Apa Manfaat dari Kebugaran Jasmani? Simak Ulasannya

Senin, 27 Juni 2022 10:45 Reporter : Jevi Nugraha
Apa Manfaat dari Kebugaran Jasmani? Simak Ulasannya Ilustrasi olahraga. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Warren Goldswain

Merdeka.com - Manfaat dari kebugaran jasmani untuk kesehatan penting diketahui setiap orang. Kebugaran jasmani merupakan kemampuan fisik yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan aktivitas fisik tanpa harus mengalami kelelahan.

Melansir dari Healthline, kebugaran jasmani adalah kegiatan atau aktivitas untuk menyehatkan tubuh manusia. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani, semakin kuat juga daya tahan tubuhnya. Selain itu, aktivitas ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit.

Manfaat dari kebugaran jasmani memiliki beragam manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan fleksibilitas hingga menurunkan risiko stres. Selain itu, masih banyak manfaat dari kebugaran jasmani yang perlu diketahui. Dilansir dari Healthline, berikut di antaranya:

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Stamina

ilustrasi olahraga

blog.ochsner.org

Manfaat dari kebugaran jasmani yang pertama, yaitu meningkatkan stamina. Latihan ini berperan penting untuk melancarkan peredaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu, latihan kebugaran jasmani juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular (jantung dan paru-paru).

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin dan teratur, dapat meningkatkan stamina. Tentu saja, manfaat ini bisa diperoleh dengan cara mengimbanginya dengan pola makan sehat, seperti mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat dari kebugaran jasmani selanjutnya, yaitu menjaga kesehatan kulit. Melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin dan teratur akan meningkatkan jumlah antioksidan alami di tubuh, sehinggga kadar stres oksidatif dapat berkurang.

Ketika kadar stres oksidatif tinggi, sel-sel kulit akan mudah rusak dan memicu munculnya penuaan dini. Maka dari itu, dengan olahraga dapat memperlancar aliran darah di kulit sehingga mencegah penuaan dini.

Menguatkan Otot Dada

Salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani adalah push up. Manfaat dari kebugaran jasmani satu ini berfungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, maupun trisep. Selain itu, gerakan ini juga berperan penting untuk membentuk otot punggung bawah dan juga otot perut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan push up, seperti memerhatikan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan gerakan naik turun tetap. Push up sangat efektif untuk memperkuat otot-otot di sekitar bahu, meningkatkan kekuatan massa otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Mencegah Stres dan Depresi

Salah satu manfaat dari kebugaran jasmani adalah mencegah stres dan depresi. Gangguan stres jika tidak segera bisa mengakibatkan depresi, yang bisa membuat suasana hati terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat hidup. Kondisi traumatis ini dapat bersifat objektif maupun subjektif, baik itu karena kekerasan fisik, emosional, hingga kejadian yang bisa mengancam nyawa.

Salah satu cara mencegah stres dan depresi ialah latihan kebugaran jasmani. Jenis olahraga ini bisa meningkatkan kadar serotonin dalam darah, sehingga bisa menurunkan tingkat stres. Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara melakukan latihan kebugaran jasmani selama 30 menit setiap hari.

3 dari 3 halaman

Mencegah Insomnia

ilustrasi insomnia
Shutterstock/Stokkete

Bagi Anda yang sering susah tidur atau insomnia, sudah saatnya untuk melakukan latihan kebugaran jasmani. Sebab, berolahraga sebelum tidur dapat membuat Anda terlelap lebih nyenyak. Dengan begitu Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit mental, seperti stres dan depresi.

Mengencangkan Perut

Manfaat dari kebugaran jasmani berikutnya, yaitu mengencangkan otot perut. Adapun bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa mengencangkan perut adalah sit up. Tidak hanya otot perut, sit up juga bisa memperkuat otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher.

Banyak sekali manfaat latihan kebugaran jasmani bagi tubuh manusia, seperti memperbaiki keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki bentuk perut. Bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan indah, sebaiknya melakukan jenis olahraga ini secara rutin.

Memperbaiki Postur Tubuh

Bentuk latihan kebugaran jasmani yang berfungsi memperbaiki postur tubuh adalah back lift. Jenis olahraga ini berfungsi untuk membentuk otot bagian punggung agar menjadi lebih kekar dan simetris. Biasanya, latihan fisik ini dilakukan dengan skema badan menghadap ke lantai secara lurus, lalu perlahan menggerakkan bagian kepala ke atas sampai maksimal.

Ada beragam manfaat dari kebugaran jasmani ini, seperti meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, dan mencegah cedera. Selain itu, back lift juga berfungsi untuk membentuk atau memperbaiki postur tubuh.

Latihan Kekuatan Otot Lengan dan Bahu

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan otot lengan, seperti melakukan olahraga dengan dumbbell. Caranya cukup mudah, angkat dan turunkan secara berulang, hingga otot terbentuk secara maksimal. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan yang bertumpu pada kursi.

Gerakan bertumpu pada kursi dapat membuat latihan menjadi lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan otot lengan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang, sehingga akan memberikan reaksi otot lengan dengan baik.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini