Dana kompensasi bau sampah Bantargebang segera cair

Rabu, 23 Mei 2018 20:53 Reporter : Adi Nugroho
Kehidupan para pemulung di TPST Bantargebang. ©2016 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal segera mencairkan dana kompensasi bau sampah Bantargebang bagi warga terdampak tempat pengolahan sampah tersebut. DKI Jakarta yang kini dipimpin oleh Gubernur Anies Baswedan itu tengah memproses pencarian dana hibah kepada Kota Bekasi.

"Berkas sudah masuk verifikasi di bagian keuangan," kata Kasubbag kerja Sama Perkotaan pada Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Toni Depriyana ketika dihubungi pada Rabu (23/5).

Berkas yang diverifikasi adalah proposal dari Pemerintah Kota Bekasi yang baru saja selesai diperbaiki. Sebab, proposal yang dikirimkan pertama dianggap kurang lengkap, sehingga harus dilengkapi seperti laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah tahun 2017 senilai Rp 316 miliar.

Toni mengatakan, tahun ini pemerintah DKI akan mengucurkan dana hibah senilai Rp 194 miliar, termasuk di dalamnya ada bantuan langsung tunai senilai Rp 69 miliar untuk 18 ribu keluarga di tiga kelurahan di Bantargebang. Adapun masing-masing keluarga mendapat Rp 600 ribu.

Asisten Daerah III, Kota Bekasi, Dadang Hidayat mengatakan, informasi dari DKI bahwa dana hibah akan cair paling lambat tujuh hari kerja ke depan. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat penerima bantuan tersebut bersabar.

"Dari DKI nanti ditransfer ke kas daerah Kota Bekasi, kemudian bagian keuangan langsung mentransfer ke rekening penerima BLT," ujar Dadang.

Dana kompensasi bau sampah Bantargebang ini sejatinya molor dari jadwal, seharusnya dana senilai Rp 600 ribu per keluarga dibayarkan pada awal April lalu. Namun, hampir dua bulan kemudian dana tersebut tak kunjung cair. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini