Fungsi NFC pada HP dan Cara Kerjanya, Perlu Diketahui

Jumat, 28 Januari 2022 13:38 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Fungsi NFC pada HP dan Cara Kerjanya, Perlu Diketahui Ilustrasi Smartphone. pcquest.com

Merdeka.com - Industri telekomunikasi memang selalu mengembangkan dan menyempurnakan teknologi yang lebih canggih. Hal ini tidak lain dilakukan untuk menciptakan kinerja yang lebih mudah, efisien, dan praktis. Terbukti, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, akses komunikasi dan informasi yang ada saat ini semakin mudah dilakukan.

Salah satu bentuk perkembangan teknologi komunikasi yang bermanfaat hingga saat ini adalah NFC. NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, yaitu teknologi nirkabel yang berbasis kedekatan. Tidak seperti Wi-Fi atau Bluetooth, NFC terbatas pada jangkauan yang sangat pendek atau sangat dekat.

Meskipun begitu, fitur ini cukup memberikan beberapa macam fungsi. Fungsi NFC pada HP sering digunakan untuk melakukan transfer data, pembayaran seluler, penyambungan perangkat, hingga gaming. Selain pada handphone atau smartphone, NFC juga ditemukan di berbagai perangkat elektronik lainnya.

Sebagai salah satu teknologi yang kerap digunakan sehari-hari, maka penting untuk mengetahui berbagai fungsi NFC pada hp dan bagaimana cara kerjanya. Dengan memahami hal ini, Anda bisa mengetahui, meskipun sudah banyak teknologi canggih lainnya yang berkembang, namun NFC masih berguna dalam membantu berbagai macam pekerjaan.

Melansir dari Android Authority, berikut kami merangkum beberapa fungsi NFC pada HP dan cara kerjanya yang bisa Anda simak.

2 dari 3 halaman

Mengenal NFC dan Cara Kerjanya

ilustrasi smartphone
oled-info.com


Sebelum mengetahui fungsi NFC pada HP, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan NFC. Near Field Communication (NFC) adalah standar komunikasi nirkabel yang menggunakan basis jarak dekat.

Tidak seperti Wi-Fi atau Bluetooth, NFC hanya terbatas pada jarak yang sangat dekat. Teknologi ini banyak ditemukan pada perangkat smartphone, hingga beberapa barang elektronik lainnya seperti tablet, speaker, hingga konsol game.

Sebenarnya NFC bukan merupakan teknologi baru, melainkan hasil pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu RFID atau teknologi identifikasi frekuensi radio. Baik RFID dan NFC beroperasi pada prinsip kopling induktif. Ini melibatkan perangkat pembaca yang menghasilkan medan magnet dengan melewatkan arus listrik melalui koil.

Ketika sebuah tag (dengan koilnya sendiri) didekatkan, medan akan menginduksi arus listrik di dalam tag. Dengan begitu, arus listrik dapat mengalir bahkan tanpa menggunakan kabel atau kontak fisik. Setelah koneksi awal tersambung dengan baik, maka semua data dapat ditransmisikan secara nirkabel ke pembaca.

Perbedaan utama antara RFID dan NFC terletak pada jangkauan transmisinya. Di mana RFID sering digunakan untuk jarak yang lebih jauh. Sedangkan NFC hanya memiliki jarak maksimun yang sangat pendek, yaitu beberapa sentimeter saja. Poin penting lainnya adalah bahwa perangkat NFC dapat bertindak sebagai pembaca atau tag. Kemampuan dua arah ini memungkinkan Anda menggunakan satu perangkat keras, untuk mengoperasikan jenis aplikasi yang berbeda.

3 dari 3 halaman

Fungsi NFC

bekas©2018 Merdeka.com

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerjanya, berikutnya terdapat beberapa fungsi NFC pada HP yang perlu Anda ketahui. Seperti disebutkan sebelumnya, meskipun terbatas jarak namun NFC dapat membantu beberapa pekerjaan. Mulai dari mentransfer data, melakukan pembayaran seluler, penyambungan perangkat dengan cepat, hingga digunakan saat bermain game. Berikut penjelasan fungsi NFC pada HP secara lengkap, bisa Anda simak:

Transfer data

Fungsi NFC pada HP yang pertama untuk melakukan transfer data. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mentransfer konten atau data apa pun ke perangkat berkemampuan NFC lainnya. Ini dapat dilakukan hanya dengan menyentuh bagian belakang kedua perangkat dan menerima perintah transfer, dan transmisi data bisa dilakukan secara otomatis.

Pembayaran seluler

Beberapa aplikasi pembayaran seluler seperti Samsung Pay, Google Pay, dan Apple Pay semuanya menggunakan chip NFC smartphone untuk melakukan pembayaran nirsentuh. Sebagian besar kartu debit dan kredit saat ini sudah memiliki tag NFC bawaan. Aplikasi yang disebutkan di atas hanya meniru tag ini, dengan izin dari bank penerbit atau lembaga keuangan. Setelah dikonfigurasi, Anda cukup mendekatkan smartphone atau perangkat lain ke alat pembayaran yang akan disambungkan.

Penyambungan perangkat

Berikutnya fungsi NFC pada HP juga berguna untuk menyambungkan perangkat dengan cepat. Kenyamanan NFC meluas ke perangkat yang tidak memiliki layar. Banyak speaker nirkabel dan headphone menggunakan teknologi ini untuk bertukar informasi pemasangan dengan smartphone. Beberapa kamera juga menggunakannya untuk memulai koneksi Wi-Fi Direct dengan cepat untuk transfer foto dan video yang mudah.

Game

Fungsi NFC pada HP juga digunakan untuk permainan game. Nintendo menggunakan teknologi ini untuk menghubungkan mainan fisik dengan video game. Amiibo seperti figur aksi atau kartu perdagangan lainnya jika didekatkan dengan Nintendo Switch atau 3DS, secara otomatis memberi akan menampilkan karakter, level, atau item bonus tambahan untuk game tertentu.

Kontrol peralatan rumah

Fungsi NFC pada HP yang terakhir untuk mengontrol peralatan rumah. Beberapa perangkat cerdas untuk peralatan rumah, seperti Home Assistant and Apple’s HomeKit, menggunakan NFC sebagai teknologi yang mempermudah sistem kerjanya. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Android dan iOS, untuk mengonfigurasi tag NFC siap pakai, sehingga kontrol perangkat atau peralatan rumah bisa dilakukan secara otomatis.

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Ragam
  4. Teknologi
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini