Sidak Trotoar Cipete, Anies Temukan Bangunan Ambil Jalan untuk Parkir Bikin Macet

Jumat, 23 September 2022 11:46 Reporter : Lydia Fransisca
Sidak Trotoar Cipete, Anies Temukan Bangunan Ambil Jalan untuk Parkir Bikin Macet anies baswedan. ©2022 Merdeka.com/lydia fransisca

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi di trotoar Cipete Raya, Jakarta Selatan pada Kamis (22/9) malam. Ia didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Syafrin Liputo, Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho, dan Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin.

Dalam inspeksi tersebut, Anies menemukan lebar jalan yang tidak konsisten. Selain itu, ditemukan juga bangunan-bangunan yang mengambil tempat umum menjadi lahan parkir. Hal tersebut diduga menjadi penyebab kemacetan di sekitar wilayah Cipete.

“Sekarang kita me-review tentang lebar jalan yang enggak konsisten dan itu dikerjakan di banyak tempat. Ini salah satu contoh yang kita periksa. Kemudian, ada beberapa kawasan yang setelah ada pengubahan-pengubahan, sedikit demi sedikit bangunan-bangunan tempat parkir mengambil jalan umum sehingga muncul kemacetan tidak perlu,” kata Anies.

Adapun contoh lebar jalan yang tidak konsisten yang dimaksud Anies adalah perempatan Fatmawati, yang masih satu kawasan dengan Cipete. Jalan itu hanya bisa dilewati oleh tiga mobil. Padahal, di jalan sebelumnya, jalan tersebut dapat memuat empat mobil.

2 dari 2 halaman

"Sebuah perempatan tadi, misalnya, itu satu jalan bisa empat mobil. Begitu melewati perempatan, berubah jadi tiga mobil. Otomatis (terjadi) kemacetan. Ini contoh yang terus menerus diperbaiki, terus menerus dicari gitu. Jadi malam ini kita kerjakan," kata Anies.

Anies juga mengatakan, inspeksi ini merupakan hal yang rutin dikerjakan untuk memastikan adanya perbaikan terus menerus.

"Jadi tadi saya bersama jajaran bersama Pak Dishub, Pak Bina Marga, wali kota, kita inspeksi. Lalu, kita akan lakukan perbaikan. Jadi, ini sesuatu yang kita kerjakan rutin untuk terus-menerus untuk memastikan ada perbaikan. Bukan saya saja, tapi dengan jajaran semuanya," kata Anies. [ray]

Baca juga:
Anies Rumuskan 3 Pilar Tata Ruang Jawab Masalah Pembangunan Jakarta di RTRW 2040
Anies Harap Pemerintah Pusat Buat Rute KRL Menuju JIS
Anies Rencanakan JIS hingga Ancol jadi Kawasan Strategis Sosial dan Budaya
Survei Capres Charta: Elektabilitas Ganjar Teratas Ungguli Prabowo dan Anies
Anies Pastikan Pangan Murah Bersubsidi Diterima 1,1 Juta Warga DKI Jakarta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini