4 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani, Bantu Tubuh Tetap Sehat

Sabtu, 31 Oktober 2020 06:01 Reporter : Jevi Nugraha
4 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani, Bantu Tubuh Tetap Sehat Ilustrasi olahraga. ©Shutterstock/Andresr

Merdeka.com - Banyak cara dilakukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Selain menerapkan pola makan sehat, tak jarang seseorang harus mendampinginya dengan olahraga secara rutin dan teratur. Ada banyak bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan, baik di tempat olahraga maupun di rumah.

Secara umum, kebugaran jasmani merupakan kegiatan atau aktivitas untuk menyehatkan tubuh manusia. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani, semakin kuat juga daya tahan tubuhnya. Selain itu, aktivitas ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit.

Latihan kebugaran jasmani memiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan fleksibilitas, mencegah obesitas, membentuk kekuatan otot tubuh, dan menurunkan risiko stres. Adapun beberapa unsur dari latihan kebugaran jasmani antara lain melatih kelenturan, daya tahan otot, kelincahan, dan lainnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kebugaran jasmani. Berikut ini beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang merdeka.com lansir dari Bola.com:

2 dari 4 halaman

Mengenal Kebugaran Jasmani

012 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pexels

Seperti yang sudah diketahui, kebugaran jasmani merupakan kemampuan fisik yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan aktivitas fisik tanpa harus mengalami kelelahan. Adapun beberapa pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Rusli Lutan

Kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Ketiga unsur inti tersebut adalah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.

Muhajir

Kebugaran jasmani adalah kemampuan fisik dari seseorang dalam melakukan adaptasi terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa merasakan rasa capek dan lelah.

3 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

ilustrasi push up
thelist.com

Push Up

Salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani adalah push up. Jenis olahraga satu ini termasuk ke dalam calisthenic yang berfungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, maupun trisep. Selain itu, gerakan ini juga berperan penting untuk membentuk otot punggung bawah dan juga otot perut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan push up seperti memerhatikan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan gerakan naik turun tetap. Push up sangat efektif untuk memperkuat otot-otot di sekitar bahu, meningkatkan kekuatan massa otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Back Lift

Bentuk latihan kebugaran jasmani berikutnya yaitu back lift. Jenis olahraga ini berfungsi untuk membentuk otot bagian punggung agar menjadi lebih kekar dan simetris. Biasanya, latihan fisik ini dilakukan dengan skema badan menghadap ke lantai secara lurus, lalu perlahan menggerakkan bagian kepala ke atas sampai maksimal.

Ada beragam manfaat dari jenis bentuk latihan kebugaran jasmani ini, seperti meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, dan mencegah cedera. Selain itu, back lift juga berfungsi untuk membentuk atau memperbaiki postur tubuh.

4 dari 4 halaman

Sit Up

up
youtube.com

Sit up merupakan salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa melatih beragam otot. Tidak hanya otot perut, sit up juga bisa memperkuat otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher. Bentuk latihan kebugaran jasmani ini efektif untuk membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kencang.

Banyak sekali manfaat sit up bagi tubuh manusia, seperti memperbaiki keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki bentuk perut. Bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan indah, sebaiknya melakukan jenis olahraga ini secara rutin.

Latihan Kekuatan Otot Lengan dan Bahu

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan otot lengan, seperti melakukan olahraga dengan dumbbell. Caranya cukup mudah, angkat dan turunkan secara berulang, hingga otot terbentuk secara maksimal. Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan yang bertumpu pada kursi.

Gerakan bertumpu pada kursi dapat membuat latihan menjadi lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan otot lengan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang, sehingga akan memberikan reaksi otot lengan dengan baik.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini