Serunya Emak-emak Indramayu Ramaikan HUT RI, Main Drumband Pakai Panci dan Kaleng Cat

Rabu, 10 Agustus 2022 13:58 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Serunya Emak-emak Indramayu Ramaikan HUT RI, Main Drumband Pakai Panci dan Kaleng Cat Emak-emak di Indramayu latihan marchingband pakai alat tak terpakai. ©2022 Instagram @indramayuupdate/Merdeka.com

Merdeka.com - Kalangan emak-emak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, memiliki cara tersendiri untuk memeriahkan HUT RI yang ke-77 tahun ini. Mereka membentuk grup dan memainkan musik dengan memanfaatkan berbagai peralatan rumah tangga.

Seperti dilansir dari Instagram @indramayuupdate pada Rabu (10/8), kaum ibu yang berasal dari Desa Balongan, Kecamatan Balongan itu terlihat kompak saat menabuh sejumlah alat tak terpakai seperti panci hingga kaleng cat.

Layaknya tim marching band profesional, kelompok emak-emak dari RT 15 Balongan Pesisir tersebut berhasil memadukan ketukan dari berbagai alat tak terpakai hingga menghasilkan sebuah irama nada yang selaras.

Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Giat Berlatih

emak emak di indramayu latihan marchingband pakai alat tak terpakai
Emak-emak di Indramayu latihan marchingband pakai alat tak terpakai ©2022 Instagram @indramayuupdate/Merdeka.com

Emak-mak itu terlihat serius dan kompak saat berlatih di sore hari. Uniknya terdapat seseorang yang ikut berjoget dengan penuh percaya diri di tengah kelompok tersebut.

Di sela-sela latihan, para emak-emak tersebut saling berkoordinasi satu sama lain agar tetap sesuai dengan lagu dan irama yang tengah dikulik bersama-bersama.

Kegiatan latihan ini dilakukan untuk menyukseskan kegiatan lomba di Desa Balong yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Nantinya, para emak-emak kreatif itu akan berkeliling kampung, mulai dari RT 13 sampai ke RT 15 di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu.

3 dari 3 halaman

Semangat Latihan di Sela Kesibukan Sembari Manfaatkan Barang Tak Terpakai

 

Menurut ibu-ibu di sana, mereka sebenarnya cukup kesulitan untuk membagi waktu di tengah kesibukan sehari-hari. Walau begitu, kelompok tersebut tetap berusaha untuk berlatih demi memeriahkan peringatan HUT RI.

Adapun selain panci dan kaleng cat, mereka juga memakai seng, botol sirup bekas, hingga ember bekas. Hal ini merupakan upaya warga setempat untuk memanfaatkan limbah rumah tangga agar bisa lebih bermanfaat.

  

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini