6 Jenis Bakteri pada Makanan yang Menyebabkan Penyakit dan Keracunan

Selasa, 31 Maret 2020 19:55 Reporter : Ani Mardatila
6 Jenis Bakteri pada Makanan yang Menyebabkan Penyakit dan Keracunan Bakteri. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tak jarang terjadi kasus keracunan makanan pada seseorang padahal makanan telah dimasak seperti pada umunya. Namun hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor termasuk kebersihan makanan maupun kurangnya suhu pemanasan saat memasak sehingga bakteri bawaan pada makanan tidak sepenuhnya mati dan akhirnya meracuni.

Beberapa bakteri, dalam jumlah kecil, tidak berbahaya bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat karena tubuh manusia diperlengkapi untuk melawannya. Masalahnya dimulai ketika bakteri tertentu dan patogen berbahaya lainnya berkembang biak dan menyebar, yang dapat terjadi ketika makanan salah penanganan.

Makanan yang terkontaminasi mungkin tidak terlihat, terasa atau berbau berbeda dari makanan yang aman dikonsumsi. Gejala keracunan makanan bervariasi dan berkembang secepat 30 menit hingga beberapa hari setelah makan makanan yang telah terinfeksi.

Berikut jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dan keracunan bagi seseorang yang tak sengaja mengonsumsi makanan yang terkontaminasi:

Baca Selanjutnya: Salmonella...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini