Doa Anak Sakit untuk Memohon Kesembuhan, Perlu Diketahui

Rabu, 16 Juni 2021 06:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Doa Anak Sakit untuk Memohon Kesembuhan, Perlu Diketahui ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Mendapatkan tubuh yang sehat merupakan suatu nikmat rezeki yang diberikan Allah kepada manusia. Sehingga sudah selayaknya, setiap orang yang dalam keadaan sehat mengucapkan syukur atas kesehatan yang diberikan Allah. Bukan hanya itu, setiap manusia juga perlu menjaga tubuhnya tetap sehat sebagai bentuk sikap rasa syukur yang mendatangkan manfaat bagi diri sendiri.

Selain itu, orang yang sehat juga perlu mendoakan orang-orang yang sedang sakit. Terlebih lagi jika orang yang sakit adalah anak kandung sendiri, tentu setiap orang tua akan mengupayakan segala cara untuk membantu kesembuhan sang anak. Bukan hanya itu, orang tua juga senantiasa mendoakan anak agar mudah dalam mendapatkan kesembuhan.

Dalam hal ini, terdapat beberapa kumpulan doa yang bisa dipraktikkan dalam sehari-hari, termasuk doa anak sakit atau doa untuk anggota keluarga yang sakit. Ada pula doa untuk memohon kesembuhan dengan menyebut nama orang yang sakit hingga doa untuk memohon perlindungan dan ampunan kepada Allah.

Dengan melakukan usaha pengobatan sebaik mungkin dan disertai dengan doa, tentu Allah akan memberikan rahmat dan hikmah kebaikan bagi siapapun yang mengalaminya. Selain itu, sebagai orang tua Anda juga bisa mendoakan keselamatan anak dan cucu untuk mendapatkan ridho kebaikan dari Allah. Dilansir dari NU Online, berikut bacaan doa anak sakit dan berbagai doa lainnya yang bisa diamalkan untuk memohon kesembuhan dari Allah.

2 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan untuk Keluarga

ilustrasi sholat
©2020 Merdeka.com

Doa anak sakit yang bisa diamalkan yang pertama menurut anjuran Rasulullah adalah doa kesembuhan yang dibaca untuk anggota keluarga yang sakit. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Aisyah RA menjelaskan bahwa doa ini sering dibaca Rasulullah untuk anggota keluarga yang sakit :

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,”

3 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan untuk Orang Sakit Dibaca Tujuh Kali

Selain doa anak sakit, Anda juga bisa membaca doa khusus yang dilakukan sebanyak 7 kali untuk memohon kesembuhan bagi orang yang sakit. Doa ini dapat dibaca di hadapan orang yang sakit untuk mengharapkan kesembuhan dari Allah, berikut bacaan :

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,”

4 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan dengan Menyebut Orang yang Sakit

ilustrasi sholat©2020 Merdeka.com

Berikutnya, Anda juga bisa membaca doa anak sakit dengan menyebut nama orang yang sakit. Hal ini pun pernah dilakukan Rasulullah saat menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash. Berdasarkan hadis riwayat Muslim, berikut adalah bacaan doa yang bisa dibaca dengan menyebut nama orang yang sakit :

llāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya, “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,”

5 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan untuk Penyakit Apa Saja

Selanjutnya adalah doa kesembuhan yang bisa dibaca untuk berbagai macam penyakit yang sedang dialami. Doa ini juga bisa Anda baca ketika anak sedang sakit. Lafal doa berikut juga pernah dibaca oleh Rasulullah ketika menjenguk seorang badui yang menderita demam. Berikut lafal doa anak sakit untuk berbagai macam penyakit yang dialami :

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,”

6 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan dengan Memohon Ampunan dan Perlindungan

ilustrasi sholat©2020 Merdeka.com

Selain doa anak sakit yang dibaca untuk berbagai macam penyakit yang dialami, Anda juga bisa memohon ampunan dan perlindungan kepada Allah. Doa kesembuhan dengan menyertakan doa ampunan dan perlindungan ini pernah dibaca oleh Rasulullah saat menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA, berdasarkan riwayat Ibnu Sunni. Berikut lafal doa yang bisa Anda praktikkan :

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,”

7 dari 7 halaman

Doa Keselamatan Anak dan Cucu

Setelah mengetahui doa anak sakit dan beberapa doa permohonan kesembuhan lainnya, terakhir terdapat bacaan doa yang bisa diamalkan untuk memohon keselamatan anak dan cucu. Sebagai orang tua, tentu mengharapkan anak dan cucu dapat hidup rukun dan selamat dari setiap ujian dan cobaan yang diberikan Allah. Berikut adalah lafal doa keselamatan anak dan cucu yang bisa Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari :

llāhumma bi hurmatin nabiyyi, wal Hasan, wa akhīh, wa ummih, wa abīh, wa najjinī minal ghammil lazī fīh, yā Hayyu, yā Qayyūmu, yā dzal jalāli wal ikrām. Wa as’aluka an tuhyiya qalbī bi nūri ma‘rifatika abadan, abadan. Yā rasulallāh, ya Allah (3 kali), bi rahmatika yā arhamar rāhimīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya, “Ya Allah, demi kehormatan Nabi Muhammad SAW, Hasan, saudaranya, ibunya, dan bapaknya, selamakanlah aku dari kebingungan yang ada di dalamnya. Wahai Zat yang hidup, wahai Zat yang maha tegak, wahai Zat yang maha besar dan mulia, aku memohon kepada-Mu agar menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifat-Mu selamanya, wahai Rasulullah, ya Allah (3 kali), dengan rahmat-Mu, wahai Zat yang maha pengasih. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,”

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Berita Jateng
  4. Ragam
  5. Kumpulan Doa
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini