Anies Soal Reklamasi: Tidak Ada Lagi Jual Beli Kedaulatan

Sabtu, 24 Agustus 2019 10:23 Reporter : Ronald
Anies Soal Reklamasi: Tidak Ada Lagi Jual Beli Kedaulatan Anies Baswedan pimpin upacara HUT ke-74 RI di Pulau Reklamasi. ©Ahmad Sujana

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung aksi jual beli kedaulatan di pulau reklamasi saat memberikan sambutan di Milad Front Pembela Islam (FPI) ke-21. Namun, dia memastikan, pulau buatan itu kini milik seluruh warga Jakarta.

Anies mengatakan, Pemprov DKI telah menggelar upacara bendera perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2019. Upacara tersebut merupakan bukti jika reklamasi di teluk Jakarta tersebut adalah milik negara.

"Tahun ini Pemprov DKI Jakarta melakukan upacara HUT RI bukan di tempat biasa Monas. Tapi kami selenggarakan di sebuah tempat untuk mengirimkan pesan bahwa di tanah ini ada kedaulatan. Dan kami tidak memperjualbelikan kedaulatan," katanya di Stadion Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (24/8).

Pada masa pemerintahan sebelum dirinya, Anies mengungkapkan, pulau reklamasi tertutup untuk umum. Kini, dia mengklaim, telah berhasil mengambil alih pengelolaan pulau reklamasi itu.

"Lahan reklamasi yang dulunya ditutup seakan-akan milik pribadi, tahun lalu kami ambil alih dan kami buka untuk seluruh masyarakat. Upacara diselenggarakan di tempat itu dan mengirimkan pesan kepada mereka ini tanah air kita dan tanah air kita," ujarnya.

"Itu semua dilakukan untuk kami menegaskan kepada seluruh bangsa Indonesia bahwa di Jakarta tidak ada lagi jual beli kedaulatan untuk wilayah ini. Dan ini artinya kami berhadapan dengan mereka yang kepentingannya terganggu," tegas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Anies mengungkapkan, pihaknya mendapati rintangan saat akan mengambil alih pulau reklamasi tersebut. Namun dia optimistis semua bisa berjalan lancar.

"Tapi insyaAllah kami yakin seperti pada masa awal pendirian Republik ini. Jadi jika kami niatkan ini semua sebagai bagian perjuangan, InsyaAllah akan selalu diberikan jalannya," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini