9 Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui, Ampuh Usir Nyamuk

Kamis, 12 Maret 2020 14:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari
9 Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui, Ampuh Usir Nyamuk Ilustrasi ampas kopi. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Nikmatnya satu cangkir kopi memang tidak bisa lagi dipungkiri. Baik kopi dengan campuran susu ataupun kopi hitam sederhana yang hanya ditambahkan dengan gula.

Bahkan bagi sebagian orang, kopi hitam yang sederhana ini lebih nikmat dibandingkan kopi dengan berbagai bahan campuran. Menyantap satu cangkir kopi hitam memang sering kali meninggalkan bekas atau ampas kopi yang mengendap di dasar cangkir.

Sisa ampas kopi ini biasanya ditinggalkan begitu saja atau bahkan terbuang bersama air ketika gelas dicuci. Padahal ampas kopi ini menyimpan berbagai manfaat, baik untuk kesehatan maupun manfaat lainnya.

Bagi Anda yang gemar minum kopi hitam di rumah, mulai dari sekarang jangan terburu-buru membuang atau membilas ampas kopi yang tersisa. Anda perlu mengetahui beberapa manfaat ampas kopi berikut untuk dapat memanfaatkannya secara maksimal. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat ampas kopi yang jarang diketahui.

1 dari 9 halaman

Membersihkan Kulit Kepala dari Ketombe

011 tantri setyorini

Shutterstock

Manfaat ampas kopi yang pertama adalah sebagai bahan untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe. Sama halnya untuk wajah, ampas kopi juga dapat dijadikan scrub alami untuk mengikis dan membersihkan kulit kepala yang kotor akibat debu dan ketombe.

Caranya sangat mudah, yaitu ambil beberapa genggam ampas kopi yang tersisa dalam gelas lalu letakkan pada kulit kepala dan lakukan pijatan lembut. Diamkan beberapa menit, setelah itu bisa dibilas dengan menggunakan air bersih dan sampo sehingga sisa-sisa ampas kopi bisa terangkat dengan sempurna.

2 dari 9 halaman

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran dan ketombe, manfaat ampas kopi lain juga bisa didapatkan sebagai bahan alami untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menemukan bahwa kandungan kafein dalam ampas kopi terbukti mampu memperkuat akar rambut, memperpanjang pertumbuhan rambut, hingga mampu memproduksi keratin rambut lebih banyak yang berguna untuk pertumbuhan rambut.

Bagi Anda yang mempunyai masalah pertumbuhan rambut, bisa memanfaatkan ampas kopi ini sebagai bahan alami penumbuh rambut.

Caranya dengan membuat pasta dari ampas kopi dan minyak zaitun, lalu menggosokkan campuran bahan tersebut pada akar rambut secara perlahan. Kemudian tunggu sekitar 5 10 menit lalu dibilas dengan air dan sampo hingga bersih.

3 dari 9 halaman

Mengatasi Rambut Rontok

ilustrasi rambut rontok

2019 Shutterstock

Ampas kopi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok. Manfaat ampas kopi yang satu ini bisa menjadi alternatif cara bagi Anda yang mempunyai masalah rambut rontok dan tidak ingin mendapatkan risiko masalah rambut baru jika menggunakan bahan kimia. Anda bisa menggunakan bahan ini sebagai masker rambut.

Caranya, ambil beberapa sendok susu bubuk lalu campurkan ke dalam gelas yang sudah terdapat ampas kopi. Kemudian seduh dua bahan tersebut dengan sedikit air hangat, aduk hingga mengental menjadi adonan.

Setelah itu, bisa segera diaplikasikan pada kulit rambut secara langsung. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air dan sampo hingga bersih. Hal yang perlu diperhatikan, bahwa ramuan ini akan lebih baik jika menggunakan ampas kopi yang tidak tercampur dengan gula.

4 dari 9 halaman

Membuat Rambut Berkilau

Manfaat ampas kopi untuk kesehatan rambut lainnya yaitu dapat membuat rambut lebih berkilau. Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut kusut dan terlihat kusam, Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini.

Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan ampas kopi dengan dua sendok makan minyak zaitun. Aduk kedua bahan hingga merata. Jika sudah, bahan tinggal diaplikasikan pada bagian tengah batang rambut hingga ke ujung.

Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih. Jika cara ini dilakukan dengan rutin, rambut berkilau maksimal pun akan didapatkan.

5 dari 9 halaman

Menyamarkan Selulit

ilustrasi selulit di paha

Shutterstock/brezzell

Selain berguna untuk kesehatan rambut, manfaat ampas kopi juga bisa didapatkan sebagai bahan alami untuk menyamarkan selulit. Biasanya masalah selulit ini sering muncul pada sebagian besar wanita yang baru saja melahirkan.

Bahkan masalah ini juga tidak jarang terjadi pada wanita usia remaja. Selulit yang muncul pada bagian permukaan kulit ini memang sulit dihilangkan. Tetapi masih bisa disamarkan dengan memanfaatkan ampas kopi.

Caranya dengan mencampurkan ampas kopi dengan dua sendok minyak kelapa hingga terbentuk menjadi adonan yang lebih kental. Setelah itu, adonan kopi dan minyak kelapa bisa segera diaplikasikan pada bagian kulit yang terdapat selulit.

Gosok secara lembut dan perlahan agar tidak meninggalkan iritasi kulit. Setelah selesai, bisa segera dibilas dengan air hingga bersih. Selulit akan semakin tersamarkan jika cara ini dilakukan secara rutin setiap mandi.

6 dari 9 halaman

Menghilangkan Bau Bawang di Tangan

Bagi Ibu rumah tangga yang serhari-hari memasak pasti tidak asing dengan masalah bau bawang yang kerap membekas pada tangan setelah mengupas atau memotong bawang. Bau bawang pada tangan ini memang cukup mengganggu.

Tetapi masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan ampas kopi. Aroma kopi memang terbukti ampuh menghilangkan bau tidak sedap, termasuk bau bawang.

Caranya dengan mengambil beberapa ampas kopi lalu gosokkan perlahan pada telapak tangan, sela-sela jari dan kuku sampai bau bawang mulai menghilang. Jika sudah, tangan bisa dibilas dengan air hingga bersih.

7 dari 9 halaman

Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas

ilustrasi kulkas

2013 Merdeka.com/Shutterstock/Maya Kruchankova

Selain dapat menghilangkan bau bawang pada tangan, ampas kopi juga dapat menghilangkan bau tidak sedap yang sering terdapat di dalam kulkas. Manfaat ampas kopi yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Walaupun memang membutuhkan beberapa hari untuk menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas secara total.

Bagi Anda yang tertarik mencoba, Anda bisa mengambil beberapa ampas kopi lalu ditaruh ke dalam gelas atau kaleng kaca. Biarkan terbuka dan letakkan pada sisi pintu kulkas atau bagian dalam kulkas. Setelah beberapa hari, bau tidak sedap dalam kulkas perlahan akan semakin menghilang. Anda pun bisa menghirup aroma kopi setiap kali membuka kulkas.

8 dari 9 halaman

Membersihkan Kerak pada Panci dan Wajan

Manfaat ampas kopi yang lain juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak membandel pada panci atau wajan. Hal ini tidak lain karena tektur ampas kopi yang cukup kasar bisa dengan mudah menggosok dan membersihkan kotoran membandel yang terdapat pada panci atau wajan penggorengan.

Cara ini bisa dilakukan dengan membiarkan ampas kopi kering terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Ketika sudah kering, ampas kopi bisa ditaburkan pada panci atau wajan yang berkerak.

Kemudian, gunakan selembar kain untuk menggosoknya. Berikan tekanan yang cukup kuat untuk menghilangkan kotoran yang mengerak. Jika dirasa sudah bersih, panci dan wajan bisa dibersihkan kembali dengan sabun dan dibilas hingga bersih dengan air.

9 dari 9 halaman

Mengusir Nyamuk

007 siti rutmawati

www.onlymyhealth.com

Ampas kopi ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir nyamuk. Manfaat ampas kopi ini memang terbukti ampuh mengusir nyamuk.

Hal ini karena sebagian besar nyamuk tidak menyukai aroma khas kopi. Bahkan nyamuk betina biasanya tidak mau bertelur di air yang mengandung ampas kopi, karena dalam air tersebut tidak baik untuk perkembangan telur.

Bukan hanya mampu mengusir nyamuk, ampas kopi juga dapat mengusir hewan serangga lainnya seperti semut, lebah dan hewan serangga lain. Caranya sangat mudah, yaitu tuang ampas kopi pada daerah yang sering menjadi sarang nyamuk, semut, dan serangga lainnya. Dengan begitu mereka akan menjauh dengan sendirinya.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini