Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk, Perhatikan Asupan Nutrisi

7 Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk, Perhatikan Asupan Nutrisi Ilustrasi Kucing. ©2021 Merdeka.com/pexels-fox

Merdeka.com - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari masyarakat. Sikapnya yang lucu dan menggemaskan memang menjadi daya tarik tersendiri. Bukan hanya itu, kucing juga mempunyai sifat lembut dan manja sehingga sangat cocok untuk dijadikan teman sehari-hari di rumah.

Bagi Anda pecinta kucing, memelihara kucing di rumah tentu menjadi kesenangan tersendiri. Meskipun memelihara kucing tetap membutuhkan komitmen usaha yang baik dan maksimal. Terlebih ketika Anda memutuskan untuk mengadopsi anak kucing kampung yang kurang terawat. Dengan begitu, Anda perlu memberikan usaha lebih agar kucing dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Salah satu cara merawat kucing kampung agar tumbuh dengan baik adalah dengan memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Dalam hal ini, terdapat beberapa makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang dapat diberikan sebagai konsumsi sehari-hari. Mulai dari daging, ikan, telur matang, nasi, tempe, hingga makanan kemasan yang diformulasikan untuk mendukung pertumbuhan kucing.

Beberapa makanan ini mengandung nutrisi yang baik untuk memenuhi asupan harian kucing. Mulai dari protein, lemak, vitamin, hingga kandungan mineral lainnya. Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis makanan kucing untuk konsumsi harian. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi kucing dapat tercukupi dengan baik.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang bisa menjadi pilihan Anda.

Makanan Kucing Kampung Sehat

ilustrasi kucing

©2021 Merdeka.com/pexels-fox

Daging

Makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang pertama adalah daging. Anda bisa memberikan daging ayam maupun daging sapi pada kucing kampung peliharaan. Baik daging sapi maupun daging ayam mempunyai kandungan protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan kucing. Namun, Anda perlu mengolah daging dengan baik dan matang terlebih dahulu, sebelum memberikannya pada kucing.

Sebaiknya hindari memberikan daging mentah pada kucing karena banyak terdapat bakteri yang bisa memicu penyakit. Terlebih lagi jika daging yang diberikan tidak dicuci dengan bersih. Selain itu, memberikan konsumsi daging mentah pada kucing bisa membuatnya nakal dan sering mencuri persediaan makanan di rumah.

Ikan

Makanan kucing kampung agar cepat gemuk berikutnya yaitu ikan. Daging ikan mempunyai kandungan protein yang baik untuk mendukung pertumbuhan kucing. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kucing. Kandungan protein dan vitamin yang terdapat pada daging ikan juga berguna untuk pertumbuhan bulu kucing yang sehat dan halus.

Jika Anda ingin memberikan konsumsi daging ikan pada kucing, Anda juga perlu mengolahnya terlebih dahulu. Daging ikan bisa diolah dengan cara direbus atau digoreng hingga matang lalu berikan pada kucing. Jenis daging ikan yang bisa Anda berikan sebagai konsumsi harian kucing meliputi daging ikan lele, teri, bandeng, tongkol, tuna, dan ikan air asin lainnya.

Telur Matang

Makanan kucing kampung agar cepat gemuk selanjutnya adalah telur matang. Telur mempunyai kandungan protein tinggi yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan kucing.

Sama seperti daging dan ikan, Anda perlu memasak telur hingga matang agar dapat menghilangkan bakteri salmonella yang bisa memicu penyakit pada kucing. Hindari memberikan telur mentah atau tidak terlalu matang pada kucing. Jika tidak, kucing akan terbiasa makan sembarangan dan tidak lahap mengonsumsi makanan matang lainnya.

Makanan Kucing Kampung Bernutrisi

Tempe

Tempe juga termasuk salah satu makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang bisa Anda berikan. Kandungan protein nabati pada tempe juga baik untuk mendukung pertumbuhan kucing.

Sama seperti makanan olahan lainnya, Anda perlu memasak tempe terlebih dahulu untuk diberikan pada kucing. Tempe bisa diolah dengan cara digoreng, lalu bisa juga diberi campuran ikan asin atau ikan teri agar kucing bisa makan dengan lahap. Ini bisa menjadi salah satu makanan alternatif, jika Anda kehabisan daging atau ikan untuk persediaan konsumsi kucing.

Nasi

Makanan kucing kampung agar cepat gemuk juga bisa didapatkan dari nasi. Nasi mengandung karbohidrat dan glukosa yang efektif untuk menambah berat badan kucing. Namun, hindari memberikan konsumsi nasi pada kucing secara berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas pada kucing dan membuat sistem pencernaannya tidak lancar.

Sebaiknya, berikan nasi sebagai pendamping dari makanan utama. Anda bisa memberikan takaran nasi 25% dan makanan utama kucing 75% seperti daging, ikan, atau telur. Dengan begitu, kucing bisa mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan seimbang.

Makanan Kucing Kampung Bergizi dan Praktis

 

ilustrasi kucing

©2021 Merdeka.com/pexels-matteo-petralli

Hati dan Jantung Ayam

Makanan kucing kampung agar cepat gemuk rekomendasi selanjutnya adalah hati dan jantung ayam. Jeroan ayam seperti bagian jantung dan hati mempunyai beragam kandungan vitamin dan mineral. Seperti vitamin B12, vitamin A, zat besi, dan fosfor. Beberapa kandungan ini tentu saja baik untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan kucing.

Hati dan jantung ayam dapat menjadi alternatif makanan kucing yang lebih murah dibanding daging dan ikan. Meskipun begitu, kandungan nutrisi hati dan jantung ayam tidak kalah baik dan sehat. Sebaiknya Anda mengolah hati dan jantung ayam dengan resep makanan agar kucing bisa makan dengan lahap, dibandingkan hanya memberikan dalam olahan rebus saja.

Makanan Khusus Kucing

Makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang terakhir namun tak kalah bergizi adalah makanan kemasan khusus kucing. Saat ini sudah terdapat beberapa jenis makanan kemasan kucing yang diformulasikan dengan gizi seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan kucing. Beberapa produk yang bisa menjadi rekomendasi Anda seperti Whiskas, Maxi, dan Bolt.

Memberikan makanan kemasan memang jauh lebih praktis daripada makanan mentah dan olahan lainnya. Apalagi jika Anda sedang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan kucing. Selain itu, Anda bisa memberikan makanan kemasan sebagai selingan agar kucing tidak bosan. (mdk/ayi)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Makanan Penggemuk Kucing Buatan Sendiri, Penuh Manfaat dan Kaya Nutrisi
7 Makanan Penggemuk Kucing Buatan Sendiri, Penuh Manfaat dan Kaya Nutrisi

Merdeka.com merangkum informasi tentang makanan penggemuk kucing buatan sendiri yang penuh manfaat dan kaya nutrisi.

Baca Selengkapnya
6 Tips Menggemukkan Badan Kucing dengan Efektif, Lakukan Hal Ini
6 Tips Menggemukkan Badan Kucing dengan Efektif, Lakukan Hal Ini

Pencinta kucing pasti ingin peliharaannya itu tampak gemuk dan sehat. Namun jangan sampai salah cara ya!

Baca Selengkapnya
Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya
Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya

Memberikan makan kucing harus memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan
Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan

Kucing biasanya menderita abses setelah berkelahi. Mulut dan cakar kucing secara alami mengandung banyak bakteri yang mudah berpindah ke luka.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Makanan Musang yang Paling Disukai, Ampuh Bikin Hewan Peliharaan Jadi Gemuk
Rekomendasi Makanan Musang yang Paling Disukai, Ampuh Bikin Hewan Peliharaan Jadi Gemuk

Merdeka.com merangkum informasi tentang rekomendasi makanan musang yang paling disukai, dan ampuh bikin hewan peliharaan jadi gemuk.

Baca Selengkapnya
Kutu Kucing adalah Masalah Kesehatan yang Harus Segera Dibasmi, Begini Cara Mengilangkannya
Kutu Kucing adalah Masalah Kesehatan yang Harus Segera Dibasmi, Begini Cara Mengilangkannya

Kutu kucing menjadi salah satu masalah kesehatan untuk hewan peliharan kesayanganmu. Berikut cara menghilangkannya.

Baca Selengkapnya
Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kucing muntah makanan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, penting untuk tahu penyebab dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya
5 Makanan untuk Kucing Sakit, Wajib Tahu Bagi Pecinta Anak Bulu
5 Makanan untuk Kucing Sakit, Wajib Tahu Bagi Pecinta Anak Bulu

Berikut kumpulan makanan untuk kucing sakit yang perlu diketahui.

Baca Selengkapnya
12 Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Alami, Lakukan Hal Ini
12 Cara Melebatkan Bulu Kucing dengan Alami, Lakukan Hal Ini

Langkah alami ini juga merupakan cara memperlakukan kucing secara baik dan benar.

Baca Selengkapnya