Cara Masak Udang yang Perlu Diperhatikan, Mulai dari Memilih hingga Menyimpannya

Sabtu, 25 Juni 2022 11:35 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Masak Udang yang Perlu Diperhatikan, Mulai dari Memilih hingga Menyimpannya Ilustrasi udang. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Cara masak udang perlu diperhatikan. Udang adalah salah satu hewan air yang banyak digemari. Olahan udang juga biasa terpampang di menu rumah makan seafood atau pun restoran. Rasanya gurih dengan tekstur daging yang lembut membuat udang banyak diolah menjadi lauk di rumah.

Tapi, jika Anda ingin mengolah udang, Anda harus tahu cara masak udang agar bisa menghasilkan sajian yang sempurna. Cara masak udang sendiri memang sedikit rumit. Mengupas udang, membersihkannya, hingga cara memasaknya adalah beberapa yang perlu Anda tahu dalam cara masak udang.

Namun jika Anda sudah terbiasa dengan cara masak udang, Anda tidak akan kesulitan. Apalagi dengan hasil masakan yang menggugah selera, akan membuat kita ingin membuatnya lagi.

Dalam artikel berikut, kami akan sampaikan bagaimana cara masak udang yang benar, mulai dari pemilihan hingga saat memasaknya.

2 dari 4 halaman

Memilih Udang

Cara masak udang yang pertama ialah Anda harus tahu kualitas udang yang dipilih untuk dimasak. Pastikan udang yang Anda pilih adalah udang segar.

Dikutip dari situs web masakapahariini.com, udang dengan kualitas yang kurang bagus biasanya ditandai dengan kepala yang hampir lepas, tekstur lembek saat dipegang, dan bau amis. Sedangkan udang yang segar biasanya memiliki kulit yang masih keras dengan dagingnya yang berwarna cerah.

Membersihkan Kotoran

Cara masak udang selanjutnya yang harus diperhatikan ialah membersihkan kotorannya. Ada dua cara yang umum untuk membersihkan udang berdasarkan ukurannya.

Untuk udang yang berukuran sedang hingga besar, Anda bisa menyayat bagian punggungnya hingga kulitnya yang keras terbuka dengan pisau atau gunting. Kemudian sayat daging bagian punggungnya, lalu ambil kotoran udang yang berbentuk seperti benang hitam panjang.

Jika ingin mengolah udang dengan kepalanya, Anda juga perlu membersihkan bagian kepalanya. Tapi jika ukurannya tidak besar, lepas kepalanya lalu bersihkan.

Untuk udang yang berukuran kecil, akan memakan waktu yang lebih lama. Atau Anda hanya perlu menyiramnya dengan air panas sampai warnanya memerah dan siap dikuliti. Jika Anda ingin menumis udang ini, buang saja bagian kepalanya lalu cuci bersih di air mengalir sebelum siap diolah.

Anda juga bisa memberi sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada udang. Tapi jangan terlalu banyak karena akan merusak rasanya.

3 dari 4 halaman

Mengupas Udang

Jika Anda ingin mengupas udang, pegang udang dengan kepala ada di tangan kanan, lalu pisahkan kepalanya tepat di antara batas kepala dan badan. Jika sudah kepala terlepas, Anda bisa mulai membersihkan seluruh kulitnya.

Jika ingin disajikan untuk ana-anak, akan lebih baik untuk membuang ekornya agar tidak menyebabkan tersedak. Tapi jika ingin membuat hidangan lebih cantik, Anda bisa membiarkan ekornya.

Jika Anda tidak ingin udang berubah jadi seperti koin saat dimasak, Anda harus membiarkan kepalanya tetap utuh. Karena melepas kepala udang akan membuatnya menggulung saat dimasak.

Cara Masak Udang

Jika cara masak udang Anda digoreng atau ditumis, maka pastikan minyaknya sudah panas. Jadi memasaknya tidak perlu memakan waktu lama. Apalagi jika Anda menggoreng udang dalam waktu lama, bisa menghilangkan rasa manis dan gurih pada udang. Selain itu, hanya gunakan beberapa tetes minyak saja untuk menggoreng udang, dan jangan sampai terendam.

Namun, jika cara masak udang Anda adalah dengan direbus, maka pastikan airnya sudah benar-benar mendidih. Tambahkan sedikit garam lalu tutup panci. Jika sudah matang, masukkan udang ke dalam air dingin untuk menghentikan proses memasaknya.

Proses memasak udang juga harus dilakukan dengan cepat, karena dapat merusak rasa asli jika terlalu lama. Teksturnya yang lembut dan kenyal pun akan hilang jika dimasak terlalu lama. Cukup masak udang selama tiga menit sampai memerah.

4 dari 4 halaman

Menyimpan Udang

ilustrasi udang
©Pixabay

Cara menyimpan udang juga perlu diperhatikan. Setelah dibersihkan, Anda bisa langsung memasaknya atau menyimpannya di dalam freezer jika tak ingin segera diolah. Jika Anda memiliki stok udang yang cukup banyak, bagi stok udang menjadi beberapa takaran sekali masak. Lalu simpan dalam wadah tertutup, dan langsung masukkan ke dalam chiller atau freezer.

Jika Anda menyimpan banyak udang dalam satu wadah sekaligus, Anda membutuhkan waktu untuk mencairkannya terlebih dahulu. Hal ini membuat udang mengalami perubahan suhu berkali-kali, dan akan berpengaruh buruk pada kualitasnya.

Gunakan Api Sedang

Sebelumnya telah dijelaskan untuk tidak memasak udang dalam waktu lama. Tapi, ini bukan berarti Anda bisa menggunakan api besar untuk memasaknya. Hal ini bisa membuat udang cepat gosong. Jadi, cukup gunakan api sedang, dan biarkan udang matang dengan optimal.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini