Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengutip dari Internet dengan Benar, Perlu Diketahui

Cara Mengutip dari Internet dengan Benar, Perlu Diketahui Ilustrasi bekerja. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Seperti diketahui, keberadaan internet memberikan berbagai macam manfaat dalam kehidupan masyarakat masa kini. Di mana internet dapat dikatakan sebagai sumber dari segala macam informasi yang dibutuhkan masyarakat. Mulai dari informasi yang bersifat edukasi, informasi yang berhubungan dengan administrasi pemerintahan, ekonomi, hingga informasi yang bersifat hiburan ringan.

Tidak heran, jika kini internet selalu menjadi tujuan pertama ketika seseorang ingin mencari suatu informasi. Hanya dengan mengetik kata kunci dalam kolom pencarian, internet akan menampilkan berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Sehingga, bukan suatu hal yang sulit untuk mencari berbagai macam informasi di dunia digital seperti sekarang ini.

Hal ini pun memberikan keuntungan tersendiri bagi pada pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan banyak referensi bacaan dan informasi untuk menunjang pendidikannya. Bahkan berbagai sumber informasi kredibel saat ini bisa didapatkan dengan mudah melalui internet. Sehingga siapa saja dapat mengambil referensi tersebut untuk bahan karya ilmiah, karya tulis, atau tugas lainnya.

Meskipun bebas mengambil referensi dari internet, Anda perlu mengetahui cara mengutip dari internet dengan baik dan benar. Bagaimana pun, berbagai informasi yang didapat dari internet harus dapat ditulis dengan sumber yang jelas agar terhindar dari tindakan plagiasi yang merugikan. Jika Anda masih kesulitan dengan hal ini, beberapa informasi berikut patut Anda simak.

Dilansir dari Wikihow, berikut kami merangkum cara mengutip dari internet dengan benar yang perlu Anda perhatikan.

Cara Mengutip dari Internet dengan Gaya MLA

011 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Cara mengutip dari internet yang pertama bisa menggunakan gaya Modern Language Association (MLA). Dalam menulis kutipan di internet dengan menggunakan metode ini, perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari nama penulis, nama website, waktu publikasi, hingga waktu mengakses.

Berikut beberapa cara mengutip dari internet dengan menggunakan gaya MLA :

  • Tulis nama penulis, jika tersedia. Nama penulis ditampilkan dengan nama belakang terlebih dahulu, kemudian ditambahkan tanda koma, setelah itu baru nama depan. Bagian akhir, imbuhkan tanda titik sebagai akhir. Contoh : Claymore, Crystal.
  • Masukkan judul halaman dan berikan tanda kutip. Gunakan huruf capital pada huruf pertama dan semua kata benda, kata kerja, kata sifat, dan pronomina. Imbuhkan tanda titik di akhir kata judul halaman, sebelum tanda kutip penutup. Contoh : Claymore, Crystal. "Best-Kept Secrets for Amazing Cupcake Frosting."
  • Tulis nama situs web dalam huruf miring, diikuti dengan tanggal penerbitan. Pastikan penulisan situs web sesuai dengan yang tercantum dalam situs. Seperti contoh WebMD. Jika tercantum tanggal penerbitan halaman, maka sertakan pada penulisan. Contoh : Claymore, Crystal. "Best-Kept Secrets for Amazing Cupcake Frosting." Crystal's Cupcakes, 24 Sept. 2018,
  • Cantumkan URL halaman Web, yaitu dengan menyalin dan menempelkan langsung pada lembar kerja yang sedang ditulis. Hapus bagian http:// setelah URL disalin.
  • Tulis tanggal akses, jika tanggal penerbitan tidak tersedia pada situs web. Tuliskan kata, “Diakses pada” setelah URL, lalu masukkan tanggal, bulan, tahun akses. Contoh : Claymore, Crystal. "Best-Kept Secrets for Amazing Cupcake Frosting." Crystal's Cupcakes, www.crystalscupcakes.com/amazing-frosting. Diakses pada 14 Februari 2019.
  • Kemudian, sisipkan informasi kutipan dalam teks setelah Anda menuliskan sumber referensi pada langkah-langkah sebelumnya.
  • Cara Mengutip dari Internet dengan Gaya APA

    Cara mengutip dari internet dengan benar berikutnya bisa menggunakan gaya APA. Kutipan  dengan gaya APA ini memiliki karakteristik penulisan tersendiri.

    Berikut adalah beberapa langkah dalam penulisan kutipan gaya APA yang perlu Anda ketahui :

  • Tuliskan nama penulis pada awal referensi. Jika terdapat nama penulis, tuliskan dengan nama belakang terlebih dahulu, sisipkan koma, kemudian tuliskan nama depan. Jangan lupa memberikan tanda titik pada di akhir. Contoh : Roman, Lionel.
  • Kemudian tuliskan tahun penerbitan situs web atau halaman. Masukkan tahun penerbitan di dalam kurung setelah nama penulis. Berikan tanda titik di akhir. Contoh : Roman, Lionel. (2017).
  • Tuliskan judul halaman web dengan huruf kapital pada huruf pertama di kata pertama. Huruf kapital ini hanya digunakan di huruf pertama kata pertama saja dan tidak pada kata setelahnya. Tambahkan tanda titik di akhir. Contoh : Roman, Lionel. (2017). Cancer research.
  • Gunakan nama penulis dan tahun penerbitan untuk kutipan dalam teks. Nama dan tahun penerbitan ini dituliskan dalam tanda kurung, setelah kalimat yang dikutip dan sebelum tanda kutip penutup. Contoh : "Percobaan klinis dilakukan untuk menguji penanganan kanker baru (Lionel Roman, 2017)."
  • Cara Mengutip dari Internet dengan Gaya Chicago

    Cara mengutip dari internet terakhir bisa menggunakan gaya Chicago. Gaya penulisan ini tentu berbeda dengan kutipan model MLA maupun APA.

    Berikut cara mengutip dari internet dengan gaya Chicago yang perlu Anda ketahui :

  • Tuliskan nama penulis sebagai awal referensi. Tuliskan nama belakang terlebih dahulu, tambahkan koma, dan masukkan nama depan penulis. Jika tidak ada nama penulis, gunakan nama organisasi atau agensi pemerintahan yang menerbitkan konten tersebut. Contoh : UN Women.
  • Tuliskan judul halaman web dalam tanda kutip. Gunakan huruf besar pada kata pertama, diikuti dengan kata benda, kata sifat, kata kerja, dan pronomina. Tambahkan tanda titik setelah kata terakhir sebelum tanda kutip. Contoh : UN Women. "Commission on the Status of Women."
  • Masukkan nama situs web atau organisasi penerbit dalam huruf miring. Contoh : UN Women. "Commission on the Status of Women." UN Women.
  • Cantumkan tanggal penerbitan atau tanggal akses. Jika konten menyebutkan tanggal penerbitan, tuliskan tanggal tersebut dengan format bulan, tanggal, tahun, sebagai referensi. Jika tidak tercantum tanggal penerbitan, Anda bsa menggantinya dengan tanggal Anda mengakses informasi tersebut. Contoh : UN Women. "Commission on the Status of Women." UN Women. Diakses pada Februari 14, 2019.
  • Akhiri dengan memasukkan alamat situs yang menjadi sumber kutipan. Contoh : UN Women. "Commission on the Status of Women." a. Diakses pada Februari 14, 2019. http://www.unwomen.org/en/csw.
  • Fungsi Menulis Kutipan dengan Benar

    Setelah menyimak cara mengutip dari website atau internet, terakhir akan dijelaskan fungsi menulis kutipan. Menulis kutipan dengan baik dan benar adalah keterampilan penting dalam penulisan akademis, jurnalistik, dan berbagai jenis penulisan lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari menulis kutipan dengan baik dan benar:

    1. Menyokong Argumen:

    Kutipan digunakan untuk mendukung argumen atau pernyataan yang dibuat dalam tulisan. Dengan mengutip sumber yang kredibel, penulis dapat memperkuat klaim dengan baik dan dapat dipercaya.

    2. Memberikan Kredit kepada Sumber Asli:

    Kutipan memberikan pengakuan kepada penulis asli dari ide, informasi, atau data yang digunakan. Ini penting untuk menghindari plagiarisme.

    3. Menunjukkan Keterkaitan dengan Penelitian Sebelumnya:

    Kutipan menunjukkan bahwa penulis telah melakukan penelitian yang mendalam dan mengakui pekerjaan orang lain dalam bidang yang sama. Ini membantu menempatkan tulisan dalam konteks yang lebih luas.

    4. Menguatkan Kredibilitas Penulis:

    Dengan mengutip sumber yang sah dan relevan, penulis dapat menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang baik tentang topik yang dibahas dan telah melakukan penelitian yang menyeluruh.

    5. Memberikan Bukti dan Contoh:

    Kutipan dapat digunakan untuk memberikan bukti atau contoh konkret yang mendukung poin-poin yang dibuat dalam tulisan. Ini membantu memperjelas dan memperkuat argumen.

    6. Mengisi Kesenjangan Pengetahuan:

    Kutipan dari sumber yang berbeda dapat membantu mengisi kesenjangan dalam pengetahuan atau penelitian yang ada, memberikan pembaca pandangan yang lebih komprehensif tentang topik.

    7. Mengundang Pembaca untuk Melakukan Penelitian Lebih Lanjut:

    Kutipan sering kali mencakup referensi yang dapat diikuti oleh pembaca yang ingin mendalami topik lebih lanjut, sehingga memperkaya pengalaman belajar mereka.

    8. Menyediakan Dasar Teoritis:

    Kutipan dari teori atau model yang diakui dapat memberikan dasar teoritis yang solid untuk tulisan, membantu menjelaskan konsep atau kerangka kerja yang digunakan.

      (mdk/ayi)

    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    5 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Pahami Agar Tak Salah Kaprah
    5 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Pahami Agar Tak Salah Kaprah

    Contoh kalimat fakta dan opini agar tidak salah dalam membedakannya.

    Baca Selengkapnya
    Terungkap, Pengguna Internet Indonesia Ternyata Dikuasai Orang-orang Ini
    Terungkap, Pengguna Internet Indonesia Ternyata Dikuasai Orang-orang Ini

    Siapa mereka? Berikut orang-orang yang menguasai internet Indonesia.

    Baca Selengkapnya
    Ciri Kalimat Fakta dan Opini, Lengkap dengan Contoh yang Mudah Dipelajari
    Ciri Kalimat Fakta dan Opini, Lengkap dengan Contoh yang Mudah Dipelajari

    Kalimat fakta dan opini dapat membentuk sebuah informasi yang dibagikan ke orang banyak.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget
    Contoh Paragraf Deskripsi, Begini Cara Membuatnya Mudah Banget

    Singkatnya, paragraf deskripsi merupakan sejumlah rangkaian kalimat yang ditulis dengan tujuan menggambarkan sesuatu hal tertentu.

    Baca Selengkapnya
    Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Turunkan Gula Darah hingga Asam Urat
    Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Turunkan Gula Darah hingga Asam Urat

    Meskipun citarasa buah mengkudu tidak begitu enak, namun buah ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Inilah metode yang tepat untuk mengolahnya.

    Baca Selengkapnya
    6 Bulan Beroperasi, Tersangka Belajar Produksi Narkoba Lewat Internet dan Diedarkan via Online
    6 Bulan Beroperasi, Tersangka Belajar Produksi Narkoba Lewat Internet dan Diedarkan via Online

    Tersangka belajar cara pembuatan narkoba sintetis secara otodidak dari artikel-artikel di internet

    Baca Selengkapnya
    Teknologi Internet Kuantum Semakin Mendekati Kenyataan, Begini Keunggulannya
    Teknologi Internet Kuantum Semakin Mendekati Kenyataan, Begini Keunggulannya

    Dulunya cuma angan-angan, namun penelitian ini membuktikan internet kuantum bakal menjadi nyata.

    Baca Selengkapnya
    Cara Mudah Rebus Telur Agar Gampang Dikupas dan Hasilnya Mulus, Cuma Pakai 2 Bahan Dapur
    Cara Mudah Rebus Telur Agar Gampang Dikupas dan Hasilnya Mulus, Cuma Pakai 2 Bahan Dapur

    Selain menjadi lebih mudah dikupas, merebus telur dengan dua bahan dapur ini juga menghasilkan tekstur yang lebih halus. Yuk, pelajari langkah-langkahnya.

    Baca Selengkapnya
    Cara Membaca Arab Gundul, Simak Tipsnya Berikut Ini
    Cara Membaca Arab Gundul, Simak Tipsnya Berikut Ini

    Membaca tulisan Arab gundul tentu tak mudah, ada ilmu yang harus dipelajari.

    Baca Selengkapnya