Kabar Baik Corona Jawa Barat, 2 Kota di Jabar Nyatakan PDP Covid-19 Sembuh

Kamis, 2 April 2020 17:58 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Kabar Baik Corona Jawa Barat, 2 Kota di Jabar Nyatakan PDP Covid-19 Sembuh Satgassus COVID-19 Purwakarta. purwakartakab.go.id ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Awal April 2020 ini merupakan awal yang baik bagi Jawa Barat, pasalnya total 14 Pasien Dalam Pantauan atau PDP di wilayah Purwakarta dan Garut Jawa Barat dinyatakan mulai membaik.

Hal tersebut telah disampaikan oleh masing-masing perwakilan Satuan Tugas Khusus Covid Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Garut Jawa Barat (Satgassus).

Dilansir dari Antara, untuk wilayah Purwakarta, Sekertaris Satgass Covid-19 Wahyu Wiebisonomengatakan total dari 15 orang berstatus PDP, 10 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, dan 5 sisanya masih menjalankan proses pemulihan di rumah sakit rujukan.

Sementara itu di Kabupaten Garut juga telah menyakatakn bahwa beberapa pasien bestatus PDP mereka telah sembuh total.

"Informasi terbaru penanganan pencegahan COVID-19 di Purwakarta, dari total 15 PDP, sepuluh orang sudah dinyatakan sembuh," ungkap Wahyu Wiebisono di Purwakarta, Rabu.

1 dari 5 halaman

Sebagian Status ODP Purwakarta Dinyatakan Selesai

satgassus covid 19 purwakarta

purwakartakab.go.id 2020 Merdeka.com

Dalam kesempatan itu Wahyu juga menjelaskan jika dari seluruh total OPD atau orang dalam pantauan yang berjumlah 133 telah dinyatakan selesai. Kini tersisa ODP yang masih dalam pemantauan berjumlah 184 orang.

2 dari 5 halaman

Status Positif Berkurang

Dilansir dari Antara juga disebutkan bahwa dari total 3 orang yang sempat dinyatakan positif corona di Purwakarta sebelumnya kini tersisa dua orang. Satu orang positif lainnya telah dinyatakan sembuh dan masuk daftar 10 orang yang sudah sembuh dari Covid-19.

Tim Satgassus Covid-19 Purwakarta juga menyatakan saat ini kondisi Purwakarta relatif aman. Belum masuk zona merah maupun transmisi lokal penyebaran Covid-19.

3 dari 5 halaman

Tetap Melakukan Upaya Pencegahan

Menurut Wahyu walaupun saat ini kasus Covid atau Corona di Purwakarta telah menurun, pihaknya bersama pemerintah setempat tetap melakukan upaya preventif. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan penstabilan situasi.

Langkah yang dilakukan seperti melakukan penyaringan arus lalu lintas bagi kendaraan yang akan memasuki wilayah perkotaan Purwakarta. Di Jalan Veteran hingga Jalan RE Martadinata mulai pukul 19.00-24.00 WIB akan dicek petugas yang berjaga.

Selain penertiban kendaraan, Satgassus Bersama pihak yang berwenang juga menertibkan pedagang kaki lima disepanjang Jalan Veteran (Taman Pembaharuan) - Sudirman hingga ke Jalan RE Martadinata (Pertigaan Suryo). Satgassus juga tetap melaksanakan penyemprotan disinfektan di sekitar pemukiman warga.

"Kita juga tetap melakukan disinfeksi fasilitas umum dan pemukiman. Kemudian masyarakat diminta tetap melakukan physical distancing (jaga jarak) agar tetap aman terhindar dari penularan Covid-19," kata Wiebisono

4 dari 5 halaman

Hasil Rapid Test 73 Warga dan Tenaga Medis Negatif

Dilansir dari Purwakartakab.go.id update terbaru Covid di Kabupaten Purwakarta juga menunjukan penurunan yang cukup drastis. Berdasarkan hasil Rapid Testkepada total 73 Warga Purwakarta dan tenaga medis telah dinyatakan negatif Corona.

"Hingga hari ini, Kamis 2 April 2020, sebanyak 73 warga dan tenaga medis pada sejumlah rumah sakit telah menjalani Rapid Test yang dilakukan Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19 Kabupaten Purwakarta. Dan semuanya dinyatakan negatif. Demikian disampaikan Perwakilan Satgassus Covid-19 Purwakarta yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pureakarta, dr. Deni" dari Press Release Resmi Purwakartakab.go.id

5 dari 5 halaman

4 PDP di Garut Juga dinyatakan Sembuh oleh Pemerintah Setempat

Pasien berstatus PDP Corona di Garut juga dinyatakan sembuh. Hal itu disampaikan oleh Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pihaknya telah mencatat sejumlah pasien berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di ruang isolasi RSUD dr Slamet Garut berkurang.

Pihaknya menyebutkan, jika sebelumnya total PDP di RSUD Garut berjumlah 8 orang, 4 orang dinyatakan sembuh total dan sisanya menjalani perawatan.

"Sekarang tinggal empat orang PDP yang dirawat di RSU," menurut Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat melalui siaran pers di Garut, Rabu.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini