Ucapan Djarot mirip Foke, 'itu genangan bukan banjir'

Selasa, 14 Februari 2017 08:31 Reporter : Dedi Rahmadi
Ucapan Djarot mirip Foke, 'itu genangan bukan banjir' Jokowi-Foke. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengklaim program penanggulangan banjir yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta cukup berhasil membebaskan sejumlah kawasan dari banjir. Ternyata ada beberapa kawasan yang masih banjir, seperti di Kampung Arus, Cawang.

Djarot berkilah air yang merendam pemukiman warga di Kampung Arus, Cawang, bukanlah banjir. Dia meyakini air merendam pemukiman warga itu hanya genangan.

"Ini bukan banjir, tapi tergenang sekarang sudah surut," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (13/2).

Ucapan Djarot itu mengingatkan warga Jakarta dengan Gubernur ke-15 Fauzi Bowo atau biasa disapa Foke. Tahun 2010 lalu atau tiga tahun menjadi gubernur, Foke menolak Jakarta disebut mengalami kebanjiran.

"Harus dibedakan antara banjir dan genangan," ujar Foke ketika menghadiri pisah sambut Kapolda Metro Jaya hari Kamis (7/10/2010).

Djarot kampanye di Radio Dalam ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Djarot dan Foke juga sama-sama memberi penjelasan, bahwa genangan air tidak sampai menginap sehingga menimbulkan banjir seperti dulu.

"Jadi kalau banjir cuma sejenak itu bukan banjir. Kalau banjir itu bisa lama sehingga orang harus ngungsi. Tapi kalau genangan, dalam waktu kurang dari 4 jam sudah surut, sehingga enggak perlu lagi mereka mengungsi," jelas Djarot.

"Kalau banjir itu satu dua hari air di situ. Sedangkan genangan air itu lewat. Ini saya jelaskan perlu ada pemahaman tentang itu," jelas Foke tahun 2010 lalu. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini