Jatuh Tempo adalah Batas Waktu Pembayaran, Ketahui Jenis dan Penjelasannya

Minggu, 7 Agustus 2022 10:50 Reporter : Jevi Nugraha
Jatuh Tempo adalah Batas Waktu Pembayaran, Ketahui Jenis dan Penjelasannya Ilustrasi uang. ©shutterstock.com/Robbi

Merdeka.com - Jatuh tempo adalah batas waktu pembayaran yang telah ditetapkan. Jatuh tempo juga sering diartikan batasan hari di mana seseorang harus melakukan pembayaran. Jika tidak, orang tersebut akan dikenai denda karena telah melewati tanggal yang telah ditentukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jatuh tempo adalah batas waktu pembayaran atau penerimaan sesuatu dengan yang telah ditetapkan. Sederhananya, tanggal jatuh tempo adalah ketentuan masa pelunasan utang oleh seseorang debitur.

Biasanya, batas waktu pembayaran diatur bersama dalam perjanjian ketika dilakukannya transaksi antara kreditur dan debitur. Jika melewati tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan tersebut, mau tidak mau kreditur harus mendapatkan sanksi atau denda keterlambatan.

Berikut jenis dan contoh dengan jatuh tempo yang perlu Anda ketahui.

2 dari 3 halaman

Jenis dan Contoh Pembayaran dengan Jatuh Tempo

ilustrasi kalender
shutterstock.com

Mengetahui jenis dan contoh transaksi yang menggunakan ketentuan jatuh tempo sangat penting diketahui. Berikut jenis dan contoh pembayaran jatuh tempo seperti dilansir dari Prospeku.com.

Pembayaran Tagihan Listrik

Salah satu jenis dan contoh pembayaran dengan jatuh tempo adalah pembayaran tagihan listrik. Umumnya, tagihan pembayaran listrik dilakukan pada tanggal 20 setiap bulannya. Jika melewati batas waktu tersebut, pengguna listrik akan dikenakan sanksi, seperti teguran, denda, hingga pemutusan sementara.

Pembayaran Layanan TV Kabel

Jenis dan contoh pembayaran dengan jatuh tempo selanjutnya, yaitu layanan TV kabel. Biasanya, batas waktu pembayaran atau pelunasan TV kabel merupakan kebijakan murni dari penyedia layanan ini. Jika sudah jatuh tempo dan belum dilunasi, maka pengguna layanan akan dikenai denda.

Pembayaran Pinjaman Bank

Pinjaman bank juga menerapkan adanya tanggal jatuh tempo. Ketentuan ini sudah tercantum dalam surat perjanjian antara pihak peminjam dan bank. Sementara itu, saksi dari keterlambatan adalah denda harian sesuai ketetapan bank.

Pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Jenis pembayaran dengan jatuh tempo selanjutnya, yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Biasanya, sanksi keterlambatan dari KPR adalah denda sebesar 0,5 % dari jumlah angsuran bulanan. Penyitaan dapat terjadi jika tunggakan mencapai hingga tiga bulan.

Pembayaran Kartu Kredit

Jenis dan contoh pembayaran dengan jatuh tempo lainnya, yaitu pembayaran kartu kredit. Jatuh tempo pelunasan kartu kredit biasanya 15 hari setelah semenjak tanggal cetak. Maka dari itu, Anda wajib melakukan pembayaran sebelum batas waktu tersebut.

Tagihan Air PDAM

Pembayaran tagihan PDAM biasanya keluar setiap awal atau akhir bulan. Adapun jatuh temponya adalah 20 hari setelah pemberitahuan. Keterlambatan pelunasan PDAM mengakibatkan diakumulasikannya tagihan ke bulan selanjutnya sekaligus ditambah denda harian.

3 dari 3 halaman

Tips Bayar Tagihan Sesuai Tanggal Jatuh Tempo

013 siti rutmawati

www.usatoday.com

Banyaknya kebutuhan yang mendadak acapkali membuat orang lupa dengan tagihan yang harus dibayar. Namun jangan khawatir, ada sejumlah tips bayar tagihan sesuai tanggal jatuh tempo yang perlu dipahami, antara lain:

Catat Tanggal Jatuh Tempo

Tips bayar tagihan sesuai tanggal jatuh tempo yang pertama, yaitu mencatat setiap tanggal batas akhir pembayaran. Ini cukup membantu buat Anda yang sibuk dan sering lupa. Anda bisa membuat sebuah catatan khusus di kalender, buku, ataupun ponsel.

Cek Rutin Email

Tips bayar tagihan sesuai tanggal jatuh tempo selanjutnya, ialah cek rutin email. Biasanya, sebagai besar bank atau provider akan memberikan reminder kepada para nasabahnya beberapa waktu sebelum jatuh tempo melalui email. Untuk itu, periksa semua pesan masuk di email dan lakukan secara berkala.

Sisihkan Uang untuk Setiap Tagihan

Menyisihkan uang untuk setiap tagihan menjadi salah satu cara paling efektif melunasi tagihan sebelum jatuh tempo. Dengan begitu, nantinya Anda tidak akan panik jika tanggal jatuh tempo sudah tiba. Maka dari itu, sisihkan sedikit uang khusus untuk membayar semua tagihan.

Segera Bayar Setelah Gajian

Setelah terima gaji, usahakan untuk langsung membayar semua tagihan. Hal ini cukup efektif untuk menghindari keterlambatan dalam membayar tagihan. Selain itu, cara ini juga memudahkan Anda mengelola keuangan dan mengalokasikannya dengan tepat.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini