Penyebab Gusi Bengkak pada Anak dan Cara Mengobatinya, Orang Tua Wajib Tahu

Rabu, 18 Mei 2022 13:00 Reporter : Andre Kurniawan
Penyebab Gusi Bengkak pada Anak dan Cara Mengobatinya, Orang Tua Wajib Tahu Gusi Bengkak. hayatclinic.co

Merdeka.com - Dalam menjaga kesehatan mulut, Anda juga perlu memperhatikan gusi. Gusi terbuat dari jaringan keras berwarna merah muda yang menutupi tulang rahang. Jaringan ini begitu tebal, berserat, dan dipenuhi dengan pembuluh darah.

Salah satu masalah yang biasa terjadi pada gusi ialah gusi bengkak. Ketika menjadi bengkak, gusi akan menonjol keluar, bahkan dapat menyembunyikan sebagian gigi. Gusi bengkak akan tampak berwarna merah, bukan seperti merah muda pada umumnya.

Gusi bengkak, juga disebut pembengkakan gingiva, sering teriritasi, sensitif, atau nyeri. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa gusi jadi lebih mudah berdarah ketika menyikat atau membersihkan gigi.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah gusi bengkak yang terjadi pada anak. Gusi bengkak pada anak dapat mengindikasikan masalah gigi mendasar yang memerlukan perawatan. Penyebab gusi bengkak pada anak yang paling umum adalah penyakit gusi, meski pun tetap ada penyebab potensial lainnya.

Jika tidak diobati, gusi bengkak bisa bertambah parah hingga akhirnya menyebabkan kehilangan gigi dan konsekuensi kesehatan mulut yang lebih serius di kemudian hari. Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan beberapa penyebab gusi bengkak pada anak yang perlu diperhatikan oleh orang tua.

2 dari 4 halaman

Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi adalah penyebab gusi bengkak pada anak yang sangat umum. Mengutip dari willowpediatricdentistry.com, saat gigi susu dan gigi permanen mereka tumbuh, gusi di sekitarnya akan cenderung membengkak dan terlihat meradang. Area tersebut akan menjadi lunak, dan bahkan mungkin sedikit berubah warna.

Perlu diingat bahwa penyebab gusi bengkak pada anak karena tumbuh gigi adalah hal yang normal. Jika gusi anak Anda bengkak di dekat gigi yang baru tumbuh dan mereka tidak mengalami ketidaknyamanan atau pendarahan, ini adalah penyebab yang paling mungkin.

Anda tidak perlu menemui dokter gigi untuk mengatasinya. Tetap jaga kebersihan mulut yang baik, dan lakukan konsultasi rutin enam bulan sekali untuk memastikan mulut anak sehat.

ilustrasi sakit gigi anak
©2021 Merdeka.com/pexels-cottonbro

Kebersihan Mulut yang Tidak Baik

Penyebab gusi bengkak pada anak yang kedua karena kebersihan mulut yang tidak baik. Jika Anda tidak menyikat gigi anak dengan benar dan konsisten, atau mereka sudah mulai menyikat giginya sendiri dan tidak melakukan tugasnya dengan baik, ini dapat menyebabkan penumpukan bakteri di mulut. Gusi akan bereaksi terhadap bakteri ini dengan cara membengkak.

Kondisi ini juga bisa menjadi awal dari gingivitis, tahap pertama penyakit gusi. Untuk menghindarinya, pastikan Anda menggunakan teknik yang tepat jika masih menyikat gigi anak. Jika mereka sudah bisa menyikat giginya sendiri, Anda harus mengawasinya untuk memastikan mereka menyikat setidaknya selama 2 menit, dan membersihkan gigi dan gusi secara menyeluruh.

3 dari 4 halaman

Gingivitis

Penyebab gusi bengkak pada anak yang ketiga karena gingivitis. Seiring waktu, kebersihan mulut yang buruk dan dikombinasikan dengan beberapa faktor risiko lain, seperti makanan tinggi gula, dapat menyebabkan gingivitis, atau radang gusi. Ini adalah tahap pertama dari penyakit gusi.

Jika gusi anak bengkak, berubah warna, lunak, dan mudah berdarah saat menyikat gigi atau flossing, ini semua adalah tanda umum gingivitis. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa napas mereka berbau tidak sedap. Jika Anda melihat gejala-gejala ini, Anda bisa segera memeriksakan kondisinya pada dokter gigi.

Infeksi Gigi

Penyebab gusi bengkak pada anak yang keempat yaitu karena adanya infeksi gigi. Jika gusi anak Anda hanya bengkak di dekat satu atau dua gigi, dan giginya juga terasa sensitif atau sedang sakit gigi, ini bisa jadi merupakan tanda infeksi gigi.

Infeksi di dalam gigi dan di antara gigi dan gusi dapat menyebabkan gusi membengkak. Ini adalah reaksi alami tubuh ketika banyak bakteri yang muncul. Gigi yang terinfeksi sangat serius. Jika tidak diobati, gigi akan mati dan perlu dicabut, dan terlebih, infeksi juga bisa menyebar.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak

Cara mengatasi gusi bengkak pada anak bergantung pada penyebab gusi bengkak yang mendasarinya. Jika gusi bengkak pada anak karena tumbuh gigi, maka Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti:

  • Menggosok gusi anak yang bengkak dengan jari atau kain kasa sejuk secara perlahan untuk mengurangi rasa sakit pada gusi
  • Berikan teether atau mainan yang bisa digigit. Anda bisa memasukkan teether ke dalam kulkas terlebih dulu agar teether menjadi dingin guna mengurangi rasa gatal pada gigi
  • Anda juga bisa memberikan potongan buah atau makanan lain yang lembut untuk digigit anak Anda jika ia sudah bisa mengonsumsi makanan padat atau MPASI. Hal ini akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada gusinya

Jika gusi anak bengkak karena radang gusi, beberapa metode pengobatan yang mungkin akan dilakukan dokter gigi yaitu membersihkan karang gigi (scaling), perawatan saluran akar gigi, atau pemberian antibiotik dan operasi jika kondisi radang gusi sudah cukup parah.

Selain itu, untuk mencegah penyebab gusi bengkak, orang tua juga harus mengawasi kebersihan mulut dan gigi sang anak untuk mencegah terjadinya masalah seperti gusi bengkak. Anda bisa mengawasinya atau ikut melakukan kegiatan menyikat gigi bersama. Dengan begitu, Anda dapat mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar dan waktu yang tepat untuk membersihkan gigi. [ank]

Baca juga:
Penyebab Periodontitis yang Perlu Diwaspadai, Kenali Gejala yang Muncul
Periodontitis adalah Infeksi Gusi yang Dapat Merusak Gigi, Kenali Penyebabnya
Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengatasinya, Wajib Diketahui

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini