7 Manfaat Oyong untuk Ibu Hamil, Bantu Cegah Anemia

Jumat, 1 Januari 2021 15:15 Reporter : Jevi Nugraha
7 Manfaat Oyong untuk Ibu Hamil, Bantu Cegah Anemia Sayuran Oyong atau Gambas. ©2020 Merdeka.com/tokopedia.com

Merdeka.com - Setiap ibu hamil akan selalu berusaha menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan berperan penting dalam menentukan tumbuh kembang bayi, apalagi pada kehamilan trimester pertama. Oleh karena itu, sejak dalam kandungan harus diberikan makanan sehat agar pertumbuhan bayi bisa berlangsung dengan baik.

Menjaga pola makan secara teratur sangat penting diterapkan oleh ibu hamil. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan bayi dan juga menyehatkan tubuh ibunya. Banyak sekali buah-buahan untuk ibu hamil yang berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan selama kehamilan, salah satunya adalah sayur oyong.

Gambas atau oyong adalah salah satu jenis sayuran yang sering diolah menjadi menu makanan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya sayur gambas sering diolah menjadi beragam masakan seperti sup, pecel, hingga aneka tumisan. Selain memiliki rasa yang segar, sayur gambas juga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tanaman yang tumbuh merambat seperti mentimun ini mudah ditemukan di berbagai negara yang beriklim tropis. Gambas memiliki bentuk yang panjang dengan tonjolan pada bagian permukaan kulitnya. Jenis sayuran ini sudah sejak dulu dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Melansir dari laman Healthline, sayur gambas memiliki kandungan vitamin, protein, nutrisi, hingga magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Lantas apa saja manfaat oyong untuk ibu hamil? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Health Benefit.

Baca Selanjutnya: Mencegah Anemia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini