Penyebab Infeksi Kelenjar Ludah, Begini Gejala dan Cara Mengobatinya

Kamis, 9 Juli 2020 21:00 Reporter : Andre Kurniawan
Penyebab Infeksi Kelenjar Ludah, Begini Gejala dan Cara Mengobatinya Ilustrasi Penyakit Tiroid. ©health.clevelandclinic.org

Merdeka.com - Infeksi kelenjar ludah terjadi ketika infeksi bakteri atau virus memengaruhi kelenjar atau saluran ludah. Penyebab infeksi kelenjar ludah ini karena berkurangnya aliran saliva, yang bisa disebabkan adanya penyumbatan atau peradangan pada saluran saliva. Kondisi ini juga biasa disebut sialadenitis.

Air liur sendiri berguna untuk membantu pencernaan, memecah makanan, dan bekerja untuk menjaga kebersihan mulut Anda. Air liur menyapu bakteri dan partikel makanan dan juga membantu mengontrol jumlah bakteri baik dan jahat pada mulut Anda.

Dalam tubuh Anda, terdapat tiga pasang kelenjar ludah. Semua itu berada di setiap sisi pada wajah Anda. Kelenjar parotis, kelenjar yang terbesar, ada di dalam setiap pipi. Kelenjar ini berada di atas rahang, di depan telinga Anda. Ketika satu atau lebih dari kelenjar ini terinfeksi, kondisi tersebut disebut sebagai parotitis.

Untuk memahami lebih jauh tentang infeksi kelenjar ludah, berikut telah merdeka.com rangkum dari Healthline, penyebab infeksi kelenjar ludah, gejala, dan cara pengobatannya.

Baca Selanjutnya: Penyebab Infeksi Kelenjar Ludah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini