Sponsor Dalam Negeri Formula E Perusahaan Entertainment, Suntikan Dana Rp100 Miliar

Kamis, 26 Mei 2022 19:56 Reporter : Bachtiarudin Alam
Sponsor Dalam Negeri Formula E Perusahaan Entertainment, Suntikan Dana Rp100 Miliar Replika Mobil Formula E. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Teka teki sponsor dalam negeri dalam penyelenggaraan Formula E Jakarta Championship 2022 akhirnya terkuak. Panitia Organizing Committee Formula E mengungkapkan bahwa satu perusahaan entertainment menjadi sponsor lokal ajang balap mobil listrik digelar pada Sabtu (4/6) di sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

"Pokoknya ada satu grup entertainment ngasih Rp100 miliar," kata Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (26/5).

Namun Sahroni masih enggan membeberkan perusahaan entertainment yang menjadi sponsor tersebut. "Pokoknya ada satu grup entertain nanti gua kasih tau namanya. itu dalam negeri," kata Sahroni.

Sahroni mengatakan bahwa penyelenggaraan Formula E Jakarta sudah memakan biaya sekitar Rp120- Rp130 miliar. Sementara untuk biaya pengaspalan menghabiskan dana Rp60 miliar.

"Penyelenggaraannya Rp120-130 miliar, untuk aspalnya kan kamu tahu hampir Rp60 miliar. Selebihnya pembangunan, grandstand dan segala macamnya itu," ujar Sahroni.

2 dari 2 halaman

Sponsor Global

Sebelumnya, Pihak penyelenggara Formula E Jakarta 2022 telah resmi merilis deretan merek-merek sponsor yang menjadi pendukung dalam gelaran ajang balapan internasional mobil listrik di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Ketua Panitia Organizing Committee Formula E, Ahmad Sahroni pun membenarkan jika sponsor Formula E Operation (FEO) yang telah dirilis pada bagian situs Jakarta E-Prix telah resmi
terbagi ke dalam sponsor utama, global, teknis, dan partner biasa.

"Bener itu sponsor Global FEO," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu (25/5).

Sedangkan terkait sponsor dalam negeri, politikus Partai NasDem itu meminta kepada publik bersabar. Karena dalam waktu dekat pihaknya akan segera merilis terkait sponsor tersebut.

"Sponsor dalam negeri nanti kita Info yah semoga today kita rilis," ujar Sahroni.

Adapun dalam website jakartaeprixofficial.com, telah terpasang sebagai sponsor utama yakni ABB asal Swiss yang bergerak bidang teknologi otomasi, robotik, daya, dan peralatan listrik berat.

Sementara sponsor global disitu terpajang perusahaan keuangan asal Swiss Julius Bar. Lalu untuk sponsor teknis terdapat Michelin perusahaan ban asal Prancis.

Kemudian, untuk sponsor biasa tercatat ada 10 perusahaan yakni Copper, Hugo Boss, Bosch, DHL, Moet & Chandon, Enelxway, Allianz, Tag Heuer, Antofagasta Minerals, Saudi, sampai dengan produsen bir Heineken.

Sebelumnya, Ketua Panitia Organizing Committee Formula E, Ahmad Sahroni menyampaikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Formula E di Jakarta.

"InsyaAllah yang terbaik buat berjalannya event motor sport international ini, sponsor sudah ada tinggal tunggu yang masuk," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Senin (23/5).

Meski, Sahroni tidak secara tegas menyatakan dukungan tersebut merupakan indikasi BUMN menjadi sponsor dari pertandingan balap mobil listrik tersebut.

"InsyaAllah BUMN support buat event international ini," tuturnya. [gil]

Baca juga:
Jelang Race 4 Juni, Tiket VIP hingga VVIP Formula E Jakarta Sudah Ludes Terjual
Soal Jokowi Buka Formula E, Sahroni: Belum Konfirmasi, Tunggu Aja
Penampakan Replika Mobil Balap Formula E Jakarta
Panitia Pamerkan Replika Mobil Formula E, Begini Penampakannya
Aset Sirkuit Formula E Bakal Jadi Milik Ancol Meski Dibangun Jakpro
Mudahkan Mobilitas, Komisaris Usul Buat Jembatan Gantung Ancol ke JIS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini