentu Anda bisa mencoba ide bisnis yang sesuai dengan minat atau kemampuan Anda.

Melansir dari Liputan6.com dan Bola.com, berikut kami telah merangkum beberapa jenis usaha kecil bermodal minim yang bisa menjadi pilihan Anda.

2 dari 4 halaman

Jenis Usaha Kecil Bermodal Minim: Toko Online hingga Cuci Sepatu

ilustrasi belanja online

©Pixabay/justynafaliszek

Toko Online

Jenis usaha kecil bermodal minim yang pertama adalah membuka toko online. Kini, sudah terdapat beberapa aplikasi belanja online yang bisa Anda gunakan sebagai lapak untuk menawarkan berbagai macam barang secara daring.

Cukup dengan mengambil foto barang yang menarik dan representatif, Anda bisa mulai berjualan tanpa harus membuka ruko atau toko secara fisik. Selain itu, bisa juga dengan manfaatkan media sosial seperti Facebook atau Instagram untuk menarik banyak konsumen atau calon pembeli.

Desain Grafis

Jenis usaha kecil bermodal minim berikutnya adalah desain grafis. Jika Anda salah satu lulusan mahasiswa desain grafis atau Anda yang memiliki hobi ini, tentu sayang jika tidak dimanfaatkan untuk mencari peluang keuntungan.

Dalam hal ini, Anda bisa membuka jasa desain grafis. Seperti membuat logo perusahaan, desain baju, maskot, poster, booth, atau interior.

Jika tertarik, Anda bisa mematok harga yang cukup namun tidak terlalu tinggi untuk menarik konsumen. Sebelumnya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu portofolio berupa hasil karya yang telah Anda kerjakan sebagai testimonial untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Aksesoris Handmade

Jenis usaha kecil bermodal minim selanjutnya adalah bisnis aksesoris handmade. Bagi Anda yang suka berkreasi membuat berbagai macam aksesoris handmade, ini juga bisa menjadi peluang emas untuk menghasilkan uang.

Di sini, Anda bisa membuat kalung, gelang, anting, atau berbagai aksesoris rumah tangga lainnya seperti keranjang anyam, atau bantal sofa dan lain sebagainya. Anda bisa berkreasi dengan desain yang lucu dan menarik sehingga bisa menarik banyak peminat. Selanjutnya, barang hasil kreasi Anda ini dapat dipasarkan melalui online agar lebih mudah.

Pengetikan

Jasa pengetikan juga bisa menjadi salah satu jenis usaha kecil bermodal minim yang bisa Anda tekuni. Jika Anda memiliki banyak waktu di rumah, Anda bisa membuka layanan jasa pengetikan yang sering kali dibutuhkan oleh banyak orang.

Cukup dengan modal laptop, Anda bisa membuka jasa pengetikan terutama bagi para mahasiswa atau anak sekolah yang membutuhkan pekerjaan cepat. Anda bisa menawarkan jasa pengetikan ini melalui media sosial dengan lebih mudah.

Cuci Sepatu

Jenis usaha kecil bermodal minim berikutnya adalah cuci sepatu. Banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu atau malas untuk mencuci sepatu yang dipakai sehari-hari. Ini bisa menjadi peluang Anda untuk menghasilkan pendapatan.

Terutama jika Anda berada di kawasan kampus atau daerah perkotaan, Anda bisa membuka jasa cuci sepatu dengan pelayanan yang menjanjikan. Anda bisa menentukan tarif murah untuk menarik konsumen namun tetap bisa mendatangkan keuntungan.

3 dari 4 halaman

Jenis Usaha Kecil Bermodal Minim: EO hingga Jasa Potong Rambut

Event Organizer

Event organizer juga bisa menjadi pilihan jenis usaha kecil bermodal minim yang menarik. Jika Anda senang menyusun rencana sebuah acara, mengatur agar acara dapat berjalan dengan baik, dan pandai berkoordinasi kelompok dengan baik, bisa menjadi keahlian yang cukup untuk menjadi seorang event organizer.

Apalagi, jika Anda memiliki relasi vendor perlengkapan event, seperti sound, panggung, dekorasi, dan lain-lain, tentu bisa menjadi nilai tambah tersendiri. Tentu Anda bisa menawarkan jasa ini melalui media sosial dengan harga yang relatif murah namun menjanjikan untuk menarik calon klien.

Jual Makanan dan Minuman Online

Jenis usaha kecil bermodal minim juga bisa Anda lakukan dengan berjualan makanan dan minuman online. Kini sudah banyak ide-ide makanan dan minuman kekinian yang populer dan banyak digemari oleh masyarakat.

Anda bisa mencoba beberapa resep tersebut kemudian menjualnya melalui media sosial atau bekerja sama dengan aplikasi yang menawarkan jasa pesan antar makanan. Cukup dengan modal bahan makanan serta ponsel, Anda bisa menawarkan makanan dan minuman buatan Anda untuk dipasarkan secara lebih luas.

Penitipan Binatang

Jasa penitipan binatang juga termasuk jenis usaha kecil bermodal minim yang bisa Anda coba. Terutama bagi Anda yang gemar memelihara atau merawat binatang, tentu ini menjadi ladang penghasilan yang menarik dan menyenangkan.

Biasanya banyak orang yang memelihara binatang dan sering pergi ke luar kota, sehingga mencari jasa penitipan binatang yang dapat merawat hewan peliharaannya untuk sementara waktu. Anda tentu dapat mengambil peluang ini, dengan menawarkan jasa melalui media sosial.

Potong Rambut Delivery

Jenis usaha kecil bermodal minim yang tidak kalah menarik adalah potong rambut delivery. Sebagian orang, khususnya pria tentu secara rutin selalu memotong rambut untuk menjaga kerapiannya.

Namun tak sedikit di antaranya yang malas untuk pergi ke salon untuk merapikan rambut. Jika Anda memiliki keahlian ini, Anda bisa menawarkan jasa potong rambut delivery untuk mengatasi masalah sebagian orang tersebut. Jasa ini bisa Anda publikasikan dengan mudah dan luas melalui media sosial.

4 dari 4 halaman

Jenis Usaha Kecil Bermodal Minim: Jasa Cuci Mobil dan Motor hingga WO

ilustrasi bunga kenopvictoria advocate

Jasa Cuci Motor dan Mobil

Jenis usaha kecil bermodal minim yang bisa menjadi pilihan berikutnya adalah jasa cuci motor dan cuci mobil. Bisnis ini mudah dijalankan oleh siapa saja, hanya bermodal berbagai alat cuci seperti sabun, busa, alat penyemprot air, dan air, usaha ini bisa memberikan tambahan penghasilan yang cukup menjanjikan.

Terlebih bagi Anda yang memiliki halaman rumah cukup luas, tentu ini menjadi peluang tersendiri. Atau Anda juga bisa menyewa ruko di pinggir jalan untuk membuka jasa cuci motor dan mobil agar lebih mudah menjangkau pengunjung.

Bisnis Kaos

Bisnis kaos juga termasuk salah satu jenis usaha kecil bermodal minim yang menarik untuk dicoba. Dalam hal ini, Anda bisa membuat desain-desain kaos yang lucu dan menarik dan menawarkannya dengan metode pre-order.

Jika terdapat calon konsumen yang berminat, Anda bisa segera membuat pesanan tersebut dan menjualnya. Anda juga bisa membuka pesanan kaos berdasarkan keinginan konsumen untuk memperluas pelayanan.

Pembuatan Bucket Bunga

Pembuatan bucket bunga juga menjadi jenis usaha kecil bermodal minim yang menjanjikan. Biasanya banyak orang memesan bucket bunga untuk keperluan hadiah wisuda, lamaran, atau hanya sekedar hadiah ulang tahun.

Tentu ini menjadi peluang bisnis yang bisa dilakukan siapa saja dengan mudah. Anda bisa membuat kreasi bucket bunga asli maupun sintetis yang dengan berbagai model menarik dan lucu untuk menarik konsumen. Dengan memasang harga yang relatif murah dan kualitas yang terjamin, tentu Anda bisa mendapatkan pasar yang banyak dan luas.

Wedding Organizer

Jenis usaha kecil bermodal minim yang terakhir namun tidak kalah menjanjikan adalah jasa wedding organizer. Untuk menjadi seorang wedding organizer, Anda tidak membutuhkan modal besar. Sebab, biasanya sumber keuangan utama didapatkan dari klien pasangan calon pengantin yang menggunakan jasa Anda.

Cukup dengan memperluas koneksi vendor berbagai macam keperluan untuk acara pernikahan, seperti dekorasi, rias pengantin, sewa baju pengantin, hingga souvenir, bisa menjadi modal Anda untuk menjalankan bisnis ini.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini