16 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Depresi

Rabu, 19 Februari 2020 10:45 Reporter : Ani Mardatila
16 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Depresi Ilustrasi susu kunyit. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang berasal dari tanaman Curcuma longa yang biasa digunakan di Asia. Umumnya kunyit digunakan sebagai bumbu masakan. Ada banyak manfaat kunyit, salah satunya sebagai obat tradisional.

Kunyit sendiri memiliki rasa yang menimbulkan sensasi hangat, pahit dan kerap digunakan sebagai bumbu kari, mustard, mentega juga keju. Sedangkan sebagai pengobatan, kunyit mengandung senyawa kimia yang memunculkan warna kuning yang disebut kurkumin. Kurkumin ini juga biasa digunakan untuk mewarna berbagai makanan dan kosmetik.

Para peneliti telah menemukan bahwa phytochemical dari makanan alami, seperti kurkumin yang ditemukan dalam kunyit, mungkin cara yang aman dan efektif untuk membantu mengurangi peradangan dan mencegah serta mengobati penyakit. Berikut manfaat kunyit bagi kesehatan:

1 dari 16 halaman

Meredakan Peradangan

001 siti rutmawati

averastorycenter.org

Salah satu klaim utama manfaat kunyit yang populer adalah biasa digunakan untuk melawan peradangan, dan sebagian besar senyawa yang berperan dalam melawan peradangan adalah kurkumin.

Menurut sebuah penelitian tahun 2004, kurkumin telah terbukti lebih efektif dalam mengobati peradangan daripada obat-obatan umum seperti ibuprofen dan aspirin. Sebab, peradangan kronis berkontribusi dalam berbagai penyakit kronis.

2 dari 16 halaman

Melindungi dari Penyakit Jantung

sehat

www.canadianliving.com

Kunyit merupakan salah satu makanan untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan fungsi endotel, atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung serta pembuluh darah. Membran ini memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah.

Fungsi endotel yang lebih dasar dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, kurkumin dapat membantu melindungi terhadap berkurangnya kinerja sel yang disebabkan penuaan dan mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

Dalam sebuah studi, para peneliti membandingkan efek dari program latihan aerobik selama delapan minggu dan suplemen kurkumin dalam meningkatkan fungsi endotel pada wanita pascamenopause. Baik latihan dan kelompok kurkumin melihat peningkatan yang sama dalam fungsi endotel.

Namun, masih banyak penelitian yang diperlukan untuk menentukan apakah kurkumin adalah strategi pengobatan jangka panjang yang aman dan efektif untuk penderita penyakit jantung.

3 dari 16 halaman

Mencegah Kanker

008 siti rutmawati

www.telegraph.co.uk

Karena peradangan terkait dengan pertumbuhan tumor, senyawa anti-inflamasi seperti kurkumin dapat berperan dalam mengobati dan mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung.

Dalam sebuah penelitianpada tikus menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu memperlambat penyebaran sel tumor dan bahkan mencegah pembentukan tumor sejak awal. Kurkumin berkemungkinan melakukan ini dalam beberapa cara, termasuk mengganggu pembentukan sel kanker pada berbagai tahap dalam siklus sel, mengganggu jalur pengiriman sinyal pada sel, dan bahkan menyebabkan sel-sel kanker itu mati.

Apakah curcumin dapat membantu mengobati kanker pada manusia belum ditentukan, tetapi penelitian sedang berlangsung.

4 dari 16 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

011 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Neuron mampu membentuk koneksi baru, tetapi di area otak tertentu mereka juga dapat berkembang biak dan bertambah jumlahnya. Salah satu pendorong utama proses ini adalah faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), yang merupakan jenis hormon pertumbuhan pada otak.

Banyak gangguan otak yang umum telah dikaitkan dengan penurunan kadar hormon ini, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer.Menariknya, kurkumin dapat meningkatkan level BDNF otak.Sehingga, mungkin akan memiliki efek dalam menunda atau bahkan melawan banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia.

Hal ini juga dapat meningkatkan memori dan membuat seseorang lebih pintar, yang tampak masuk akal mengingat efeknya pada level BDNF. Namun, studi yang terkontrol pada orang diperlukan untuk menkonfirmasi hal ini.

5 dari 16 halaman

Mencegah dan Mengobati Penyakit Alzheimer

007 siti rutmawati

www.pinterest.com

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan merupakan penyebab utama demensia. Sayangnya, belum ada pengobatan yang baik untuk Alzheimer. Karena itu, mencegahnya terjadi sejak awal adalah yang terpenting.

Kabar baiknya, kurkumin telah terbukti melewati barrier darah di otak.Diketahui bahwa peradangan dan kerusakan oksidatif berperan dalam penyakit Alzheimer, dan kurkumin memiliki efek menguntungkan pada keduanya.

Selain itu, penyebab utama dari penyakit Alzheimer adalah penumpukan protein kusut yang disebut plak amiloid. Studi menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu membersihkan plak ini.

6 dari 16 halaman

Meningkatkan Fungsi Hati

ilustrasi hati

2013 Merdeka.com/Shutterstock/Sebastian Kaulitzki

Dilansir dari Medical News Today kunyit telah mendapat perhatian baru-baru ini karena kemampuan antioksidannya.

Efek antioksidan dari kunyit tampaknya sangat kuat sehingga dapat mencegah organ hati dari kerusakan oleh racun. Ini bisa menjadi kabar baik bagi orang yang menggunakan obat yang kuat untuk diabetes atau kondisi kesehatan lain yang mungkin melukai organ hati mereka dengan penggunaan jangka panjang.

7 dari 16 halaman

Pengencer Darah Alami

ilustrasi darah

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Gumpalan darah terjadi ketika sel-sel darah yang disebut trombosit, pindah ke lokasi kerusakan untuk menyumbat area yang terluka. Kejadian ini adalah fungsi tubuh yang normal. Tanpa pembekuan, luka kecil akan menyebabkan kondisi fatal. Kadang-kadang, kondisi kesehatan tertentu membutuhkan pengencer darah untuk mencegah penyumbatan.

Suplemen kurkumin telah menunjukkan potensi sebagai antikoagulan (pengencer darah) dalam kondisi tertentu. Kunyit berdampak pada beberapa tahap proses koagulasi, termasuk trombosis (pembekuan darah lokal), dan hemostasis (penghentian aliran darah). Namun, lebih banyak percobaan pada manusia harus dilakukan untuk memastikan kemanjuran.

8 dari 16 halaman

Mencegah Diabetes

012 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Apabila seseorang ingin menurunkan gula darah atau mencegah diabetes, kunyit mungkin bisa membantu. Beberapa uji coba telah menunjukkan potensi kurkumin pada pasien dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2. Kurkumin tampaknya memiliki efek peka terhadap insulin dan penurun glukosa sambil memperbaiki regulasi glikemik.

9 dari 16 halaman

Mengatur Kolesterol

penyebab kolesterol

2012 Thinkstock photos/ Getty Images

Dalam kondisi tertentu, uji klinis telah menyimpulkan bahwa kunyit dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol. Bukti terkini menunjukkan bahwa kurkumin mungkin bermanfaat jika seseorang mengalami obesitas, mengalami sindrom metabolik, diabetes, atau kondisi kronis lainnya yang memengaruhi profil lipid darah Anda.

10 dari 16 halaman

Penyakit Parkinson

001 siti rutmawati

news.christianacare.org

Parkinson adalah kondisi neurodegeneratif pada populasi lansia yang ditandai dengan gejala motorik, termasuk tremor, kekakuan otot, dan ketidakstabilan postural. Kurkumin menunjukkan manfaat neuroprotektif yang signifikan, membantu mengurangi neurotoksisitas dan stres oksidatif yang terkait dengan perkembangan penyakit.

11 dari 16 halaman

Mengurangi Kecemasan & Depresi

ilustrasi depresi

Shutterstock/Yuri Arcurs

Beberapa uji klinis menunjukkan bahwa kunyit dapat memengaruhi keseimbangan neurotransmitter di otak. Kurkumin tampaknya memiliki efek antidepresan dan ansiolitik melalui kemampuannya untuk memodulasi kadar serotonin dan dopamin. Dengan demikian, ini mungkin merupakan pengobatan komplementer yang baik untuk depresi.

Dalam uji coba terkontrol, 60 orang dengan depresi dibagi secara acak menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengambil Prozac, kelompok lain satu gram kurkumin dan kelompok ketiga Prozac dan kurkumin. Setelah 6 minggu, kurkumin telah menyebabkan perbaikan yang mirip dengan Prozac. Kelompok yang menggunakan Prozac dan curcumin memiliki nilai terbaik.

Menurut penelitian kecil ini, kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan.

12 dari 16 halaman

Membantu Sakit Kepala & Migrain

ilustrasi migrain

Shutterstock.com/PathDoc

Sakit kepala dan migrain sangat sulit ditangani. Rasa sakit luar biasa dan ketidaknyamanan dapat timbul dari banyak faktor termasuk stres, kelelahan, kurang tidur, peradangan, postur yang buruk, ketegangan leher, dan beberapa penyebab lainnya.

Manfaat kurkumin yang menunjukkan potensi paling besar dalam mengobati sakit kepala dan migrain adalah sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Mekanisme kurang diketahui, tetapi tampaknya kunyit dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan peradangan, dan secara langsung menghambat stres oksidatif dalam tubuh.

13 dari 16 halaman

Bekerja sebagai Suplemen Anti-Penuaan

kulit

Huffington Post

Saat ini, tidak ada bukti bahwa kunyit atau kurkumin secara langsung memengaruhi umur panjang, tetapi berkat kemampuannya melawan peradangan, melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, dan berpotensi menunda degenerasi otak dan penyakit lain yang berkaitan dengan usia, kunyit dan kurkumin mungkin efektif anti-penuaan menurut penelitian terdahulu.

Studi juga menunjukkan bahwa kunyit dan kurkumin sebagian besar aman, meskipun beberapa efek samping negatif (diare, sakit kepala, ruam) telah dilaporkan pada dosis mulai dari 500 hingga 12.000 mg.

14 dari 16 halaman

Dapat Mencegah Degenerasi Mata

ilustrasi mata berkerut

thedc.ca

Glaukoma adalah sebuah kondisi mata di mana merupakan satu dari penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 60. Dan, sayangnya, begitu penglihatan Anda hilang, hal itu tidak dapat dipulihkan.

Tetapi penelitian sebelumnya yang diterbitkan pada Juli 2018 dalam Scientific Reports menunjukkan bahwa perawatan curcumin topikal dapat membantu melindungi mata terhadap degenerasi. Para peneliti menerapkan solusi tetes mata kurkumin eksklusif untuk tikus dua kali sehari selama tiga minggu.

Pada akhir penelitian, tikus yang tidak diobati mengalami pengurangan sel retina 23 persen dibandingkan dengan kelompok perlakuan, menunjukkan bahwa kehilangan penglihatan dapat dicegah dengan pengobatan kurkumin. Temuan penelitian terdengar mengesankan, tetapi studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah curcumin efektif dalam mencegah degenerasi mata pada manusia.

15 dari 16 halaman

Mengobati Rheumatoid Arthritis

001 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock/CLIPAREA l Custom media

Kurkumin menunjukkan kemungkinan sebagai pengobatan untuk rheumatoid arthritis (RA), sebuah gangguan peradangan kronis yang biasanya menyerang sendi tetapi dapat menyebar ke area lain, seperti mata, paru-paru, kulit, jantung, dan pembuluh darah. RA menyebabkan pembengkakan sendi yang menyakitkan yang dapat menyebabkan tulang terkikis seiring waktu dan pada akhirnya menyebabkan kelainan bentuk dan cacat fisik.

Dalam sebuah studi, orang dengan RA diberi 500 mg curcumin, 50 mg natrium diklofenak (resep obat antiinflamasi nonsteroid), atau keduanya dalam kombinasi.Setelah delapan minggu, kelompok kurkumin melihat peningkatan signifikan dalam nyeri sendi dan pembengkakan bila dibandingkan dengan dua kelompok lainnya. Para peneliti mencatat bahwa perawatan kurkumin juga aman, sehingga tidak ada kejadian berbahaya.

16 dari 16 halaman

Meningkatkan Alergi & Asma

008 siti rutmawati

www3.imperial.ac.uk

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru mengidentifikasi zat asing sebagai keadaan berbahaya bagi tubuh dan bereaksi berlebihan terhadapnya. Selama reaksi alergi, kami memproduksi antibodi yang merespons alergen ini, yang akhirnya mengarah pada kumpulan gejala yang tidak diinginkan (batuk, bersin, gatal, dll.).

Aktivitas anti-inflamasi kunyit dapat membantu melawan banyak gejala yang berhubungan dengan alergi dan mengurangi kemungkinan serangan asma. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa suplemen kurkumin dapat mengurangi tanda-tanda bersin, hidung tersumbat, pilek terkait dengan aliran udara hidung yang terbatas dan demam.

[amd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini