9 Gangguan Kulit yang Perlu Diwaspadai, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Jumat, 11 Juni 2021 12:02 Reporter : Ayu Isti Prabandari
9 Gangguan Kulit yang Perlu Diwaspadai, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius Ilustrasi jerawat. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang sering kali mengalami berbagai masalah. Bukan tanpa sebab, sebagai bagian terluar, kulit lebih mudah kontak dengan debu, kotoran, bakteri, hingga virus sehingga rentan mengalami gangguan. Biasanya gangguan kulit ini dapat berupa peradangan seperti jerawat, ruam, bintik kemerahan, hingga tekstur kulit yang kering dan kasar.

Meskipun umum terjadi, namun terdapat beberapa gangguan kulit yang perlu diwaspadai. Beberapa gangguan kulit mungkin tampak biasa, namun bisa jadi kondisi tersebut bisa menjadi tanda atau gejala dari suatu penyakit serius. Misalnya seperti penyakit diabetes, PCOS, hingga penyakit leukemia dan limfoma.

Tentu berbagai kondisi tersebut tidak diinginkan bagi setiap orang. Dengan begitu, Anda perlu mengetahui gangguan kulit apa saja yang bisa menjadi indikasi suatu penyakit berbahaya. Dalam hal ini, Anda juga perlu memperhatikan setiap gejala yang muncul pada masing-masing gangguan kulit.

Dengan mengetahui berbagai macam gangguan kulit dan gejalanya yang sering muncul, akan memudahkan Anda untuk mendeteksi lebih cepat ketika terjadi sesuatu yang buruk pada tubuh. Sehingga Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat guna meminimalisir kondisi serius yang dapat terjadi.

Dilansir dari The Healthy, berikut kami merangkum beberapa gangguan kulit yang perlu diperhatikan dan diwaspadai.

Baca Selanjutnya: Munculnya Daging Tumbuh...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini