6 Cara Meningkatkan Konsentrasi dengan Mudah, Perhatikan Jeda Istirahat

Jumat, 31 Juli 2020 17:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
6 Cara Meningkatkan Konsentrasi dengan Mudah, Perhatikan Jeda Istirahat Ilustrasi bekerja. ©2019 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Memberikan konsentrasi penuh pada setiap pekerjaan atau aktivitas yang sedang dilakukan tentu penting untuk diperhatikan. Bukan tanpa alasan, dengan memberikan konsentrasi penuh maka pekerjaan dapat dilakukan dengan baik sesuai target. Bahkan dengan konsentrasi bisa meminimalisir setiap kesalahan yang mungkin terjadi.

Meskipun begitu, harus diakui bahwa menciptakan pikiran dengan konsentrasi yang baik tidak mudah dilakukan. Sering kali pikiran menjadi terganggu dengan berbagai macam hal. Mulai dari gangguan suara bising yang ada di sekitar lingkungan kerja, rekan kerja yang sedang mengobrol, hingga distraksi yang muncul dari dalam diri untuk membuka media sosial. Beberapa hal inilah yang akhirnya dapat menghambat pekerjaan.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan serupa, perlu mengetahui beberapa cara meningkatkan konsentrasi atau fokus dengan mudah. Mulai dari mengurangi berbagai macam distraksi atau gangguan, membatasi fokus, hingga mengambil waktu untuk beristirahat sejenak. Beberapa cara meningkatkan konsentrasi berikut bisa Anda terapkan di lingkungan kerja maupun di rumah.

Dilansir dari situs Very Well Mind, berikut kami telah merangkum beberapa cara meningkatkan konsentrasi dengan mudah:

1 dari 6 halaman

Mengukur Kemampuan Fokus

006 indra cahya

© upi.com

Cara meningkatkan konsentrasi dengan mudah yang pertama adalah dengan mengetahui seberapa baik kemampuan fokus yang dimiliki. Ini penting dilakukan, sebab dapat membantu Anda untuk mengontrol fokus dengan mudah.

Perlu diketahui, kemampuan fokus atau konsentrasi yang baik bisa dimiliki jika Anda memiliki kesadaran penuh dan tetap waspada, dapat menetapkan tujuan dan membagi tugas menjadi beberapa bagian, mengambil jeda istirahat untuk bisa kembali fokus bekerja.

Sebaliknya, kemampuan fokus perlu ditingkatkan ketika Anda sering melamun di tengah melakukan pekerjaan, sering terganggu dengan distraksi yang ada, serta sering kehilangan alur progres pekerjaan yang telah diselesaikan. Dengan begitu, Anda perlu melatih fokus mental lagi agar konsentrasi bisa didapatkan.

2 dari 6 halaman

Mengurangi Gangguan

Cara meningkatkan konsentrasi dengan mudah selanjutnya adalah dengan mengurangi sumber gangguan. Jika Anda bekerja di rumah, bisa sesederhana mematikan televisi atau radio yang menimbulkan gangguan suara.

Selain itu, usahakan untuk bekerja di tempat atau ruangan khusus yang tenang dan terhindari dari gangguan anak-anak, atau juga pasangan maupun orang lain. Selain tempat, Anda juga perlu untuk meminta waktu sendiri selama beberapa waktu untuk mengerjakan tugas lebih fokus.

Selain datang dari luar, gangguan juga bisa datang dari dalam diri sendiri. Dalam hal ini, Anda perlu mengurangi berbagai faktor yang bisa menyebabkan gangguan internal. Seperti memastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup sebelum bekerja, melawan pikiran cemas dan khawatir, mengurangi berbagai hal lain yang kurang penting untuk dipikirkan. Dengan begitu, konsentrasi dan fokus secara penuh dapat dilakukan saat sedang mengerjakan tugas pekerjaan.

3 dari 6 halaman

Membatasi Fokus

ilustrasi bekerja

©2019 Merdeka.com/Pexels

Cara meningkatkan konsentrasi dengan mudah juga bisa dilakukan dengan membatasi fokus. Cara ini bisa dilakukan dengan fokus mengerjakan satu jenis pekerjaan atau monotasking. Dengan melakukan pekerjaan satu demi satu secara bertahap, tentu bisa memberikan kesempatan Anda untuk berkonsentrasi penuh dengan apa yang sedang dikerjakan. Hingga akhirnya, sedikit demi sedikit pekerjaan yang semula banyak dan menumpuk pada akhirnya akan selesai juga.

Berbeda jika Anda melakukan berbagai macam pekerjaan dalam sekali waktu atau multitasking. Di mana konsentrasi atau fokus menjadi terbagi ke beberapa tugas. Bahkan pekerjaan tidak dapat selesai dengan cepat, justru akan muncul berbagai kesalahan yang terjadi akibat tidak fokus. Hal ini tentu saja perlu dihindari.

4 dari 6 halaman

Menikmati Waktu yang Sedang Terjadi

Cara meningkatkan konsentrasi dengan mudah yang tidak kalah menarik adalah dengan menikmati waktu yang sedang terjadi. Perlu diketahui, bahwa konsentrasi dan fokus dapat berkurang saat pikiran merenungkan masa lalu atau masa depan yang belum terjadi. Inilah yang membuat Anda tidak benar-benar hidup di saat itu. Di mana Anda tidak memberikan kesadaran penuh dengan apa yang sedang dikerjakan.

Untuk itu, usahakan untuk mengurangi atau menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak perlu. Baik pikiran mengenai masa lalu atau masa depan yang justru menimbulkan rasa cemas. Anda perlu memberikan kesadaran penuh dengan hal yang sedang dikerjakan. Dengan begitu, konsentrasi dapat terbangun dan pekerjaan pun bisa terselesaikan dengan mudah dan cepat.

5 dari 6 halaman

Praktikkan Mindfulness

016 tantri setyorini

©2015 Merdeka.com/Pixabay/sapphire_penguin

Mempraktikkan mindfulness merupakan salah satu cara meningkatkan konsentrasi dengan mudah yang bisa Anda lakukan. Mindfulness di sini berarti belajar untuk memberikan pikiran dan kesadaran penuh dengan apa yang sedang dikerjakan. Mindfulness sendiri dapat dilatih dengan bermeditasi secara rutin. Selain itu, cara yang lebih sederhana untuk mempraktikkan mindfulness bisa dengan mencoba latihan pernapasan.

Latihan pernapasan ini bisa Anda lakukan di sela-sela mengerjakan aktivitas. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menarik napas perlahan dan dalam, rasakan setiap udara yang masuk dan keluar melalui hidung. Lakukan dalam beberapa kali, dan pikiran pun bisa kembali fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

6 dari 6 halaman

Beristirahat Sejenak

Cara meningkatkan konsentrasi dengan mudah yang tidak boleh dilupakan adalah mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Jika Anda merasakan sulit konsentrasi atau fokus terhadap pekerjaan, bisa jadi tubuh dan pikiran sedang lelah. Di mana energi semakin menipis karena terus menerus digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk beristirahat sejenak. Alihkan perhatian ke hal lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaan untuk sementara waktu. Bisa dengan makan, minum, atau mengobrol sejenak dengan rekan kerja tentang topik-topik yang ringan.

Beberapa cara ini bisa membantu membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks dan siap untuk kembali fokus pada pekerjaan. Ini menjadi salah satu cara meningkatkan konsentrasi yang perlu dilakukan.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini